Cara Memunculkan Developer Tab Ribbon di Ms Office 2010

Pembuatan macro atau menggunakan kode VBA (Visual Basic for Application) sering digunakan dalam aplikasi microsoft office 2010 terutama untuk 3 buah aplikasi wajib: Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint. Dengan menggunakan macro atau kode VBA bisa mempercepat dan banyak membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan, seperti Cara merubah angka Menjadi huruf di Microsoft Excel. Secara default tab ribbon Developer tidak dimunculkan dalam aplikasi microsoft office. Oleh karena itu kita harus memunculkan sendiri ribbon tersebut.
Untuk memunculkan ribbon Developer di Microsoft Excel, Microsoft Word, ataupun Microsoft Powerpoint 2010 dapat dilakukan dengan menggunakan langkah berikut:

  1. Klik tab File yang ada dibagian kiri atas aplikasi
  2. Kemudian klik Options
  3.  Gambar: Mengakses Options Microsoft Word 2010
  4. Selanjutnya pada dialog Options (Word Options, Excel Options atau Powerpoint Options, tergantung aplikasi) pada panel bagian kiri pilih Customize Ribbon
  5. Lalu pada panel bagian kanan berikan tanda check pada item Developer
  6. Lalu klik tombol OK
  7. Selanjutnya tab ribbon Developer kini akan muncul pada aplikasi


 Gambar: Cara memunculkan tab ribbon Developer di Microsoft Word



 

Tips Cara Memunculkan Developer Tab Ribbon di Microsoft Office 2010

  • Contoh di atas menggunakan Microsof Word 2010, tetapi dengan cara yang sama anda juga bisa memunculkan pada Microsoft Excel atau Microsoft Powerpoint.
  • Bila anda tidak membutuhkan lagi fasilitas yang ada di ribbon Developer sebaiknya anda menyembunyikan lagi tab ribbon Developer tersebut .

1 komentar: