Cara Membuat Job Description di Ms Word 2010

Job description atau sering juga disebut uraian tugas merupakan salah satu hal penting dalam berorganisasi. Dengan job description yang jelas dan terstruktur, seseorang atau unit organisasi akan mengetahui tugas-tugas apa saja yang menjadi wewenang dan tanggung jawabnya sehingga benturan atau kesimpangsiuran (overlap) pelaksanaaan tugas antar unit organisasi atau orang dapat dihindari. Oleh karena itu, ketika sesuatu masalah terjadi akan dapat segera diketahui unit atau orang yang harus bertanggung jawab cukup hanya dengan melihat uraian tugas yang ada.
Contoh formulir job description yang bisa digunakan sebagai dasar pembuatan uraian tugas telah disediakan oleh microsoft word 2010. Pada formulir tersebut telah ada berbagai item atau isian yang penting dalam pembuatan job description sehingga kita hanya perlu mengisi dengan data yang baik dan benar. Berikut cara membuat sebuah dokumen job description menggunakan microsoft word 2010 :

  1. Pertama-tama klik menu File lalu klik New
  2. Pada daftar pilihan template, pilih Job descriptions
  3.  Gambar: Membuat dokumen Job description (uraian tugas) di Microsoft Word 2010
  4. Selanjutnya pada pilihan berbagai template Job descriptions pilih salah satu di antaranya, misalkan Job description form .
  5. Perhatikan di panel sebelah kanan ada preview dari template tersebut termasuk informasi lainnya seperti pembuat dan ukuran file template
  6. Kemudian klik tombol Download
  7. Gambar: Memilih template Job description (uraian tugas) di Microsoft Word 2010
  8. Dialog downloading template akan segera muncul menandai proses download segera dimulai. Tunggu beberapa saat.
  9.  Gambar: Proses download template Job description (uraian tugas)
  10. Setelah proses download selesai sebuah dokumen baru akan dibuat dengan berdasarkan template Job description form yang telah dipilih tadi.
  11. Lanjutkan dengan mengisikan data pada form tersebut.

 Gambar: Formulir Job description (uraian tugas)



 

Tips Cara Membuat Job Description di Microsoft Word 2010

Pengisian job description yang detail bisa memperjelas perbedaan antara tugas unit organisasi atau orang tetapi bila terlalu jelas bisa menyebabkan timbulnya gap atau blank spot tugas yang tidak dilaksanakan oleh siapapun. Oleh karena itu hal ini juga harus diantisipasi, misalkan dengan menambahkan : Menjalankan tugas lain dari atasan sesuai dengan kewenangannya / tugas pokok fungsinya .

No comments:

Post a Comment