Cara Membuka File .ZIP dengan Windows Explorer

Oleh
ZIP merupakan sebuah format file yang digunakan untuk menyimpan dan mengkompres data. Sebuah file zip bisa berisi banyak file dan folder yang ukurannya telah diperkecil. Pemakaian file berformat .ZIP sudah begitu luas. Anda juga tentunya sering melihat file-file data berukuran besar yang akan anda download umumnya menggunakan format kompresi .ZIP. Oleh karena itu, bila di masa lalu kita masih membutuhkan software kompresi seperti Winzip atau Winrar untuk membuat dan membuka/ekstrak file zip, maka kini dengan windows kita sudah bisa melakukannya di windows explorer tanpa harus melakukan instal software tambahan terlebih dahulu.

Bila anda menginstall Winzip atau winrar anda dapat langsung mengekstrak file zip dengan perintah “Extract here”. Meskipun demikian bila komputer anda belum terpasang winzip atau winrar anda masih bisa membuka atau mengekstrak file yang ada di dalam file .ZIP dengan menggunakan windows explorer seperti langkah berikut :

  1. Pertama-tama buka file .ZIP tersebut dengan windows explorer, baik seperti anda membuka dokumen atau seperti melakukan browser terhadap folder. Atau, anda dapat membukanya dengan memanfaatkan klik kanan lalu pilih Open with , kemudian klik Windows Explorer .
  2.  Gambar: Membuka file zip dengan menggunakan windows explorer
  3. Selanjutnya akan tampil folder (bila ada) dan file yang terdapat di dalam file .zip yang dibuka tadi. Lakukan seperti anda sedang melakukan Browse folder/file di Windows Explorer. Untuk mengekstrak file tersebut klik kanan pada file lalu pilih item Copy .
  4.  Gambar: Menyalin (copy) file yang ada di dalam file zip
  5. Selanjutnya browse kembali melalui windows explorer, pilih tempat file tersebut akan ditaruh / diletakkan. Kemudian klik kanan lalu pilih Paste .
  6.  Gambar: Meletakkan hasil ekstrak file pada folder yang telah dipilih
  7. Tunggu beberapa saat (tergantung banyak sedikitnya file yang akan diekstrak). File tadi akan segera ditempatkan pada lokasi yang anda pilih.
  8. Selanjutnya anda bisa menggunakan file tersebut.

 Gambar: Contoh hasil hasil ekstrak file



 

Tips Cara Membuka File ZIP dengan Windows Explorer


Bila file zip di passsword, maka ketika akan melakukan ekstrak file anda juga diharuskan mengisi password file zip terlebih dahulu. Misalkan seperti tampilan di bawah ini :


 Gambar: Permintaan password sebelum ekstrak file menggunakan windows explorer

Terima kasih telah membaca Cara Membuka File .ZIP dengan Windows Explorer. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.