Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Oleh
Pencetakan merupakan bagian penting dari pembuatan dokumen di kantor. Saat menjumpai hasil print bergaris kita tentu kecewa. Bila cuma sekedar rancangan atau draft tentu tidak terlalu menjadi masalah tetapi bila akan dijadikan dokumen laporan akhir yang siap dtandatangani biasanya atasan meminta kita untuk membuat print dokumen yang benar-benar bersih dari guratan/garis.
Guratan atau garis pada hasil cetak biasanya dihasilkan dari printer yang memiliki headprint yang kotor sehingga menyumbat saluran tinta. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kita menggunakan tinta yang tidak cocok atau kurang bagus mutunya, atau mungkin juga karena kita telah lama tidak menggunakan printer tersebut sehingga tinta printer yang ada pada cartridge dan head printer menjadi kering. Bila kerusakan printer belum terlalu parah kita bisa memanipulasi atau mengatasi masalah tersebut dengan mengatur setting / konfigurasi printer yang ada di Windows. Bila biasanya kita menggunakan mode draft atau normal, maka kita bisa mencobanya dengan menaikkan kualitas cetak menjadi kualitas cetak image atau mungkin foto. Untuk lebih jelasnya lihat contoh cara mengatasi hasil print bergaris melalui aplikasi microsoft word 2010 berikut ini:

  1. Pertama-tama tampilkan dialog atau fasilitas print dokumen, caranya klik menu File lalu pilih Print , atau singkatnya tekan tombol CTRL+P
  2. Kemudian pilih printer yang akan digunakan, misalkan printer EPSON TX121 Series lalu klik Printer Properties
  3.  Gambar: Memilih printer dan menampilkan printer properties
  4. Selanjutnya pada dialog Properties dari Printer (misalkan kita menggunakan printer TX121) pilih tab Maintenance
  5. Selanjutnya klik tombol untuk Head Cleaning
  6. Setelah itu coba lakukan Nozzle Check , lalu lihat hasil cetaknya.
  7. Bila tampilan garis yang keluar masih belum bagus (terputus atau ada guratan), coba ulangi kembali proses Head Cleaning printer, bila perlu lakukan hingga beberapa kali.
  8.  Gambar: Melakukan Head Cleaning printer
  9. Setelah melakukan Head Cleaning , pilih tab Main ,
  10. Kemudian pilih opsi Text & Image pada Quality Option .
  11. Lalu klik tombol OK .
  12. Kemudian pada aplikasi Microsoft Word Klik tombol Print .
  13. Lihat hasil cetak anda. Biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Bila belum berhasil juga, coba lakukan kembali Head Cleaning atau naikkan kualitas cetak menjadi Foto atau Best Photo .

 Gambar: Merubah kualitas cetak printer menjadi lebih tinggi (Text & Image)



 

Tips

  • Contoh di atas menggunakan Printer Epson TX121 . Properties dari masing-masing printer bisa saja berbeda.
  • Bila hasil cetak pada kualitas Text & Image lebih bagus tetapi bila untuk mencetak pada mode Normal masih jelek, maka sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan servis printer.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.