Cara Intall Font di Windows 8/7/Vista/XP

Oleh
Font merupakan karakter atau simbol yang ditampilkan saat anda mengetik. Jenis font style yang paling sering digunakan adalah arial, times new roman, gothic dan akhir-akhir ini font calibri yang menjadi default di microsoft office. Untuk membuat tulisan cantik kita membutuhkan font unik dan keren seperti font graffiti. Bila font tersebut tidak tersedia di komputer/laptop maka kita harus download font graffiti tersebut lalu install di komputer/laptop kita terlebih dahulu.
Pengaturan penggunaan font secara detail di atur oleh sistem operasi Windows, linux, atau yang lainnya. Kita hanya perlu menginstall dan menghapus font yang tersedia di sistem komputer saja. File Font yang digunakan umumnya memiliki ekstension .fon dan .ttf (true type fonts). Cara mendapatkan font terbaru biasanya dilakukan dengan download dari internet atau melakukan install program aplikasi desainer grafis seperti coreldraw dan photoshop. Berikut cara untuk menginstall font yang anda peroleh secara manual (copy-paste ataupun download dari internet) pada windows 8/7/vista milik anda.

  1. Pertama-tama jalankan windows explorer lalu buka tempat folder file font yang akan anda install berada
  2. Pilih font yang akan anda instal, misal amsterdam graffiti .
  3. Bila format file masih dalam bentuk .zip maka ekstrak terlebih dahulu, misalkan dengan menggunakan software kompresi Winrar : klik kanan pada file .zip tersebut lalu pilih Extract Here .
  4.  Gambar: Mengekstrak file font yang masih dalam kompresi .ZIP
  5. Selanjutnya akan muncul sebuah file hasil ekstraksi dengan ekstensi file .ttf
  6. Klik kanan file tersebut lalu pilih Install .
  7.  Gambar: Cara install font amsterdam graffiti di windows 8/7/Vista
  8. Selanjutnya Windows akan memulai proses instalasi font amsterdam graffiti. Tunggu proses tersebut selesai. Bila anda menginstal beberapa file font sekaligus maka waktu proses akan semakin lama.
  9.  Gambar: Proses instal font di windows
  10. Setelah selesai coba lihat dengan menggunakan aplikasi yang dapat menggunakan font tersebut misalkan dengan menggunakan Microsoft Word.


 Gambar: Contoh tulisan unik menggunakan font graffiti amsterdam terbaru
` `

 

Tips Cara Intall Font di Windows 8/7/Vista/XP

  • Untuk menginstall font di windows XP copy kan saja file .ttf atau .fon yang anda miliki ke folder C:\Windows\Fonts
  • Bila kompter anda tidak memiliki software untuk mengkompress file seperti Winzip atau Winrar, anda masih bisa membuka dan mengekstrak file zip melalui windows explorer.
  • Bila anda pernah menginstall font dengan nama yang sama, maka anda akan ditanya /konfirmasi apakah font tersebut akan menggantikan font yang sudah ada. Bisa jadi font memiliki nama yang sama tetapi karakter / bentuk huruf dan simbol yang ada di dalam font justru berbeda. Klik tombol Yes untuk mengganti font yang sudah ada.

 Gambar: Konfirmasi untuk mengganti font graffiti amsterdam yang sudah ada dengan yang terbaru

Terima kasih telah membaca Cara Intall Font di Windows 8/7/Vista/XP. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.