Cara Menghindari Jebakan Diskon Gede-gedean

Oleh
Diskon baju, diskon mobil, diskon rumah! Semua serba diskon, diskon, diskon! :) Diskon sudah menjadi daya tarik sendiri bagi para penjual untuk menjaring pembeli yang biasanya dikait-kaitkan dengan peristiwa atau perayaan hari tertentu seperti libur dan masuk sekolah, perayaan hari keagamaan seperti idul fitri/ lebaran, idul adha, natal, tahun baru dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari diskon 10%, 20%, 50%, 70%, bahkan ada yang berani sampai-sampai menawarkan hingga diskon 90%. Bagi pembeli, diskon merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi bagi yang punya hobi belanja alias para tukang shopping yang didominasi oleh ibu-ibu dan kaum cewek :) Pokoknya kalau lagi ada hypermarket atau supermarket yang lagi bikin acara diskon pasti gosipnya cepat menyebar.

 Gambar: diskon akhir tahun

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan diskon, penjual dan pembeli seharusnya sama-sama merasa diuntungkan. Akan tetapi banyak pembeli yang setelah sampai dirumah baru menyadari dan merasa terjebak, kalau ternyata uangnya sudah terkuras untuk membeli barang atau jasa yang kurang tepat. Untuk menghindari jebakan diskon ada beberapa cara atau tips yang patut anda ketahui ketika musim diskon sedang berlangsung.
  1. Teliti antara tulisan dengan barang yang akan dibeli. Jangan sampai anda salah membeli barang, karena ada toko yang mencampur adukkan barang yang diskonnya 50% dengan barang yang memiliki diskon 20%, dsb.
  2. Baca aturan diskon dengan seksama. Bisa jadi anda harus membeli berapa barang atau membeli dengan kartu kredit tertentu, atau mungkin juga setelah membeli dengan harga tertentu baru anda mendapatkan diskon.
  3. Cek harga sebelum diskon dengan setelah diskon. Bila anda tidak tahu mungkin anda bisa bertanya pada kenalan anda. Jangan sampai terjebak karena harga barang yang terlihat swangat murah. Padahal setelah dihitung harga barang sebelum diskon ternyata tidak berbeda jauh dengan harga setelah diskon.
  4. Teliti kualitas barang. Kualitas barang diskon besar-besaran belum tentu kualitasnya nomor satu, bahkan bisa jadi kurang bagus (ada yang cacat) atau mungkin stok lama yang tidak laku terjual. Misalkan anda hendak membeli baju, maka pastikan jahitannya masih bagus dan tidak ada kain yang rusak/berlubang.
  5. Apakah barang yang akan dibeli benar-benar anda butuhkan. Kebutuhan barang biasanya sering kita lupakan karena harga yang murah atau miring. Setelah dibeli barang tersebut akhirnya hanya disimpan karena anda memang tidak membutuhkannya.
  6. Perhatikan masa kadaluarsa. Hal ini mutlak diperlukan. Bayangkan anda membeli susu kaleng dengan harga diskon sebanyak beberapa kardus dengan harga diskon. Setelah diketahui ternyata tanggal kadaluarsa sisa 1-2 bulan lagi. Padahal hanya keluarga anda yang menkonsumsinya. Mabok deh.. :D

Selamat berbelanja.. :)


 

Tips Cara Menghindari Jebakan Diskon Gede-gedean

Jika anda kurang yakin dengan pemahaman anda tentang diskon yang diberikan, maka jangan ragu menanyakan pada sales / pegawai dari toko yang menjual barang sebelum anda membeli barang tersebut.

Terima kasih telah membaca Cara Menghindari Jebakan Diskon Gede-gedean. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.