Cara Merubah URL Blog di Blogger

URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, yang menunjukkan alamat dokumen dan sumberdaya (resources) yang ada di internet. Anda biasanya melihat url ini di kotak addres bar yang terletak di bagian atas pada browser internet anda baik itu mozilla firefox, opera, chrome, Internet Explorer dan lainnya. Kalau bahasa mudahnya, itu adalah alamat www seperti www.google.blogspot.com, www.indonesia.go.id, atau pun www.aimyaya.com 😀
URL merupakan salah satu syarat utama untuk membuat blog gratis di bloggger. Setelah URL dibuat kita masih bisa merubah URL tersebut dengan syarat URL tersebut belum dipakai oleh blog lain atau pun tidak termasuk yang dicadangkan. Untuk mengubah URL blog milik anda yang terpasang di blogger atau blogspot ikuti langkah berikut :

  1. Buka browser Internet anda (mozilla firefox, chrome, dsb) lalu ketik www.blogger.com/home untuk masuk atau login ke akun blogger anda.
  2. Selanjutnya pilih blog yang akan diganti URL nya
  3. Selanjutnya pada pilihan pengaturan blok klik Settings (atau Setelan dalam bahasa Indonesia)
  4.  Gambar: Mengatur setting blog di blogger
  5. Kemudian pilih tab Basic (atau Dasar).
  6. Pada panel di sebelah kanan cari kotak Blog address atau Alamat Blog yang ada di bagian Publishing / Penerbitan
  7. Selanjutnya klik Edit untuk mengubah alamat blog
  8.  Gambar: Mengedit alamat blog di blogger
  9. Kemudian isikan nama blog (sub domain) pada kotak yang disediakan lalu klik tombol Save atau Simpan untuk menyimpan alamat blog yang baru
  10. Bila alamat yang baru tidak valid (sah) untuk digunakan maka akan diberikan pesan subdomain xxxx is not available dan anda harus mencoba dengan nama sub domain yang lain.
  11. Bila anda tidak jadi merubah alamat blog anda maka klik tombol Cancel atau Batal.
  12.  Gambar: Merubah atau mengganti alamat blog (gagal) di blogger

 

Tips Cara Merubah URL Blog di Blogger

Untuk mengganti nama blog dan deskripsi blog dapat anda lakukan di bagian Basic atau anda dapat lihat pada cara merubah nama dan deskripsi blog di Blogger.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *