Cara Membuat Diagram/Chart di Ms Word 2010

Oleh
Setelah membahas pembuatan chart/grafik berdasarkan data statistik atau data kuantitatif dengan menggunakan microsoft excel. Pada kesempatan kali ini akan membahas pembuatan diagram yang lebih mengutamakan pada data kualitatif, misalkan kita ingin membuat sebuah peta semantik atau yang lebih dikenal dengan Spider Map. Spider map merupakan sebuah diagram yang digunakan untuk menyelidiki dan mempertimbangkan berbagai aspek dari suatu tema atau topik, sehingga semua yang terpikirkan dapat teroganisir dengan baik. Karena bentuknya menyerupai sarang laba-laba makanya diagram tersebut dinamakan spider map. Oya, sekedar menambahkan, data kuantitatif berarti data yang dapat dihitung dengan jumlah atau banyak, misalkan 3 orang, 1,25 kilogram, dan lain sebagainya. sedangkan data kualitatif itu data yang tidak bisa diukur dengan jumlah atau bilangan, misalnya peningkatan iman, dampak positif dan negatif banjir, dan lain sebagainya.

Ok kembali ke topik utama kita. Untuk membuat diagram spider map kita bisa menggunakan template yang telah disediakan oleh microsoft. Dengan demikian kita tidak perlu membuatnya dari awal satu persatu menggunakan shape object. Selengkapnya berikut cara untuk membuat diagram/chart di microsoft word 2010 :

  1. Pertama-tama klik menu File , lalu pilih New
  2. Kemudian pada bagian Office.com templates pilih Charts and diagrams .
  3.  Gambar: Membuat dokumen baru dengan menggunakan template Charts and Diagram di microsoft word 2010
  4. Kemudian dari pilihan yang ada klik Business charts .
  5.  Gambar: Membuat dokumen baru dengan dari kelompok Business charts pada template Charts and Diagram
  6. Selanjutnya dari daftar template yang tersedia, pilih Spider map . Perhatikan pada bagian kanan terlihat preview dan ukuran file template.
  7. Lalu klik tombol Donwload atau double klik template yang dipilih
  8.  Gambar: Membuat dokumen baru dengan template Spider Map
  9. Microsoft word 2010 akan menampilkan dialog Downloading template yang menunjukkan proses download template sedang berlangsung.
  10. Setelah download template selesai, microsoft word otomatis akan membuat dokumen baru untuk template Spider Map tersebut. Silahkan mulai mengetikkan pokok pikiran anda pada dokumen tersebut.


 Gambar: Contoh dokumen baru untuk pembuatan Spider Map



 

Tips Cara Membuat Diagram/Chart di Microsoft Word 2010


  • Selain spider map, masih banyak template yang bisa anda gunakan seperti fishbone diagram, family tree, life cycle map, dan masih banyak lagi.
  • Anda cukup download template sekali saja. Untuk penggunaan berikutnya gunakan saja template hasil download tersebut.

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Diagram/Chart di Ms Word 2010. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.