Merubah Angka Menjadi Huruf di Ms Excel

Oleh
Bagaimana cara membuat atau mengubah angka menjadi huruf? Bagaimana cara agar angka yang kita ketik berubah otomatis menjadi rangkaian kata dalam rupiah yang bisa dibaca sesuai dengan nilai yang kita berikan? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering muncul disaat kita hendak mencetak pada kuitansi atau kertas lainnya yang dapat digunakan sebagai bukti yang berkaitan dengan uang, baik berupa pembayaran maupun penerimaan dari barang atau jasa yang diberikan. Tentu pasti sangat membantu dan menghemat waktu seandainya kita tinggal ketik angka sekian rupiah lalu dibawahnya muncul otomatis kata-kata atau tulisan yang menyebutkan bahwa nilai tersebut adalah sekian juta sekian ratus ribu sekian rupiah, seperti ada proses otomatis translate angka ke huruf. Dengan demikian kita tidak perlu lagi mengetik secara manual nilai rupiah tersebut terbilang dalam kata-kata. Enak betul bukan? Jadi kalau ada kesalahan ketik angka atau ada penggantian nilai kita tinggal ketik saja angkanya. Untuk isian yang ada di bagian terbilang yang ada di kuitansi akan muncul kata-kata yang menyatakan jumlah sesuai dengan yang tertera. Beres! :D

Untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan sebuah fungsi di microsoft excel, yang kita namakan fungsi terbilang yang akan melakukan konversi angka menjadi tulisan. Fungsi ini tidak disediakan oleh excel, jadi kita harus membuatnya sendiri menggunakan Visual Basic Application (VBA). Tapi jangan berkecil hati, kode program fungsi terbilang tersebut sudah dibuat oleh aimyaya.com anda tinggal menggunakannya. OK. Berikut langkah yang harus lakukan untuk menambahkan fungsi terbilang dalam dokumen excel anda.

Tapi.. sebelum anda membaca lebih jauh, bila waktu anda terbatas atau anda tidak sabaran maka anda bisa langsung saja download file fungsi terbilang dan contoh pemakaiannya. Tapi bila anda ingin mempelajari lebih jauh (melakukannya sendiri) silahkan teruskan membaca langkah-langkah yang harus dilakukan berikut ini.

  1. klik untuk membuka kode program VBA fungsi terbilang pada jendela baru.
  2. Copy seluruh kode program tersebut, caranya tekan tombol keyboard CTRL+A untuk memilih semua kode (select all), lalu tekan CTRL+C untuk menyimpan (copy) dalam clipboard windows.
  3.  Gambar: kode program VBA fungsi terbilang
  4. Selanjutnya buka jendela aplikasi microsoft excel
  5. Klik tab ribbon Developer lalu klik tombol Visual Basic, atau cara cepatnya tekan saja tombol shortcut ALT+F11.
  6.  Gambar: Mengakses VBA
  7. Selanjutnya klik menu Insert, lalu pilih Module
  8.  Gambar: Membuat modul VBA baru
  9. Kemudian pada jendela module tekan tombol CTRL+V atau Paste kode program yang sudah dicopy dari aimyaya.com tadi.
  10.  Gambar: Paste / menempelkan kode program untuk fungsi terbilang pada modul VBA
  11. Buka kembali jendela Microsoft excel, atau tekan kembali tombol ALT+F11.
  12. Coba untuk mengggunakan fungsi tersebut, ketik sebuah nilai lalu gunakan fungsi terbilang (lihat contoh penggunaan pada gambar berikut)
  13.  Gambar: Contoh pemakaian fungsi terbilang
  14. Kini anda bisa menggunakan fungsi terbilang dalam dikumen anda yang dapat adigunakan untuk merubah angka menjadi huruf. Angka terbanyak untuk konversi hanya bisa terdiri dari 15 digit atau tepatnya ± 922337203685477. Berikut merupakan kelebihan fungsi terbilang aimyaya dan contoh penggunaannya:
    • =terbilang(C2) untuk menampilkan terbilang sesuai apa adanya (Termasuk sen bila ada)
    • =terbilang(C2,0) untuk menampilkan terbilang tanpa menggunakan sen.
    • =terbilang(C2,0, "Poin") untuk menampilkan terbilang dengan kata "Rupiah" diganti menjadi "Poin".
  15. Selanjutnya simpan dokumen tersebut dengan menekan tombol CTRL+S. Karena menggunakan macro dalam dokumen, maka anda harus menyimpannya dalam format Excel Macro-Enabled Workbook(*.xlsm) .

 Gambar: Menyimpan dokumen dalam format Excel Macro Enabled  Workbook (*.xlsm)



 

Tips Merubah Angka Menjadi Huruf di Microsoft Excel

  • Bila anda mengalami kesulitan, silahkan saja download file microsoft excel dengan contoh pemakaian fungsi terbilang di atas.
  • Bila suatu saat anda membuka kembali pekerjaan anda tersebut, microsoft excel otomatis akan menanyakan apakah macro yang ada akan digunakan atau tidak. Untuk mengaktifkan dan dapat menggunakan fungsi terbilang maka anda harus memilih Enable Macros.
  •  Gambar: Memperbolehkan / mengizinkan penggunaan macro untuk dokumen
  • Atau jika anda mendapati Peringatan berupa security Warning dan penggunaan macro ditiadakan (disabled), maka klik tombol Options.
  •  Gambar: Mengatur opsi untuk penggunaan makro
  • Lalu pada dialog Microsoft Office Security Options yang muncul pilih Enable the content lalu klik tombol OK.

 Gambar: Memperbolehkan penggunaan makro dalam dokumen




Terima kasih telah membaca Merubah Angka Menjadi Huruf di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.