Membuat Screenshot di Microsoft Office 2010

Oleh
Kita sering membutuhkan tampilan layar atau screen shot di laptop atau komputer kita untuk disertakan dalam dokumen atau mungkin ditayangkan dalam presentasi. Bila kita biasanya menggunakan “cara lama” dengan memanfaatkan bantuan tombol printscreen (atau PrtSc) maka untuk aplikasi microsoft office 2010 kita telah disediakan fasilitas khusus untuk mendapatkan screenshot. Oleh karena itu, bagi anda yang sering menggunakan Microsoft Word, Excel dan Powerpoint, anda dapat dengan mudah memanfaatkan fasilitas screenshot yang telah disediakan tersebut untuk melakukan screen capture. Keuntungan dari fasilitas ini adalah gambar yang disisipkan dalam dokumen sesuai dengan pilihan kita sehingga kita tidak perlu melakukan crop gambar lagi. Berikut cara untuk membuat screenshot dalam aplikasi microsoft office 2010:

  1. Pertama-tama siapkan tampilan layar sesuai dengan yang diharapkan
  2. Kemudian aktifkan salah satu aplikasi Microsoft office 2010 anda, , baik microsoft word, excel atau powerpoint.
  3. Klik tab ribbon Insert
  4. Lalu klik tombol Screenshot
  5. Selanjutnya anda akan melihat beberapa tampilan jendela aplikasi yang sedang terbuka, Pilih salah satunya jika ingin semua (satu jendela penuh) dari aplikasi tersebut. Jika ingin hanya sebagian dari layar maka klik tombol Screen Clipping
  6.  Gambar: Cara membuat screenshot dengan menggunakan Microsoft Word 2010
  7. Pada saat anda memilih screen clipping , tampilan aplikasi microsoft word yang aktif akan disembunyikan (hidden), dan anda bisa langsung memilih (crop) area layar yang akan diambil dengan cara klik dan drag (tarik sambil menekan tombol mouse).
  8.  Gambar: Mengambil sebagian layar menggunakan aplikasi Microsoft Office  2010
  9. Setelah tombol mouse dilepas area gambar layar yang dipilih akan langsung dimasukkan ke dalam dokumen atau presentasi anda.
  10. Selanjutnya anda bisa mengatur gambar tersebut lebih jauh.

 Gambar: Contoh hasil pembuatan screen shot (screen capure)


 

Tips Membuat Screenshot di Microsoft Office 2010


Sayangnya fasilitas screenshot yang tersedia di aplikasi Microsoft Office 2010 tidak diperuntukkan untuk mengambil gambar untuk aplikasi yang aktif. Misalkan anda sedang bekerja menggunakan microsot Word, maka untuk mengambil gambar screenshot dari aplikasi tersebut anda harus menggunakan aplikasi office yang lain, misalnya dengan menggunakan microsoft excel atau powerpoint, setelah itu hasilnya anda copy dan paste di microsoft word. Atau bila tidak, maka anda harus menggunakan cara lama seperti cara untuk membuat screen capture di windows.

Terima kasih telah membaca Membuat Screenshot di Microsoft Office 2010. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.