Cara Mengatasi Adobe Flash Plugin Yang Crashed

Oleh
Lagi asik-asiknya browsing tiba-tiba gak tau kenapa mozilla firefox tidak merespon dan ketika mencoba klik jendela aplikasi yang lain ternyata juga ternyata gak ada respon, laptop seperti hang. Setelah beberapa saat berlalu proses seperti kembali menjadi normal. Semua tampak seperti tidak terjadi apa-apa. Tetapi setelah diperhatikan ternyata di Firefox ada gambar hitam dengan tulisan The Adobe Flash plugin has crashed. Tidak tahu kenapa, disebabkan oleh apa, pokoknya flash crash. Ternyata release adobe flash yang saya gunakan belum stabil. Ya sudah. Restart lagi. Pada awalnya saya terpaksa restart firefox tapi lama kelamaan cuma reload/refresh saja page yang ada flashnya.

 Gambar:  Contoh tampilan flash yang crash

Menjengkelkan memang kalau adobe flash plugin sudah crash karena biasanya akan kembali crash lagi, lagi dan lagi. Dan itu berarti akan restart dan restart lagi. Mau tidak mau harus diperbaiki. Cari tahu sana sini akhirnya disimpulkan ada dua cara atau solusi untuk mengatasi problem adobe flash yang suka crash tersebut: Update dengan versi installan terbaru, atau downgrade alias gunakan versi sebelumnya.

Update Flash dengan versi terbaru

Solusi ini relatif lebih mudah untuk dilakukan.
  1. Pertama-tama dowload dari download flash terbaru dari adobe atau anda bisa langsung download flash Player Installer versi windows.
  2. Kemudian setelah download beres lakukan proses instalasi dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.
  3. Jangan lupa, sebelum melakukan instalasi agar keluar/menutup jendela firefox terlebih dahulu.

Downgrade Flash dengan versi sebelumnya

Adobe flash yang sering crash adalah versi 11.3. Bila kita tidak menggantinya dengan yang lebih baru maka kita gunakan saja versi sebelumnya yang lebih stabil, yakni versi 10.3. Langkah yang diperlukan adalah uninstall versi 11.3 lalu install adobe flash 10.3.
  1. Untuk melakukannya anda harus download terlebih dahulu dua buah program untuk flash player dari Adobe. Anda harus download uninstaller flash player dan juga harus download install Flash player versi 10.
  2. Kemudian tutup aplikasi mozilla firefox
  3. Lalu jalankan terlebih dahulu program uninstaller flash player yang tadi anda download
  4. Setelah selesai selanjutnya jalankan program install Flash player versi 10.
  5. Ikuti instruksi yang diberikan.


 

Tips Cara Mengatasi Adobe Flash Plugin Yang Crashed

Bila anda mengalami masalah dengan adobe flash, saran saya gunakanlah cara yang pertama (update flash). Selain bisa memperbaiki juga untuk menjaga kompatibilitas.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatasi Adobe Flash Plugin Yang Crashed. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.