September 2012

Oleh

Cara Membuat Kalender dengan Ms Word

Kalender tahunan sering kita butuhkan terutama di saat-saat awal tahun baru. Dengan adanya kalendar maka rencana kegiatan (skedul) kita bisa dirancang dengan baik dan tersusun rapi. Microsoft Word memiliki kemampuan untuk menyediakan kalendar tahunan masehi yang tampilannya tidak kalah menarik dengan kalendar yang biasa dijual, sehingga kita bisa langsung menggunakan, memodifikasi, ataupun mencetaknya langsung di kertas. Dengan demikian kita bisa memberikan catatan pada kalender tersebut, dan bila kita butuh lagi maka kita tinggal print lagi saja kalender tersebut.

Gambar: Contoh kalender di Microsoft Word

Untuk membuat kalender seperti contoh gambar diatas, kita bisa memanfaatkan template yang disediakan untuk microsoft word. Adapun langkah pembuatan kalender tersebut anda bisa menggunakan cara berikut :
  1. Buat dokumen baru dengan cara klik tombol Office
  2. Lalu pilih item New. Jangan menggunakan CTRL+N untuk membuat dokumen baru.
  3. Selanjutnya pada dialog New Document pilih template Calendars
  4. Kemudian pada panel Calendar pilih item 2012 calendars untuk membuat kalender tahun 2012 (atau pilih tahun yang anda kehendaki) lalu pilih salah satu template yang ada
  5. Klik tombol Download untuk melakukan unduh dan menggunakan template tersebut
  6. Kalender siap untuk diedit baik untuk gambar, format font, tata letak, dsb atau dapat langsung di cetak.

Gambar: Cara membuat kalender di Microsoft Word

Tips Cara Membuat Kalender dengan Microsoft Word

Bila anda belum memiliki template Calendars maka template harus di download terlebih dahulu. Oleh karena itu komputer anda harus terkoneksi ke internet.

Cara Print 2 Slide Powerpoint Dalam Satu Kertas

Setiap slide powerpoint biasanya dibuat untuk dicetak di atas selembar kertas, baik itu berukuran F4, A4, atau bahkan A3. Bila presentasi kita masih berupa draft tentu akan sangat disayangkan bila harus print setiap slide dalam satu lembar kertas. Biasanya dosen pembimbing, atasan atau orang yang akan menilai slide presentasi tersebut masih akan menerima jika kita membuat setiap kertas hasil cetak berisi dua slide powerpoint. Untuk membuat setiap kertas berisi dua slide powerpoint anda dapat menggunakan langkah berikut :
  1. Buka file presentasi anda
  2. Tekan tombol CTRL+P
  3. Pada dialog Print , pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak
  4. Kemudian ganti isi kotak Print what dengan item Handouts
  5. Selanjutnya pada bagian Handouts pilih item 2 pada kotak Slides per Page
  6. Lalu klik OK
  7. Dokumen anda akan dicetak dengan menggunakan format Handouts dimana setiap lembarnya akan diisi oleh dua buah slide powerpoint.

Gambar: Cara membuat handouts 2 slide per lembar kertas di microsoft powerpoint

Tips Cara Print 2 Slide Powerpoint Dalam Satu Kertas

Selain mencetak slide dengan cara seperti di atas, anda juga bisa mengatur konfigurasi saat print slide dengan metode print yang lain seperti :

Cara Mengatur Ukuran Kertas Slide PowerPoint

Ada empat ukuran kertas yang sering digunakan untuk mencetak, yakni Folio atau 8 1/2 x 13 inci, letter, legal dan A4. Kita juga bisa mengatur ukuran kertas slide powerpoint kita sesuai dengan keinginan kita. Untuk memilih, merubah dan mengatur ukuran kertas slide powerpoint anda dapat menggunakan langkah berikut :
  1. Klik ribbon design
  2. Lalu klik tombol Page setup yang ada dibagian kiri ribbon
  3. Gambar: Cara mengatur ukuran kertas melalui page setup microsoft powerpoint

  4. Selanjutnya pada dialog page setup yang ditampilkan, pada kotak Slides sized for pilih ukuran kertas sesuai dengan selera anda, misalkan ukuran kertas A4.
  5. Kemudian klik tombol OK
  6. Kertas slide powerpoint akan berubah sesuai dengan ukuran yang anda berikan.
  7. Gambar: Cara mengatur ukuran kertas melalui page setup microsoft powerpoint

Tips Cara Mengatur Ukuran Kertas Slide PowerPoint

  • Bila ukuran kertas yang dicari tidak ada, maka gunakan ukuran kertas Custom dengan cara mengisikan kotak Width dan Height dengan angka ukuran lebar dan tinggi dari kertas yang dimaksud. Misalkan untuk ukuran kertas F4 maka kotak Width diisi dengan nilai 13 (inci), kotak Height dengan 8.5 (inci)
  • Selain menggunakan cara diatas, anda juga dapat menggunakan cara mencetak slide PowerPoint pada ukuran kertas tertentu (A4, F4, letter, dsb).

Cara Print Cepat Slide Powerpoint

Disaat setelah slide selesai dibuat atau pun kita membutuhkan pencetakan slide dengan cepat kita bisa memanfaatkan fasilitas Quick Print yang disediakan oleh Microsoft PowerPoint. Dengan fasilitas tersebut microsoft PowerPoint akan langsung mengirimkan data ke printer tanpa menunjukkan dialog Print terlebih dahulu. Untuk melakukan print cepat slide powerpoint anda dapat menggunakan langkah berikut:
 
  1. Klik Office button yang ada di sudut kiri atas window Microsoft PowerPoint
  2. Sorot item Print
  3. Kemudian pilih item Quick Print
  4. Dokumen anda akan langsung dicetak ke default printer yang ada

Gambar: Cara mencetak cepat semua slide microsoft powerpoint

Tips Cara Print Cepat Slide Powerpoint

Selain mencetak slide dengan cara seperti di atas, anda juga bisa mengatur konfigurasi saat print slide dengan metode print yang lain seperti :

Cara Mencetak Slide PowerPoint dalam Grayscale (Warna Abu-abu)

Saat presentasi untuk menarik minat audiens kita perlu membagikan slide yang telah kita buat. Untuk menghemat biaya dan mempercepat proses print, kita bisa mencetak slide tersebut menggunakan format pencetakan dalam warna/nuansa abu-abu (grayscale). Microsoft PowerPoint memberikan fasilitas pencetakan dengan warna abu-abu dan lebih enaknya lagi, kita bisa "preview" dokumen tersebut menggunakan format grayscale. Sehingga kita bisa melihat dan mengecek terlebih dahulu apakah ada bagian atau tulisan yang menjadi tidak kelihatan atau kurang bagus tampilannya. Sehingga apabila ada bagian yang mengganggu, kita masih bisa membetulkannya terlebih dahulu. Berikut contoh untuk melakukan print slide powerpoint dalam format grayscale:
  1. Buka file presentasi PowerPoint anda
  2. Tekan tombol CTRL+P
  3. Pada dialog Print pilih Printer yang akan digunakan
  4. Kemudian ganti isi kotak Color/grayscale dengan item Grayscale
  5. Klik tombol OK
  6. Presentasi tersebut akan dicetak dalam nuansa abu-abu / grayscale

Gambar: Cara mencetak slide powerpoint dalam grayscale (abu-abu)

Tips Cara Mencetak Slide PowerPoint dalam Grayscale (Warna Abu-abu)

Selain mencetak slide dengan cara seperti di atas, anda juga bisa mengatur konfigurasi saat print slide dengan metode print yang lain seperti :

Cara Mencetak Slide PowerPoint Tertentu

Terkadang kita perlu memasukkan slide powerpoint dalam lampiran laporan yang kita buat. Tidak semua slide akan kita lampirkan, tetapi cukup hanya beberapa dari slide terpenting saja yang akan kita cetak. Seperti halnya program atau aplikasi lain, Microsoft PowerPoint juga memiliki fasilitas untuk mencetak sebagian atau hanya beberapa saja dari slide-slide yang kita miliki. Untuk melakukan hal tersebut anda dapat mengikuti langkah berikut:
  1. Buka atau aktifkan file presentasi PowerPoint anda
  2. Tekan tombol CTRL+P
  3. Pada dialog Print pilih Printer yang akan digunakan
  4. Kemudian pada bagian Print Range pilih :
    • All , untuk mencetak semua slide PowerPoint
    • Selection , untuk mencetak slide yang telah kita pilih / blok sebelumnya
    • Slides , untuk mencetak halaman slide tertentu saja.
    • Misalkan pilih Slide, lalu isikan angka 1, 4-7, 10, 11, yang berarti kita akan mencetak Slide pertama, slide ke empat hingga ke tujuh, slide ke 10, dan slide ke-11.
  5. Klik tombol OK
  6. Presentasi tersebut akan dicetak sesuai dengan nomor slide yang telah kita berikan

Gambar: Cara mencetak slide tertentu microsoft powerpoint

Tips Cara Mencetak Slide PowerPoint Tertentu

Selain mencetak slide dengan cara seperti di atas, anda juga bisa mengatur konfigurasi saat print slide dengan metode print yang lain seperti :

Cara Menyisipkan Tanggal dan Jam Otomatis di Ms Word

Tanggal dan jam merupakan hal yang tidak asing lagi bahkan kita sering menggunakan tanggal dan jam dalam dokumen yang kita buat diantaranya untuk menandakan kapan dokumen tersebut dicetak. Dengan menyisipkan tanggal dan jam ke dalam dokumen kita bisa dengan cepat tahu apakah sebuah dokumen sebenarnya adalah dokumen yang terakhir dicetak atau telah ada revisi terbaru. Selain sebagai penanda tanggal pencetakan dokumen, kita juga bisa memanfaatkan tanggal dan jam otomatis untuk digunakan sebagai tanggal dalam pembuatan surat perusahaan kita.

Untuk menggunakan tanggal dan jam otomatis di microsoft word ktia bisa memanfaatkan fasilitas "field" yang disediakan sehingga kita bisa menambahkan tanggal dan/atau jam dimana saja dalam dokumen, baik itu di header, footer, di tengah-tengah ketikan maupun di text box. Untuk menyisipkan field tanggal dan jam tersebut dapat dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Klik/piih lokasi tempat tanggal/jam akan ditempatkan
  2. Klik ribbon Insert
  3. Kemudian pada grup Text yang ada di bagian kanan kanan ribbon klik tombol Date & Time
  4. Gambar: Cara menyisipkan tanggal dan jam di dokumen  microsoft word

  5. Selanjutnya anda akan diberikan dialog Date & Time
  6. Ganti isi kotak Language dengan Indonesia untuk memilih format penulisan dalam bahasa Indonesia
  7. Kemudian pada daftar Available Formats pilih salah satu format penulisan tanggal dan jam yang sesuai dengan keinginan anda
  8. Lalu klik tombol OK .
  9. Tanggal dan jam sesuai format pilihan anda akan ditampilkan dalam dokumen.

Gambar: Cara memilih format tanggal dan jam microsoft word

Tips Cara Mengurutkan Data Di Microsoft Excel

  • Microsoft Word akan menggunakan tanggal dan jam yang terdapat dalam sistem komputer anda. oleh karena itu pastikan tanggal dan jam anda sudah benar.
  • Berikan tanda check pada item Update Automatically bila anda ingin Microsoft Word melakukan pembaharuan otomatis pada tanggal dan jam yang disisipkan tersebut. Hal ini penting terutama bila anda ingin tanggal dan jam akan di update terlebih dahulu saat setiap kali anda mencetak/print dokumen tersebut

Cara Membuat Tampilan Menjadi Dua Window Atau Lebih di Ms Word

Kemudahan dalam pengetikan dokumen merupakan salah satu kelebihan microsoft word. Kemudahan tersebut diantaranya adalah ktia bisa melihat dua buah tampilan atau lebih dari satu sebuah dokumen yang sama, misalnya kita bisa melihat bagian atas dokumen dan bagian lain dokumen (seperti bagian tengah atau bagian bawah dokumen) disaat yang bersamaan dengan menggunakan Split Window.

Saat menggunakan split window, kita membagi sebuah window yang aktif menjadi dua buah tampilan horizontal: bagian atas dan bawah. Kita bisa merubah tampilan bagian atas dan bawah berbeda dengan bagian bawah, misalkan bagian atas menampilkan halaman 4 sedangkan bagian bawah menampilkan halaman 20, atau sebaliknya. Untuk membuat sebuah window microsoft word menampilkan dua bagian yang berbeda melalui split windows anda dapat menggunakan cara berikut:

  • Pilih posisi tampilan awal dokumen yang akan dibagi menjadi dua
  • Klik tab ribbon View
  • Pada grup window klik tombol Split
  • Lalu pilih dan klik batas untuk pembagian area menjadi dua window.
  • Gambar: Cara membuat dua window dengan memanfaatkan fasilitas split window microsoft word

    Kekurangan penggunaan Split Window ini adalah area pengetikan hanya bisa dibagi menjadi dua. Lantas bagaimana bila kita ingin bisa melihat berbagai macam tampilan dokumen lebih dari dua? Jangan khawatir. Microsoft Word menyediakan fasilitas untuk itu. Gunakan saja tombol New Window untuk membuat jendela baru dimana kita bisa mengatur tampilan yang berbeda untuk dokumen yang sama. Dengan menggunakan jendela baru tersebut kita bisa melihat berbagai macam tampilan dari halaman dokumen yang berbeda. Disaat kita melakukan perubahan pada salah satu jendela, maka jendela lain untuk dokumen yang sama pun akan ikut di update sesuai dengan perubahan yang kita lakukan bahkan termasuk penyimpanan dengan nama file yang berbeda (Save As).

    Kelebihan lain dari penggunaan New Window ini kita bebas membuat jendela untuk tampilan dokumen sebanyak yang kita mau. Jadi, jangankan cuma dua, dua puluh window juga bisa kita buat! :D Nah untuk membuat sebuah jendela baru silahkan saja klik tombol New Window yang ada disebelah kiri tombol Split window (lihat gambar di atas, ditandai dengan garis putus-putus). Lantas bagaimana cara menampilkan semua window tersebut di layar? Gampang, atur jendela tersebut satu persatu secara manual atau klik tombol Arrange All yang ad disebelahnya. Beres kan?! :D

    Tips Cara Membuat Tampilan menjadi Dua Window Atau Lebih di Ms Word

    • Ketika anda membuat split windows, tombol Split akan berubah menjadi tombol Remove Split . Klik tombol Remove Split tersebut untuk menghilangkan pembagian area kerja microsoff word, atau kalau ingin cara cepat lakukan double click pada garis pembatas yang tadi telah anda buat.
    • Untuk berpindah antar jendela aplikawsi / dokumen, anda bisa menggunakan tombol ALT+TAB . Tekan tombol tersebut berulang-ulang untuk memilih jendela dokumen mana yang ingin anda tampilkan, atau bila ingin hanya berpindah di jendela microsoft word, gunakan tombol CTRL+F6 yang juga ditekan berulang kali untuk memilih jendela mana yang ingin ditampilkan.

    Cara Mencari Nilai Terkecil/Terendah di Ms Excel

    Meskipun tidak sesering digunakan seperti halnya fungsi SUM() untuk penjumlahan, tetapi kadang kita perlu untuk mencari nilai terendah atau terkecil dari data yang kita miliki. Misalkan untuk mengetahui berapakah tinggi siswa terpendek yang ada di sebuah kelas, atau berapakah harga termurah dari sewa hotel di malam tahun baru, berapakah nilai minimum yang didapat oleh responden yang kita survei, dan masih banyak lagi.

    Untuk mencari nilai paling kecil, terendah, atau minimum dari sederetan angka kita bisa menggunakan fungsi atau rumus =MIN(). Untuk menggunakan fungsi MIN kita harus mengikuti aturan berikut : =MIN( angka1, angka2, …) Atau =MIN( Range sel) Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut:

    1. Misalkan kita ingin mencari nilai terkecil dari data tinggi siswa sebuah kelas, sebagai contoh 157, 136, 135, 160, 158, 146, 132, 144, 159, 147 (Dalam cm)
    2. Pilih sebuah sel tempat hasil pencarian nilai minimum akan diletakkan
    3. ketik rumus =MIN(157, 136, 135, 160, 158, 146, 132, 144, 159, 147 ) anda akan langsung mendapatkan jawabannya, yakni nilai 132 .
    4. Bila data tersebut telah ada di excel, kita dapat menggunakan range sel untuk data tersebut, misalkan =MIN(A3:A12) .

    Gambar: Contoh cara mencari nilai paling kecil / terendah dengan menggunakan fungsi MIN() microsoft excel

    Tips Cara Mencari Nilai Terkecil di Microsoft Excel

    Untuk mencari nilai paling besar atau tertinggi anda dapat menggunakan fungsi MAX() atau untuk lebih jelasnya lihat Cara Mencari Nilai Terbesar/Tertinggi di Microsoft Excel.

    Bila anda menggunakan separator ";" (titik koma) maka rumus yang harus anda ketik adalah =MIN(157; 136; 135; 160; 158; 146; 132; 144; 159; 147 )

    Cara Mencari Nilai Tertinggi di Ms Excel

    Microsoft excel merupakan aplikasi spreadsheet yang memiliki berbagai fasilitas untuk melakukan perhitungan maupun manipulasi terhadap data angka dan tabel. Selain melakukan penjumlahan dan perhitungan, microsoft excel juga memiliki fasilitas lainnya seperti pencarian angka tertinggi atau nilai maksimum dari serangkaian data bilangan.

    Untuk mencari nilai tertinggi dari sederetan angka kita bisa menggunakan fungsi atau rumus =MAX(). Untuk menggunakan fungsi MAX kita harus mengikuti aturan berikut : =MAX( angka1, angka2, …) Atau =MAX( Range sel) Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut:

    1. Misalkan kita memiliki data bilangan 8, 10, 12, 4, 17, 11, 6, 5, 9 .
    2. Lantas berapakah angka atau nilai tertinggi dari deretan bilangan tersebut ? ketik saja rumus =MAX(8, 10, 12, 4, 17, 11, 6, 5, 9) pada sebuah sel kosong dan anda akan langsung mendapatkan jawabannya, yakni nilai 17 .
    3. Akan lebih mudah lagi bila kita telah memiliki data tersebut di excel, kita tinggal menggunakan saja range sel untuk data tersebut, misalkan =MAX(A2:A10) .

    Gambar: Contoh cara mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi MAX() microsoft excel

    Tips Cara Mencari Nilai Tertinggi di Microsoft Excel

    Untuk mencari nilai terendah anda dapat menggunakan fungsi MIN() atau untuk lebih jelasnya lihat Cara Mencari Nilai Terendah/Terkecil di Microsoft Excel.

    Bila microsoft excel anda menggunakan separator ";" maka rumus yang harus anda tulisa adalah =MAX(8; 10; 12; 4; 17; 11; 6; 5; 9)

    Cara Membuat Daftar Pilihan Sel dengan Dropdown List Ms Excel

    Microsoft Excel memiliki fasilitas validasi data berupa dropdown list yang dapat membantu kita mengisi sebuah sel melalui pilihan yang disediakan. Dengan menggunakan dropdown list kesalahan pengisian sel dapat dihindari karena kita dapat membatasi isi sebuah sel sesuai dengan daftar item yang kita tetapkan.  

    Gambar: Contoh sel dengan Dropdown List di Microsoft Excel


    Misalkan kita ingin hanya memperbolehkan nama barang tertentu saja yang bisa diisikan di sebuah sel. Nama barang tersebut harus sesuai dengan daftar barang yang kita miliki. Tentu saja akan merepotkan bila kita harus bolak balik melihat ke daftar barang. Oleh karena itu untuk mempermudahnya kita dapat membuatnya dalam bentuk pilihan item dengan dropdown list. Untuk membuat Dropdown list di Microsoft Excel anda dapat menggunakan langkah berikut:
    1. Pilih sel atau blok sel yang akan dibuat dropdown list
    2. Selanjutnya klik ribbon Data
    3. Lalu klik tombol Data Validation yang terletak pada grup Data Tools
    4.  

      Gambar: Cara Menggunakan fasilitas Validasi data untuk membuat Dropdown List di Microsoft Excel

    5. Selanjutnya anda akan diberikan dialog Data Validation
    6. Pilih tab Settings
    7. Lalu ubah isi kotak Allow dengan memilih item List
    8. Selanjutnya isi kotak Source dengan range sel daftar item yang akan digunakan, untuk mudahnya klik tombol untuk memilih range sel lalu pilih sel yang akan menjadi daftar pilihan pada dropdown list
    9. Klik tombol OK
    10. Jika anda meletakkan kursor pada sel yang telah dibuat validasi datanya tadi makan microsoft excel akan langsung menampilkan tombol dropdown di sebelah sel tersebut. Klik tombol tersebut lalu pilih item yang ada.
     

    Gambar: Cara Menggunakan fasilitas Validasi data untuk membuat Dropdown List di Microsoft Excel


    Tips Cara Membuat Daftar Pilihan dengan Dropdown List Ms Excel

    Tampilan Daftar pilihan item pada dropdown list akan sesuai tampilan pada range sel yang kita pilih. Untuk membuat tampilan dropdown list berurutan maka lakukan saja penyortiran terhadap range sel Excel tersebut.

    Cara Mengatur Tinggi Baris Berukuran Sama di Ms Excel

    Tinggi baris default di microsoft excel yang biasanya kita lihat memiliki ukuran 15 point atau 20 pixel. Saat kita membuat formulir untuk isian baik berupa kuisioner, daftar hadir, tanda terima, maupun yang lainnya kita perlu untuk membuat setiap baris memiliki ukuran yang lebih tinggi daripada tinggi standar yang ada. Untuk membuatnya kita bisa melakukannya dengan berbagai cara. Mulai dari cara terlambat yakni dengan mengeset tinggi setiap baris satu persatu hingga dengan cara yang tercepat dengan mengeset tinggi beberapa baris langsung sekaligus,topik kedua ini yang akan dibahas pada artikel ini.
    Inti untuk membuat tinggi beberapa baris berukuran sama di microsoft excel adalah terlebih dahulu memilih dan melakukan blok terhadap baris yang akan diatur tingginya. Untuk lebih jelasnya lihat kedua cara berikut.  

    Cara Mengatur Ukuran Baris melalui ribbon Home

    Pilih baris yang akan diatur ketinggiannya. Anda bisa memblok beberapa baris atau blok beberapa sel Selanjutnya klik ribbon Home Klik tombol Format yang ada di grup Cells Pilih item Row Height Anda akan diminta mengisikan tinggi baris (Row Height), isikan dengan tinggi baris yang anda kehendaki dalam satuan poin, misalkan isi dengan 40 untuk menjadikan tinggi baris 40 poin Tekan tombol Enter atau klik Tombol OK Microsoft excel akan membuat baris yang telah anda pilih menjadi berukuran 40 point

    Gambar: Cara Mengatur Tinggi (beberapa) Baris di Microsoft Excel

     

    Mengatur Ukuran Baris dengan Cara Visual

    1. Arahkan kursor ke nomor baris hingga berubah bentuk menjadi panah hitam ke arah kanan
    2. Pilih baris yang akan diubah tingginya lalu blok baris tersebut. Untuk membuat blok beberapa baris klik tombol mouse lalu gerakkan kursor mouse ke bawah.
    3. Arahkan kembali mouse ke garis pembatas antar baris hingga membentuk panah ke atas - ke bawah
    4. Klik dan drag pembatas baris tersebut
    5. Bila tinggi baris telah sesuai dengan keinginan anda, lepaskan tombol mouse

    Gambar: Cara Mengatur ukuran  Tinggi Baris secara visual di Microsoft Excel

    Tips Cara Membuat Tinggi Baris Berukuran Sama di Microsoft Excel

    Untuk memilih baris yang tidak berurutan anda bisa melakukannya dengan cara menekan tombol CTRL lalu klik nomor baris tersebut

    Cara Menyembunyikan Worksheet Ms Excel

    Seperti halnya baris dan kolom, worksheet atau lembar kerja microsoft excel juga bisa kita sembunyikan / hide. Bila worksheet yang kita miliki banyak dan ada beberapa diantaranya yang sudah "fix" atau sudah jadi sehingga tidak perlu diubah lagi kita bisa menyembunyikan worksheet tersebut untuk sementara waktu. Dengan menyembunyikannya maka jumlah worksheet yang ditampilkan akan menjadi lebih sedikit atau berkurang sehingga kita bisa bekerja lebih fokus pada sisa worksheet yang sedang ditampilkan saja. Meskipun demikian, semua nilai maupun rumus yang ada di worksheet yang disembunyikan akan tetap ada sehingga tetap bisa digunakan dan tidak mengganggu referensi sel pada worsheet yang aktif / tampil.

    Secara umum ada dua cara yang bisa digunakan untuk menyembunyikan worksheet yakni melalui ribbon Home atau melalui popup menu dari sheet. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut

     

    Menyembunyikan Worksheet melalui Ribbon Home

    1. Pilih dan aktifkan worksheet yang akan disembunyikan
    2. Selanjutnya klik ribbon Home
    3. Lalu pada grup Cells klik tombol Format
    4. Klik tombol Hide & Unhide ;
    5. Kemudian klik item Hide Sheet .
    6. Worksheet yang aktif akan disembunyikan

    Gambar: Cara menyembunyikan (hide) worksheet microsoft excel melalui ribbon Home

     

    Cara Cepat Menyembunyikan Worksheet

    Untuk menyembunyikan worksheet dengan cepat anda dapat menggunakan popup menu dari worksheet. Cara ini yang biasa saya gunakan untuk menyembunyikan worksheet di microsoft excel.
    1. Klik kanan pada worksheet yang akan disembunyikan, misalkan pada Sheet2 .
    2. Pada popup menu pilih item Hide
    3. Microsoft Excel akan menyembunyikan worksheet yang anda pilih.

    Gambar: Cara cepat menyembunyikan (hide) worksheet microsoft excel

    Tips Cara menyembunyikan Worksheet Microsoft Excel

    • Untuk menyimpan beberapa worksheet sekaligus anda dapat menggunakan tombol SHIFT atau CTRL saat memilih group worksheet
    • Untuk menampilkan kembali worksheet yang disembunyikan anda dapat menggunakan tombol "Unhide sheet " dari ribbon home, atau melalui "Unhide " pada popup menu

    Cara Menampilkan Gambar Background/Latar Ms Excel

    Gambar background (latar belakang) dapat memberikan kesan tersendiri dalam tampilan dokumen. Untuk mempercantik tampilan atau memberikan kesan mewah dari dokumen excel kita bisa memasang gambar yang akan digunakan sebagai background / latar belakang dari sebuah sheet. Pemasangan gambar background dapat menghilangkan kesan "monoton" atau classic yang ditimbulkan. Gambar yang kita pasang dapat berupa gambar kita, orang kita cintai, artis/selebriti, desain, dan lain sebagainya asalkan menggunakan format standar untuk gambar yang biasa digunakan seperti bmp, jpg, gif, wmf, dll. Untuk membuat sebuah worksheet excel menampilkan gambar background / latar, anda dapat menggunakan langkah atau cara berikut ini.
    1. Pilih worksheet yang akan dipasangi gambar latar
    2. Kemudian klik ribbon Page Layout
    3. Lalu pada grup Page Setup , klik tombol Background
    4. Selanjutnya anda akan dimunculkan sebuah dialog Worksheet Background yang meminta anda memberikan/memilih sebuah file gambar. Klik gambar pilihan anda lalu klik tombol Open , atau cepatnya klik dua kali pada gambar yang dipilih
    5. Worksheet kini akan memunculkan gambar background pilihan anda

    Gambar: Cara memunculkan gambar background di microsoft excel

    Tips Cara Memasang Gambar Background worksheet Microsoft Excel

    • Ketika anda menyisipkan dan menampilkan gambar background, tombol Background yang anda gunakan tadi akan berganti nama menjadi "Delete Background ". Klik kembali tombol tersebut untuk menghilangkan gambar background yang anda tambahkan tadi
    • Sayangnya, gambar background tersebut hanya ditujukan untuk tampilan dokumen saja dan tidak bisa ikut dicetak saat melakukan print dokumen/worksheet.

    Cara Menampilkan Kolom atau Baris agar Tetap Muncul di Ms Excel

    Fasilitas Freeze panes microsoft excel dapat membekukan dan mengunci sebagian baris atau kolom dari sheet data yang kita miliki sehingga baris atau kolom tersebut akan selalu ditampilkan meskipun kita scroll tampilan sheet ke arah bawah/atas (vertikal) maupun ke kiri/kanan (horizontal). Hal ini akan sangat membantu kita disaat mengisikan/entry data pada tabel yang memiliki jumlah baris atau kolom yang banyak/panjang. Sebab dengan menggunakan freeze panes maka judul kolom yang terletak di bagian atas, ataupun pengenal baris (misal nomor, nama ataupun lainnya) yang terletak di bagian kiri akan selalu dapat terlihat. Dengan demikian kesalahan pengisian dan pembacaan data pada kolom atau baris akan dapat dihindari. Untuk dapat menjaga baris atau kolom tetap terlihat dengan memanfaatkan fasilitas freeze panes anda dapat menggunakan cara atau langkah berikut
    1. Atur tampilan pada lembar kerja anda agar muncul kolom dan baris yang dapat selalu terlihat
    2. Lalu pindahkan posisi kursor excel pada sel kiri atas bagian yang dapat di scroll.
    3. Kemudian klik ribbon View
    4. Lalu pada grup Window klik tombol Freeze Panes
    5. Selanjutnya anda akan diberikan tiga pilihan untuk melakukan Freeze panes:
      • Freeze Panes , untuk membekukan baris dan kolom sesuai dengan posisi kursor excel (yang kita sudah pilih tadi)
      • Freeze Top Row , untuk membekukan dan membuat hanya baris pertama yang tetap selalu terlihat
      • Freeze First Column , untuk membekukan dan membuat hanya kolom pertama yang tetap selalu terlihat
      • PILIH atau Klik item Freeze Panes untuk membuat agar baris dan kolom tetap selalu muncul di layar
    6. Baris dan kolom yang telah dipilih akan menjadi tetap terlihat di layar.

    Gambar: Cara merubah gambar bullet di microsoft word

     
    Pada gambar di atas sel yang berwarna biru muda akan selalu terlihat meskipun kita melakukan scroll vertikal maupun horizontal. Dengan demikian proses pembacaan, penampilan maupun editing/entry data akan menjadi lebih mudah. Untuk contoh di atas, kita tetap dapat melihat sparepart mana dan bulan apa yang sedang kita pilih/edit karena setiap kita melakukan scroll vertikal ke bawah/atas maka kepala tabel atau judul kolom ( No, Kode, Nama Sparepart, Januari, dst) akan tetap pada posisinya dan tidak ikut bergerak. Sedangkan apabila kita geser horizontal ke arah kanan/kiri maka isian dai kolom No, Kode dan Nama Sparepart juga akan tetap pada posisinya dan tidak ikut bergerak.

    Tips Cara Membuat agar Kolom atau Baris agar Selalu Tetap Tampil di Microsoft Excel

    Saat anda membuat Freeze Panes (termasuk untuk pilihan Freeze Top Row ataupun Freeze First Column) maka item pilihan Freeze Panes akan berubah nama menjadi Unfreeze Panes. Untuk menghilangkan freeze panes dan mengembalikan baris dan kolom menjadi seperti semula (hilang bila di scroll) klik item Unfreeze Panes tersebut.

    Cara Menghilangkan Duplikasi Data Secara Otomatis di Ms Excel

    Saat bekerja dengan microsoft excel kita biasa menginputkan berbagai item data. Tidak jarang kita mengisikan sebuah data berulang kali sehingga menimbulkan duplikasi data, dimana input data yang sama dilakukan lebih dari satu kali. Duplikasi data bisa menimbulkan kesalahan logik ketika melakukan perhitungan terhadap data, baik berupa jumlah data, sub total, rata-rata, standar deviasi, maupun perhitungan lainnya. Secara teoritis perhitungan yang dilakukan sudah benar, tetapi hasil yang didapat bukanlah angka atau nilai yang tepat karena adanya duplikasi data. Oleh karena itu kita harus menghapus duplikasi data yang ada agar hasil proses perhitungan atau replikasi dapat sesuai dengan yang diharapkan. Untuk menghilangkan duplikasi data secara otomatis kita bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan di Microsoft Excel melalui dialog Removes Duplicates. Kita tinggal memilih kolom kunci yang menunjukkan "kunci" perbedaan antar data. Berikut ini merupakan contoh penggunaan langkah demi langkah yang dapat anda lakukan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut .
    1. Misalkan kita memiliki data yang terdiri dari Nama Konsumen, Jenis Reparasi dan Total Biaya.
    2. Blok sel yang akan dihilangkan duplikasi datanya
    3. Selanjutnya klik ribbon Data
    4. Pada grup Data Tools klik tombol Remove Duplicates
    5.  

      Gambar: Cara menghilangkan duplikasi data di Microsoft Excel

    6. Selanjutnya pada dialog Remove Duplicates yang muncul, pilih kolom yang menentukan sebuah baris berbeda dari baris yang lainnya. Mudahnya, berikan saja tanda check pada semua kolom. Hal ini berarti jika ada baris yang memiliki nilai pada setiap kolomnya sama dengan baris yang lain maka baris tersebut dianggap sebagai baris duplikasi. Klik tombol Select All lalu klik tombol OK.
     

    Gambar: Cara format cells untuk memunculkan tampilan angka desimal 44 angka dibelakang koma di di Microsoft Excel

    Tips Cara Menghilangkan Duplikasi Data Otomatis di Microsoft Excel

    • Bila data anda tidak memiliki kepala (Data Headers) maka tampilan nama kolom adalah kolom E, Kolom F dan Kolom G. Nama kolom tersebut sesuai dengan lokasi data anda.
    • Jika data anda memiliki "
    • primary key ", misalkan untuk contoh di atas adalah Nomor Faktur/invoice yang unik (tidak ada yang sama), maka proses penghilangan duplikasi bisa dilakukan hanya dengan satu buah kolom nomor invoice tersebut
    • Untuk mendapatkan nama pelanggan saja maka berikan saja tanda check pada kolom Customer

    Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

    Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang tidak sama nilai desimalnya, maka kita bisa membuat tampilan data menjadi lebih menarik bila semua tampilan data menjadi seragam, misalkan dengan membuatnya menjadi 2 angka dibelakang koma atau empat angka dibelakang koma.  

    Gambar: Contoh tulisan desimal 4 angka dibelakang koma di Microsoft Excel

    Sebagai contoh, misalkan kita memiliki angka 9,87 dan 6,54321. Bila kita seragamkan menjadi angka desimal dengan 2 angka dibelakang koma maka kedua bilangan tersebut menjadi 9,87 dan 6,54. Bila kita ingin menjadikan 4 angka di belaka ng desimal maka nilai keduanya adalah 9,8700 dan 6,5432. Untuk membuat dan mengatur format penulisan angka desimal seperti di atas anda dapat menggunakan langkah berikut :
    1. Ketik angka pada sel microsoft excel terlebih dahulu, misalkan 9.87
    2. Lalu pilih atau blok sel yang akan anda atur formatnya
    3. Klik kanan pada sel atau blok sel tersebut
    4. Kemudian pilih item Format Cells
    5. Pada dialog Format Cells pilih tab Number
    6. Kemudian pilih item Number dari daftar Category
    7. Pada panel bagian kanan isikan pada kotak Decimal Places dengan angka 4 untuk memunculkan 4 angka dibelakang koma
    8. Selanjutnya klik tombol OK
    9. Sel akan menampilkan format angka desimal 4 angka dibelakang koma
     

    Gambar: Cara format cells untuk memunculkan tampilan angka desimal 44 angka dibelakang koma di di Microsoft Excel

    Tips Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Microsoft Excel

    Pada dialog format cells tersebut selain mengatur penulisan untuk angka desimal, anda juga bisa langsung memunculkan separator untuk ribuan dengan cara memberikan tanda check pada item Use 1000 separator

    Cara Mengatur Format Tanggal Ms Excel

    Penulisan tanggal merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Problem utama penulisan tanggal adalah masalah letak hari dan bulan, apakah bulan ditulis lebih dulu, atau hari yang lebih dulu. Sebagai contoh tampilan tanggal 3/4/2012 dapat memberikan arti yang berbeda (ambiguitas). Apakah tanggal tersebut berarti 3 April 2012, ataukah 4 Maret 2012? Tergantung dari kebiasaan yang digunakan. Bila menulis hari lebih dulu maka tanggal tersebut adalah 3 April 2012, tetapi bila penulisan bulan lebih dulu maka tanggal tersebut adalah 4 Maret 2012.  

    Gambar: Contoh berbagai format tanggal di Microsoft Excel

    Secara default (dari sananya :D ) penulisan tanggal di microsoft excel dimulai dengan bulan lebih dulu. Oleh karena itu yang dimaksud dengan 3/4/2012 adalah tanggal 4 maret 2012. Dengan demikian bila kita butuh ditampilkan dengan format yang biasa kita gunakan (hari lebih dulu) maka kita tinggal mengubah dan mengatur format untuk sel tersebut. Microsoft Excel memberikan kemudahan dalam hal pengaturan format sel untuk tampilan tanggal yang akan kita gunakan sehingga kita bisa merubah berbagai jenis penampilan tanggal di layar, termasuk untuk menampilkan nama hari dan nama bulan secara panjang maupun pendek. Untuk mengatur format tanggal untuk sel di microsoft excel anda dapat menggunakan langkah berikut.
    1. Isikan tanggal pada sebuah sel, misalkan 3/4/12 untuk 4 Maret 2012
    2. Selanjutnya klik kanan pada sel tersebut lalu pilih Format Cells
    3. Pada dialog Format Cells pilih tab Number
    4. Kemudian pilih item Date yang ada pada list Category
    5. Lalu pilih salah satu format yang akan digunakan dalam menampilkan tanggal
    6. Klik tombol OK.
    7. Format tanggal kini telah berubah sesuai dengan pilihan anda
     

    Gambar: Cara format cells sebagai tanggal di Microsoft Excel

    Tips Cara Mengatur Format Tanggal Microsoft Excel

    Selain dengan menggunakan format dengan langkah diatas, anda juga bisa mengatur format tanggal dengan Custom Format.

    Cara Membuat Diagram Pie(Kue) di Ms Excel

    Diagram Pie dapat membantu kita menerangkan data yang akan kita tampilkan khususnya mengenai komposisi dan kontribusi dari komponen/elemen yang ada. Dengan tampilan potongan dari pie (kue) kita bisa melihat secara visual bagian mana yang memiliki kontribusi terbesar hingga terkecil. Contoh pemakaian diagram pie diantaranya digunakan untuk memperlihatkan jumlah penduduk per kecamatan/kota, Kompoisisi Sektor Pembentuk PDRB dari sebuah kabupaten/Kota/Provinsi, Nilai ujian dari suatu kelas, Penjualan beberapa kategori barang, dan masih banyak lagi. Bentuk diagram Pie dapat berupa bentuk dua dimensi seperti bentuk lingkaran dengan garis pemotong, atau pun bentuk 3 dimensi seperti bentuk kue bolu atau taart. Sementara itu, tampilan potongan dari kue pie tersebut dapat berupa garis yang menandakan hasil pemotongan, ataupun potongan tersebut bisa dipecah/dikeluarkan.  

    Gambar: Contoh diagram Pie 3 dimensi di Microsoft Excel

    Pembuatan diagram Pie tidak jauh berbeda dengan membuat grafik garis atau grafik batang. Anda hanya tinggal memilih data lalu microsoft exel akan membuat diagram secara otomatis untuk anda. Berikut langkah yang dapat anda gunakan untuk membuat sebuah diagram Pie di Microsoft Excel.
    1. Bila belum ada, ketik data yang akan dibuat diagram Pie nya
    2. Pilih dan blok data tersebut
    3. Selanjutnya klik ribbon Insert
    4. Pada grup Charts klik tombol Pie
    5. Anda akan diberikan pilihan untuk membuat diagram Pie 2 dimensi atau 3 dimensi. Pilih Salah satu jenis diagram tersebut, misalkan Exploded Pie in 3-D untuk membuat Pie 3-D dengan potongan "Kue" yang dipisahkan.
    6. Sebuah diagram Pie akan disisipkan ke dalam worksheet microsoft excel
     

    Gambar: Cara membuat diagram Pie 3 dimensi di Microsoft Excel

    Tips Cara Membuat Diagram Pie(Kue) di Microsoft Excel

    Setelah diagram pie disisipkan anda bisa memanipulasi diagram tersebut seperti merubah judul (titel) diagram, penampilan label baik jumlah maupun persentase, legend, warna potongan pie dan lain sebagainya.

    Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

    Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M2 dan M3 .  

    Gambar: Contoh penggunaan superscript di Microsoft Excel

    Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini.

    1. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km2 di dalam sebuah sel microsoft excel
    2. Ketikan tulisan Km pada sebuah sel
    3. Lalu Klik kanan pada sel tersebut
    4. Kemudian pilih item Format Cells
    5. Pada dialog Format Cells, berikan tanda check pada item Superscript
    6. Klik tombol OK
    7. Selanjutnya ketik angka 2
    8. Tekan tombol enter
    9. Sel telah terisi dengan Km2.
     

    Gambar: Cara Membuat tanda pangkat dengan menggunakan superscript di Microsoft Excel

    Tips Cara Membuat Tulisan Pangkat di Sel Microsoft Excel

    Dengan konsep yang sama seperti contoh di atas, anda bisa membuat untuk berbagai satuan, seperti M2, M3, cm2, cm3, dan lain sebagainya

    Cara Membuat Simbol Derajat di Sel Ms Excel

    Pembuatan tulisan derajat di microsoft excel tidak semudah penyisipan simbol derajat di Microsoft word seperti misalnya kita ingin menulis 123oC. Di Microsoft word kita bisa bebas menyisipkan simbol derajat kapanpun kita mau dengan menggunakan berbagai cara, termasuk dengan menggunakan equation editor. Meskipun demikian bukan berarti kita tidak bisa menyisipkan simbol derajat ke dalam sel Microsoft excel. Secara garis besar setidaknya ada dua trik atau cara yang bisa anda gunakan untuk menyisipkan simbol derajat tersebut. Cara yang pertama adalah menggunakan font simbol, cara kedua adalah menggunakan superscript.
     

    Menyisipkan simbol derajat menggunakan font symbol

    Untuk menyisipkan simbol derajat dengan menggunakan font simbol anda dapat menggunakan langkah berikut
    1. Misalkan kita ingin membuat tulisan 123oC di dalam sebuah sel microsoft excel
    2. Ketikan tulisan 123 pada sel
    3. Selanjutnya klik ribbon Insert
    4. Lalu pada grup Text klik tombol symbol yang terletak di bagian kanan ribbon
    5. Pada dialog Symbol, pilih jenis Font dengan nama symbol
    6. Lalu scroll ke bagian bawah, sekitar pada baris ke sepuluh anda akan melihat gambar simbol derajat
    7. Klik simbol derajat tersebut
    8. Kemudian klik tombol Insert
    9. Lalu klik tombol Close
    10. Langkah selanjutnya, karena font terakhir yang digunakan adalah font dengan nama "symbol", maka ganti lagi menjadi font sesuai dengan teks yang anda pakai, caranya:
      • Klik ribbon Home
      • Lalu pada kotak nama jenis font ganti dengan Calibri, atau Times New Roman, atau sesuai dengan teks yang anda gunakan
    11. Ketik huruf C lalu tekan tombol enter
    12. Sel telah terisi dengan 123oC.
     

    Gambar: Cara menyisipkan simbol derajat ke dalam sel microsoft excel


     

    Menampilkan simbol derajat menggunakan Superscript

    Untuk menampilkan simbol derajat dengan menggunakan superscript anda dapat menggunakan langkah berikut
    1. Misalkan kita ingin membuat tulisan 123oC di dalam sebuah sel microsoft excel
    2. Ketikan tulisan 123oC pada sebuah sel
    3. Selanjutnya gunakan mouse untuk memblok huruf "o" yang terletak diantara 123 dan C tersebut.
    4. Lalu Klik kanan pada sel tersebut
    5. Kemudian pilih item Format Cells
    6. Pada dialog Format Cells, berikan tanda check pada item Superscript
    7. Klik tombol OK
    8. Tekan tombol enter
    9. Sel telah terisi dengan 123oC.
     

    Gambar: Cara Membuat derajat dengan menggunakan superscript di Microsoft Excel

    Tips Cara Membuat Simbol Derajat di Sel Microsoft Excel

    • Bila anda butuh tanda derajat untuk sel yang lain, lakukan saja proses copy+paste untuk sel tersebut.
    • Selain kedua cara diatas, ada cara ketiga yakni copy paste teks simbol derajat. Bila anda ingin agar teks / karakter derajat bisa di copy paste (hanya isi selnya saja), maka gunakan pembuatan derajat menggunakan Font Symbol (cara pertama).

    Cara Membuat Tabel Di Excel

    Microsoft Excel merupakan spreadseet yang banyak dipakai orang dengan salah satu kelebihannya adalah pembuatan tabel. Dengan membuat data excel menjadi tabel kita bisa menganalisa data secara bebas, baik untuk dilakukan perhitungan/penjumlahan nilai kolom, formatting, penyaringan (filter) pada kolom tabel, menghilangkan duplikasi data, atau bahkan untuk di publish agar bisa digunakan oleh aplikasi lain seperti halnya menggunakan tabel dari sebuah database. Untuk membuat Tabel di Microsoft Excel anda dapat menggunakan langkah berikut :
    1. Ketik data untuk tabel anda, termasuk untuk judul kolom (field) bila anda ingin berikan.
    2. Selanjutnya blok data ketikan anda tersebut
    3. Kemudian klik ribbon Home
    4. Pada grup Styles klik tombol Format As Table
    5. Lalu pilih salah satu format tampilan tabel, misalkan kita memilih Table Style Light 10
    6. Anda kini telah memiliki data tabel baru
     

    Gambar: Cara merubah gambar bullet di microsoft word

    Tips Cara Membuat Tabel Di Microsoft Excel

    • Bila format tampilan tabel tidak sesuai dengan keinginan anda, silahkan anda atur saja kembali format tampilan tabel tersebut
    • Data tabel anda juga bisa dibuat menjadi pivot tabel yang berguna untuk membuat summary atau ikhtisar dari data seperti nilai total penjumlahan, rata-rata, minimum, maksimum, dan lain sebagainya.

    Cara Membuat Gambar Transparan Tanpa Warna Background di Ms Word

    Penggunaan gambar bisa memperjelas atau membuat tampilan dokumen menjadi lebih menarik. Gambar yang kita tambahkan dan sisipkan dalam dokumen bisa berupa gambar hasil buatan kita sendiri ataupun hasil download dari internet. Terkadang kita sudah menemukan gambar yang bagus untuk masukkan dalam dokumen tetapi karena warna latar / background yang berbeda dengan tema kita membuat kita tidak jadi memilih gambar tersebut. Padahal bila warna latar gambar tersebut bisa kita buat menjadi transparan sehingga cocok dengan warna tema dokumen kita. Selain itu dengan membuatnya menjadi transparan kita juga bisa membuat teks atau gambar lain yang terletak dibawah gambar tersebut menjadi terlihat. Untuk membuat warna background (latar) gambar menjadi transparan anda bisa menggunakan langkah berikut :
    1. Tambahkan atau sisipkan sebuah gambar pada dokumen microsoft word
    2. Klik gambar tersebut
    3. Klik ribbon Format
    4. Pada grup Adjust yang terletak di sebelah kiri ribbon, klik tombol Recolor
    5. Selanjutnya klik Set Transparent Color
    6. Pilih lalu klik sebuah titik pada gambar yang akan dijadikan warna transparan
    7. Gambar kini telah menjadi transparan

    Gambar: Cara memilih warna transparan untuk gambar di Microsoft Word

    Tips Cara Membuat Gambar Transparan Tanpa Warna Background di Ms Word

    Saat pembuatan gambar transparan kadang hasil didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Umumnya terjadi karena adanya kesamaan warna yang dipilih sebagai warna transparan, atau juga disebabkan karena adanya gradiasi warna dimana sebuah warna (misal biru, merah, atau hijau) bagi mata anda terlihat sama tetapi bagi microsoft warna tersebut berbeda tingkatan warnanya (kebiruan, kemerahan, kehijauan, dsb).

    Cara Merubah Tanda Pecahan Ribuan Dan Desimal (Koma/Titik)Ms Excel

    Tanda pecahan ribuan dan desimal atau sering disebut separator merupakan tanda yang sering digunakan sebagai pemisah angka. Untuk pemisah atau separator ribuan kita biasanya menggunakan tanda atau karakter "." (titik), misalkan pada nilai 1.001 dan 123.456.789. Sedangkan tanda untuk pemisah desimal kita biasa menggunakan karakter "," (koma), seperti pada angka 3,45 atau 0,001, oleh karena itu kita biasanya menyebut bilangan desimal dengan 2 angka di belakang koma, 3 angka di belakang koma, dst..

    Microsoft Excel biasanya mengatur konfigurasi awal penggunaan tanda pemisah ribuan dan desimal tersebut mengikuti sistem operasi windows yang kita gunakan. Bila konfigurasi sistem komputer kita menggunakan tanda koma sebagai pemisah angka ribuan dan tanda titik sebagai pemisah angka desimal maka saat kita mengetik di microsoft excel juga akan menggunakan konfigurasi yang serupa. Jadi bila anda mengetik angka 1.001 maka oleh microsoft excel akan diartikan sebagai satu koma nol nol satu, bukan sebagai bilangan dengan nilai seribu satu. Untuk merubah setting separator untuk bilangan ribuan dan desimal microsoft excel tersebut kita bisa melakukannya dengan dua cara. cara pertama adalah dengan merubah konfigurasi separator pada sistem windows, atau cara kedua yaitu merubah konfigurasi separator pada Excel Options. Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas cara merubah setting tanda pecahan melalui Excel options saja.

    Untuk mengatur setting tanda pecahan yang digunakan sebagai pemisah angka ribuan dan desimal di microsoft excel anda dapat melakukan langkah berikut:

    1. Tampilkan dialog Excel Options dengan cara Klik tombol Officelalu klik excel options
    2. Pada dialog tersebut pada bagian kiri pilih Advanced
    3. Selanjutnya pada bagian Editing Options yang terletak di panel sebelah kanan, hilangkan tanda check pada item Use system separators
    4. Pada kotak Decimal separator isikan dengan tanda ", " (koma, tanpa tanda petik)
    5. Pada kotak Thousands separator isikan dengan tanda ". " (titik, tanpa tanda petik)
    6. Kemudian klik tombol OK
    7. Aplikasi Microsoft Excel kini sudah menggunakan tanda koma sebagai pemisah(separator) angka desimal dan tanda titik sebagai pemisah (separator) bilangan ribuan.

    Gambar: Cara mengatur tanda pemisah (Separator) desimal dan ribuan di microsoft excel

    Tips Cara Merubah Tanda Pecahan Ribuan Dan Desimal Ms Excel (Koma/Titik)

    Penggunaan tanda koma dan titik sebagai separator angka desimal dan ribuan pada aplikasi Microsoft Excel dengan cara di atas tidak merubah konfigurasi sistem windows sehingga separator yang digunakan dapat saja berbeda dengan yang digunakan oleh sistem windows.

    Cara Menambah Tabel Ms Excel ke dalam Ms Word

    Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang biasa kita pakai untuk melakukan perhitungan dalam bentuk tabel. Seringkali naskah dokumen yang kita buat dengan menggunakan microsoft word harus menggunakan tabel yang berada dalam file microsoft excel. Hal ini tidak lain karena fasilitas atau proses perhitungan akan lebih mudah dilakukan di excel daripada di microsoft word. Bila data file excel belum ada, maka kita bisa menggunakan cara menyisipkan tabel ms excel ke dalam ms word. Sebaliknya, bila data atau file excel kita telah ada maka kita dapat langsung menambahkan atau memasukkan data tersebut ke dalam dokumen microsoft word kita. Setidaknya ada dua alternatif yang bisa kita lakukan untuk menambahkan tabel excel ke dalam dokumen ms word. Yang pertama adalah kita copy+paste data tabel dari ms excel sebagai tabel ms word. Alternatif kedua adalah kita copy+paste table tersebut sebagai object dalam dokumen ms word kita. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua cara penambahan data tabel tersebut. Bila kita membuat tabel tersebut sebagai tabel word tentu akan menjaga ukuran file dokumen kita tetap kecil dan portable. Sedangkan bila kita menggunakannya sebagai object ms excel, maka keuntungan yang dapat kita peroleh adalah bila sewaktu-waktu ada data yang berubah maka kita bisa melakukan perubahan isi tabel dengan cepat karena didukung dengan perhitungan otomatis dari excel. Untuk melakukan penambahan tabel dari microsoft excel ke dalam dokumen microsoft word anda dapat menggunakan langkah berikut :  

    Menambah tabel excel sebagai tabel MS Word

    1. Buka aplikasi dan file dokumen microsoft excel anda
    2. Blok dan copy sel tabel yang akan ditambahkan ke microsoft word
    3. Buka aplikasi dan file dokumen microsoft word anda
    4. Klik ribbon Home lalu tombol Paste, atau tekan tombol CTRL+V
    5. Tabel microsoft excel akan di tambahkan dalam dokumen sebagai tabel microsoft word
     

    Menambah tabel excel sebagai object

    1. Buka aplikasi dan file dokumen microsoft excel anda
    2. Blok dan copy sel tabel yang akan ditambahkan ke microsoft word
    3. Buka aplikasi dan file dokumen microsoft word anda
    4. Klik ribbon Home
    5. Selanjutnya klik dropdown tombol Paste lalu pilih item Paste Special
    6. Pada dialog Paste special pilih paste sebagai Excel Worksheet Object lalu klik tombol OK
    7. Tabel microsoft excel akan di tambahkan sebagai object
    8. Selanjutnya untuk mengedit tabel tersebut dapat dilakukan dengan cara double click pada tabel , atau klik kanan pada tabel kemudian pilih item Worksheet Object lalu pilih sub item Edit

    Gambar: Contoh beberapa baris ketikan dalam satu sel microsoft excel

    Tips Cara Menambah Tabel Ms Excel dalam file dokumen microsoft Word

    • Bila anda belum memiliki data yang tersimpan di file excel anda bisa langsung membuat object worksheet excel baru secara langsung dalam dokumen ms word.
    • Gunakan tabel microsoft word jika data tidak akan atau hanya akan mengalami sedikit perubahan. Sebaliknya, jika tabel diperkirakan masih akan mengalami perubahan maka sebaiknya menggunakan Paste sebagai object worksheet .
    • Ketika bekerja dengan object worksheet excel, anda dapat melakukan hal yang sama seperti halnya ketika bekerja secara langsung menggunakan aplikasi microsoft excel

    Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

    Umumnya sebuah sel di microsoft excel terdiri atas satu baris saja. Apabila baris ketikan yang kita miliki panjang dan melebihi lebar sel maka kita bisa membuat ketikan tersebut dilanjutkan pada baris berikutnya dalam sel yang sama dengan menggunakan wrap text. Selanjutnya kita bisa membuat baris baris kedua, ketiga dan berikutnya dengan memanfaatkan sel yang ada dibawahnya.

    Gambar: Contoh beberapa baris ketikan dalam satu sel microsoft excel

    Sebenarnya bila kita ingin, kita bisa membuat sebuah sel di microsoft excel memiliki dua baris atau lebih, tanpa harus mengunakan beberapa sel. Kuncinya adalah bila kita ingin membuat baris baru, tombol yang kita tekan adalah ALT+ENTER . Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut.

    1. Ketik baris pertama pada sebuah sel
    2. Pada akhir baris pertama, tekan tombol ALT+ENTER
    3. Selanjutnya ketik baris kedua, dan pada akhir baris tekan kembali tombol ALT+ENTER untuk membuat baris ketiga
    4. Ulangi lagi untuk baris ketiga dan seterusnya
    5. Bila ketikan untuk sel tersebut telah selesai, tekan tombol ENTER
    Bila ketikan anda cukup banyak, biasanya tampilan pada saat mengetik di editor microsoft excel akan terasa kurang nyaman. Untuk itu anda bisa mengetik terlebih dahulu di program text editor seperti notepad, wordpad atau mungkin microsoft word lalu teks hasil ketikan anda tersebut di paste pada isi sel microsoft excel. Untuk lebih jelasnya lihat cara berikut:
    1. Ketik teks anda pada program text editor
    2. Blok dan copy hasil ketikan tersebut
    3. Buka aplikasi microsoft excel
    4. Pilih sel yang akan diisi lalu tekan tombol F2
    5. Selanjutnya tekan tombol CTRL+V lalu tekan tombol ENTER
    6. Teks hasil ketikan akan diisi pada sel tersebut
     

    Tips Cara Membuat Dua Baris Ketikan Dalam Satu Sel Ms Excel

    Sebelum paste dilakukan anda harus masuk dalam mode pengeditan sel terlebih dahulu (misal dengan menekan tombol F2), jika tidak bisa jadi hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

    Cara Membuat Tabel Excel dalam File Ms Word

    Tabel yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel memiliki kelebihan dibanding tabel di microsoft word. Kemudahan perhitungan, rumus ataupun fungsi-fungsi yang telah disediakan diantaranya menjadi alasan orang untuk menggunakan microsoft excel. Bila tabel yang hendak dibuat hanya berupa teks tanpa ada perhitungan matematis yang banyak atau kompleks, maka kita masih bisa mengandalkan tabel yang disediakan oleh microsoft word. Lain halnya jika tabel yang akan kita buat ternyata perlu menggunakan perhitungan matematis dengan rumus dan fungsi tertentu maka kita memerlukan microsoft excel untuk melakukannya. Dengan adanya fasilitas OLE atau Object Linking anda Embedding yang merupakan "standard" pada aplikasi berbasis windows, pembuatan dan penyisipan object worksheet excel dalam file dokumen microsoft word dapat dengan mudah kita lakukan. Sehingga bila terjadi perubahan pada data tabel, maka kita bisa merubah isi datanya dengan cepat. Untuk membuat atau menyisipkan tabel excel eke dalam dokumen ms word, anda dapat melakukannya dengan hal berikut:
    1. Letakkan kursor pada posisi object worksheet akan dibuat / disisipkan
    2. Klik ribbon Insert
    3. Klik tombol Tabel
    4. Lalu pilih item Excel Spreadsheet
    5. Kemudian isikan data dan atur format untuk tabel anda
    6. Klik pada area kosong di luar tabel untuk menutup mode pengeditan tabel
    7. Selanjutnya untuk mengedit tabel tersebut dapat dilakukan dengan cara double click pada tabel , atau klik kanan pada tabel kemudian pilih item Worksheet Object lalu pilih sub item Edit

    Gambar: Contoh beberapa baris ketikan dalam satu sel microsoft excel

    Tips Cara Membuat/Menyisipkan Tabel Ms Excel dalam file dokumen microsoft Word

    Cara Agar Teks Tidak Bisa Dipindahkan Dengan Mouse

    Saat mengedit dokumen terkadang tombol mouse yang kita gunakan secara tidak sengaja memindahkan dan mengacak teks ketikan yang telah kita susun dengan rapi. Atau mungkin kita dengan sengaja ingin membuat agar tombol mouse hanya berfungsi untuk memblok teks ketikan saja sehingga kita tidak perlu takut teks akan berpindah karena kita salah klik tombol mouse. Untuk membuat agar teks ketikan tidak dapat dipindahkan dengan tombol mouse anda dapat menggunakan cara berikut :
    1. Klik tombol office
    2. Lalu klik tombol Word Options
    3. Pada dialog Word Options pada panel bagian kiri pilih item Advanced
    4. Pada bagian Editing Options hilangkan tanda check pada item Allow text to be dragged and dropped
    5. Lalu klik tombol OK

    Gambar: Cara mengaktifkan tombol Insert untuk Paste di Microsoft Word

    Tips Cara Agar Teks Tidak Bisa Dipindahkan Dengan Mouse di Microsoft Word

    Bila anda ingin kembali dapat memindahkan teks ketikan dengan menggunakan mouse maka berikan kembali tanda check pada opsi item Allow text to be dragged and dropped.

    Cara Memindahkan Teks Dengan Mouse di Ms Word

    Mouse merupakan perangkat komputer yang sudah menjadi keharusan. Mouse sangat penting, bahkan bagi sebagian besar orang yang bekerja dengan komputer, jika bekerja tanpa mouse serasa ada bagian yang hilang yang dapat sangat menganggu performa kerja. Mouse mempermudah kita untuk melakukan hal-hal yang penting, bahkan tidak sedikit orang yang yang lebih memilih bekerja dengan menggunakan mouse daripada menggunakan keyboard meskipun tahu bahwa akan lebih cepat menggunakan keyboard. Entah kenapa serasa ada lem pada telapak tangan yang memegang mouse. :D Sebagai contoh, sebagian orang tentu akan lebih memilih membuat format font tebal (BOLD) dengan menggunakan klik mouse pada tombol BOLD yang ada di ribbon Home daripada menekan tombol keyboard "CTRL+B".

    Salah satu penggunaan mouse di Microsoft Word adalah untuk memindahkan teks ketikan. Microsoft word memberikan keleluasaan bagi kita untuk mengatur konfigurasi untuk memindahkan teks dengan menggunakan mouse. Bila microsoft word anda belum dapat memindahkan teks dengan mouse anda dapat mengaturnya dengan menggunakan langkah berikut:

    1. Klik tombol office
    2. Lalu klik tombol Word Options
    3. Pada dialog Word Options pada panel bagian kiri pilih item Advanced
    4. Pada bagian Editing Options berikan tanda check pada item Allow text to be dragged and dropped
    5. Lalu klik tombol OK

    Gambar: Cara mengaktifkan tombol Insert untuk Paste di Microsoft Word

    Selanjutnya untuk memindahkan teks dengan mouse anda bisa menggunakan langkah berikut:
    1. Blok teks ketikan yang akan dipindahkan
    2. Klik pada bagian blok teks tersebut dan tahan tombol mouse anda
    3. Drag dan bawa pada bagian/lokasi dimana tulisan akan dipindahkan lalu lepaskan tombol mouse

    Selain cara tersebut di atas, masih ada cara lainnya untuk memindahkan teks ketikan dengan menggunakan mouse, yang menurut saya adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan tanpa harus merubah opsi (Word Options) dari aplikasi microsoft word anda, yakni dengan menggunakan tombol CTRL dan klik kanan tombol mouse. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan berikut:

    1. Blok teks ketikan yang akan dipindahkan
    2. tahan tombol keyboard CTRL , lalu klik kanan mouse pada lokasi tempat teks akan dipindahkan
    3. Teks ketikan yang sudah anda blok tadiakan segera dipindahkan ke lokasi baru yang telah anda pilih tadi

    Tips Cara Memindahkan Teks Dengan Mouse di Microsoft Word

    Bila lokasi teks yang baru cukup jauh dari sebelumnya, anda bisa zoom out terlebih dahulu agar dokumen/kertas bisa lebih terlihat dengan utuh atau untuk mempercepat perpindahan halaman.

    Tips dan Trik Menghapus Ketikan Menggunakan di Ms Word

    Menghapus ketikan berupa huruf, kata ataupun kalimat merupakan hal yang lumrah dan sering kita lakukan ketika membuat dokumen dengan menggunakan Microsoft Word. Penghapusan ketikan dengan keyboard umumnya dilakukan dengan menggunakan tombol DELETE atau Backspace. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih jauh tentang berbagai cara penghapusan dengan menggunakan tombol DELETE dan BACKSPACE yang dapat anda lakukan untuk mempercepat proses pengeditan.

    Menghapus dengan tombol CTRL+DELETE

    Penghapusan akan dilakukan untuk huruf/karakter yang berada di sebelah kanan dari kursor hingga akhir dari sebuah kata. Sebagai contoh, bila anda mengetik "contoh dihapus", kemudian meletakkan kursor teks di antara kedua kata tersebut (setelah kata contoh) lalu anda menekan tombol CTRL+DELETE , maka kata "dihapus" akan dihilangkan.

     

    Menghapus dengan tombol CTRL+BACKSPACE

    Penghapusan akan dilakukan untuk huruf/karakter yang berada di sebelah kiri dari kursor hingga akhir dari sebuah kata. Sebagai contoh, bila anda mengetik "contoh dihapus", lalu meletakkan kursor teks di antara kedua kata tersebut (setelah kata contoh) kemudian anda menekan tombol CTRL+BACKSPACE , maka kata "contoh" akan dihilangkan. Gambar: sepotong keyboard

     

    Menghapus dengan tombol SHIFT+DELETE

    Penghapusan dengan menggunakan SHIFT+DELETE sama halnya dengan perintah CUT di Microsoft Word. Sebagai contoh, bila anda mengetik "contoh dihapus", kemudian blok teks tersebut, lalu anda menekan tombol SHIFT+DELETE, maka kata "dihapus" akan dihilangkan dan disimpan di clipboard windows.

     

    Tips Cara Menghapus Ketikan Menggunakan tombol DELETE di Ms Word

    Anda bisa paste teks yang dihapus dengan tombol SHIFT+DELETE seperti halnya paste biasa dengan menekan tombol CTRL+V .

    Cara Menghitung Otomatis di Ms Word tanpa Kalkulator

    Microsoft word memiliki fasilitas untuk melakukan perhitungan matematika sederhana yang hanya menggunakan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan pemangkatan. Jadi bila anda sedang membuat dokumen dan hanya perlu melakukan operasi sederhana pada angka tertentu maka anda tidak perlu repot-repot membuka program calculator apalagi microsoft excel. Anda cuma perlu memblok operasi matematika yang harus dilakukan atau memblok nilai atau angka yang ingin dijumlahkan kemudian klik tombol Formula. Sebagai contoh, bila teks yang anda ketikan adalah 5-4+3^2 maka hasil yang didapat adalah 10 (?). Yang pertama dihitung adalah 3^2 (3 pangkat 2)= 9, selanjutnya 5-4 = 1. Terakhir 1 + 9 = 10. Untuk dapat melakukan perhitungan rumus atau formula tersebut anda harus memunculkan terlebih dahulu tombol Calculate yang disediakan oleh Microsoft Word ke Quick Access Toolbar, berikut caranya :

    Gambar: Cara menambah tombol Calculate ke quick access toolbar  di microsoft word

    Langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan tombol Calculate tersebut :
    1. Ketik rumus angka yang ingin anda hitung atau ketahui hasilnya, misalkan 5-4+3^2
    2. Selanjutnya blok teks tersebut
    3. Kemudian klik tombol Calculate yang telah anda tambahkan tadi
    4. Perhatikan. Hasil perhitungan akan ditampilkan sebentar pada status bar di microsoft word

    Gambar: Cara merubah gambar bullet di microsoft word

    Tips Cara Cara Melakukan Perhitungan Otomatis di Ms Word tanpa Kalkulator

    • Anda dapat melakukan Paste hasil perhitungan dengan menekan tombol CTRL+V
    • Untuk mendapatkan hasil yang `Rumus yang anda gunakan juga dapat menggunakan tanda kurung buka "(" dan kurung tutup ")"

    Cara Mengatur Mode Overtype/Penimpaan Ketikan di Ms Word

    Mode Overtype (bagi sebagian orang kadang disebut overwrite) atau mode penimpaan ketikan merupakan salah satu mode pengetikan di microsoft word dimana ketika kita menekan sebuah tombol/mengetikkan sebuah karakter maka karakter (misal huruf/angka) yang ada pada posisi kursor akan dihapus dan diganti (ditimpa) dengan karakter baru. Mode ini sering digunakan untuk mempercepat proses pengetikan karena kita sambil mengetik juga dapat menghapus ketikan (yang salah) yang sudah kita ketik. Untuk mengatur mode pengetikan overtype biasanya digunakan tombol insert. Bila menekan tombol insert maka bila mode overtype belum diaktifkan maka mode overtype akan segera diaktifkan. Begitu juga sebaliknya, bila telah aktif dan dan tombol insert ditekan maka mode overtype akan dinonaktifkan. Agar microsoft word anda dapat melakukan pengetikan dengan mode overtype maka anda dapat mengikuti langkah berikut:
    1. Klik tombol Office
    2. Lalu klik tombol word options
    3. Selanjutnya pada dialog Word Options pilih item item Advanced
    4. Pada bagianEditing Options berikan tanda check pada item Use the Insert key to Control Overtype Mode dan berikan tanda check juga pada item Use overtype mode
    5. Klik tombol OK
    6. Selanjutnya anda akan dapat melakukan proses editing dengan overtype mode

    Gambar: Cara mengaktifkan tombol Insert untuk Paste di Microsoft Word

    Tips Cara Mengatur Mode Overtype/Penimpaan Ketikan di Ms Word

    Anda juga dapat menggunakan tombol insert untuk paste di microsoft word. Oleh karena itu hanya salah satu yang bisa menggunakan tombol insert, apakah untuk penggunaan overtype mode atau untuk paste microsoft word.

    Cara Paste dengan Tombol Insert di Ms Word

    Kita biasa melakukan paste dari clipboard dengan menggunakan tombol CTRL+V . cara lain untuk paste adalah dengan menggunakan tombol insert (INS) . Tombol Insert biasanya digunakan untuk beralih mode pengeditan "overwrite" atau "overtype". Maksudnya, jika anda mengetik sebuah huruf maka huruf yang telah ada (pada posisi kursor teks) akan digantikan dengan yang baru. Hal ini sering dilakukan pada zaman dulu saat microsoft word bersaing dengan WordStar. Tetapi dengan mode antarmuka grafis seperti windows, "tanda" overwrite biasanya tidak terlihat dan ketikan kita menjadi terhapus secara tidak sengaja. Oleh karena itu salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan merubah tombol insert menjadi tombol Paste dokumen. Keuntungan yang diperoleh diantaranya adalah anda bisa melakukan paste lebih cepat.

    Untuk membuat tombol Insert untuk paste text/gambar dari clipboard anda bisa menggunakan langkah berikut:

    1. Klik tombol Office
    2. Lalu klik tombol word options
    3. Selanjutnya pada dialog Word Options pilih item item Advanced
    4. Pada bagian Cut, copy, and paste berikan tanda check pada item Use the Insert key for paste
    5. Klik tombol OK
    6. Selanjutnya anda akan melakukan paste dengan menggunakan tombol Insert

    Gambar: Cara mengaktifkan tombol Insert untuk Paste di Microsoft Word

    Tips Cara Paste dengan Tombol Insert di Microsoft Word

    Bila anda tidak ingin merubah Word Options untuk paste dengan tombol insert, anda masih bisa melakukan paste dengan tombol insert dengan cara menekan tombol SHIFT+INSERT.

    Cara Mempercepat Loading Dokumen Ms Word

    Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang paling banyak dipakai untuk membuat dokumen. Sering kali ukuran dokumen yang kita buat dapat mejadi sangat besar karena memang isinya memang banyak. Dengan semakin banyaknya grafik, tabel, font yang berbeda, ataupun format lainnya maka akan membuat ukuran file dokumen menjadi semakin besar dan kompleks. Hal ini tentunya akan dapat mempengaruhi atau memperlambat penampilan dokumen di layar. Untuk mengatasinya lambatnya penampilan dokumen di layar, atau dengan kata lain mempercepat penampilan dokumen dilayar, maka salah satu cara yang dapat digunakan adalah menggunakan "Draft Font". Untuk mengaktifkan draft font anda dapat melakukannya dengan mengatur Word Options. Berikut langkah-langkahnya:
    1. Klik tombol Office
    2. Lalu klik Word Options
    3. Pada dialog Word Options pada panel bagian kiri pilih Advanced
    4. Selanjutnya pada panel bagian kanan cari bagian Show document content
    5. Lalu berikan tanda check pada item Use Draft Font in Draft and Outline views kemudian atur font dan ukuran font yang anda gunakan.
    6. Klik tombol OK
    7. Dokumen Microsoft Word anda selanjutnya akan ditampilkan lebih cepat.

    Gambar: Cara merubah gambar bullet di microsoft word

    Tips Cara Mempercepat Loading Dokumen Microsoft Word

    Untuk mempercepat tampilan dokumen ubah view dokumen ke dalam bentuk Draft atau Outline melalui ribbon View.

    Cara Menampilkan/Menyembunyikan Scroll Bars Ms Word

    Scroll bar digunakan untuk melihat bagian dokumen yang belum terlihat, baik itu ke arah horizontal maupun vertikal. Dengan melihat pada tombol scroll bar kita juga bisa menduga, kira-kira sudah berapa persen atau bagian dokumen mana yang sekarang sedang kita lihat. Penggunaan Scroll bar membutuhkan klik dari mouse. Oleh karena itu penggunaan mouse adalah hal yang fundamental dalam mengakses dokumen melalui scroll bar. Bila anda ingin "memaksa" pembaca untuk menggunakan keyboard, maka salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menyembunyikan scroll bar. Dengan menyembunyikan scroll bar anda juga mendapat sedikit tambahan luas area yang digunakan untuk melihat dokumen. Untuk menyembunyikan atau menampilkan scroll bar microsoft word baik itu vertical scroll bar maupun horizontal scroll bar, anda bisa menggunakan langkah berikut :
    1. Klik tombol Office
    2. Klik tombol Word Options
    3. Pada dialog Word Options, pada panel sebelah kiri pilih item Advanced
    4. Selanjutnya pada panel sebelah kanan cari bagian Display
    5. Untuk menampilkan horizontal scroll bar berikan tanda check pada item Show horizontal scroll bar atau hilangkan tanda check pada item tersebut untuk menyembunyikan horizontal scroll bar microsoft word.
    6. Untuk menampilkan vertical scroll bar berikan tanda check pada item Show vertical scroll bar atau hilangkan tanda check pada item tersebut untuk menyembunyikan vertical scroll bar microsoft word.
    7. Klik tombol OK
    8. Horizontal dan vertical akan dimunculkan atau disembunyikan sesuai dengan tanda check yang anda berikan.

    Gambar: Cara menyembunyikan dan menampilkan scroll bar di microsoft word

    Tips Cara Menampilkan atau Menyembunyikan Scroll Bars Microsoft Word

    Sebaiknya scroll bar tetap dimunculkan kecuali pada saat benar-benar perlu untuk disembunyikan. Anda juga bisa "usil" kepada teman anda dengan menyembunyikan scroll microsoft word. Bila teman anda tidak terbiasa dengan keyboard pasti akan merasa "aneh" :D

    Cara Mengatur Folder/Direktori Kerja Dokumen Ms Word

    Microsoft word merupakan perangkat lunak pngolah kata yang sering kita gunakan untuk membuat naskah / dokumen kerja. Biasanya kita menyimpan file kita tidak di folder "My Document" (yang secara default berada di drive C: ) akan tetapi file yang kita buat justru disimpan pada drive D:, E:, atau mungkin di flashdisk. File-file tersebut biasanya kita simpan pada folder tertentu dan mungkin pada folder yang cukup dalam, seperti "D:\Data\Proyek \Surat", atau mungkin "E:\Kuliah\Semester 3\ilmu komputer\tugas", dan lain sebagainya. Secara default direktori kerja Microsoft word berada pada "Documents" atau "My Documents". Dengan demikian saat kita hendak menyimpan atau membuka file maka kita harus membuka terlebih dahulu folder tempat kita biasa menyimpan file. Untuk melakukan hal tersebut setidaknya kita harus melakukan 3-4 buah klik, tergantung pada kedalaman folder penyimpanan kita. Bila hal tersebut dilakukan setiap kali kita akan membuka atau menyimpan file tentu akan membuang waktu kita secara percuma. Akan lebih baik jika saat kita akan membuka dan menyimpan file folder yang dibuka berada langsung pada folder tempat kita menyimpan file, atau setidaknya kita tinggal memilih sebuah sub folder dengan satu buah klik lagi saja. Untuk membuat microsoft word langsung membuka folder kerja kita saat proses penyimpanan dan pembukaan file, hal yang harus kita lakukan adalah merubah opsi lokasi file microsoft word. Cara untuk merubah working folder microsoft word tersebut dapat anda gunakan langkah berikut:
    1. Klik tombol Office
    2. Lalu klik tombol Word Options
    3. Pada dialog Word Options pada panel sebelah kiri pilih item Save
    4. Selanjutnya pada panel sebelah kanan isikan kotak Default File Location dengan folder milik anda atau klik tombol Browse yang ada di sebelah kanannya untuk memilih sebuah folder
    5. Klik tombol OK untuk menyimpan dan menutup dialog

    Gambar: Cara merubah gambar bullet di microsoft word

    Tips Cara Merubah Direktori/Folder Kerja Dokumen Microsoft Word

    • Pengaturan lokasi file default hanya akan berlaku pada saat anda pertama kali membuka folder saat penyimpanan atau membuka file dokumen. Untuk selanjutnya folder yang akan digunakan adalah folder terakhir kali anda membuka atau menyimpan file dokumen.
    • Selain dengan mengubah lokasi file default, anda membuka langsung folder dengan menggunakan shortcut file.
    Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
    Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
     

     
    dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
     

     
    TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
     
    Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.