Rumus Keliling Lingkaran

Oleh
Lingkaran merupakan kurva tertutup dimana jarak dari semua titik pada garis kurva ke sebuah titik pusat (lingkaran) berjarak sama. Aplikasi lingkaran dalam kehidupan nyata ada banyak sekali, seperti roda, tutup panci, gelang, dan lain sebagainya.
Kenapa kita harus menghitung panjang keliling lingkaran? Untuk menjawabnya akan lebih mudah bila kita menganalogikan dengan proses pembuatan lingkaran. Bila kita memiliki batang besi yang akan dibuat menjadi berbentuk lingkaran maka kita bisa mengetahui diameter maksimal dari lingkaran yang akan dibuat. Atau sebaliknya, bila kita ingin membuat lingkaran dengan diameter tertentu maka kita membutuhkan panjang besi tertentu.
Oke kembali ke awal lagi. Jadi, cara untuk menghitung keliling lingkaran dapat menggunakan rumus berukut ini:

 Gambar: Rumus keliling lingkaran dan ilustrasi


Pi merupakan suatu bilangan konstanta (tetap) yang memiliki nilai dianggap setara dengan 22/7 atau sering ditulis dengan 3,14159…


Contoh soal 1:
Berapakah panjang keliling sebuah lingkaran yang memiliki jari-jari 15 cm?
Jawab:

 Gambar: Contoh penggunaan rumus keliling lingkaran dan ilustrasi

Contoh soal 2:
Berapakah keliling sebuah lingkaran yang memiliki diameter 9 m?
Jawab:

 Gambar: Contoh penggunaan rumus keliling lingkaran dan ilustrasi


Untuk mendapatkan nilai Pi yang akan digunakan untuk menghitung keliling lingkaran di microsoft excel kita bisa memanfaatkan fungsi PI(). Dengan menggunakan fungsi PI() tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebagai contoh misalkan kita akan hitung keliling lingkaran pada soal nomor 1 di atas. Formula atau rumus perhitungan keliling lingkaran yang kita gunakan di microsoft excel dapat sebagai berikut :
= 2*PI()*15
Atau bila anda ingin menggunakan referensi sel maka dapat dilihat pada contoh berikut :


 Gambar: Contoh menghitung keliling lingkaran dengan menggunakan microsoft excel



 

Tips Cara Menghitung keliling lingkaran di microsoft Excel

Bila memungkinkan, saat melakukan perhitungan dengan konstanta PI, jangan dibulatkan terlebih dahulu, misalnya menjadi 3,14. Sebaiknya menggunakan 22/7 terlebih dahulu atau gunakan bilangan dengan angka desimal yang cukup banyak (misalkan 3,14159). Setelah hasil akhir keliling lingkaran di dapat baru dilakukan pembulatan misalnya menjadi 2 angka di belakang koma (desimal). Hal ini disarankan untuk menjaga keakuratan / ketepatan hasil perhitungan. Demikian juga saat anda menghitung luas lingkaran ataupun menggunakan rumus yang lainnya.

Terima kasih telah membaca Rumus Keliling Lingkaran. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.