Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama di Ms Excel

Kita sering menggunakan fungsi IF() di microsoft excel untuk memilih sebuah nilai berdasarkan kondisi yang ada pada sel referensi. Kondisi tersebut tidak jarang merupakan pembandingan dua buah kata atau teks. Secara default microsoft excel akan membandingkan dua buah kata tanpa membedakan huruf kecil dan besar (kapital). Microsoft excel akan menganggap kata “satu” sama dengan kata “SATU”, “SAtu", “SatU”, SaTu”, dan seterusnya. Hal ini bisa kita lihat pada contoh penggunaan fungsi IF() berikut :
=IF(“satu”=”saTU”, “SAMA”, “BERBEDA”)
Fungsi IF() di atas akan menghasilkan nilai SAMA seperti yang terlihat pada tampilan microsoft excel berikut :


 Gambar: Contoh penggunaan fungsi if untuk membandingkan dua buah teks atau kata


Akan tetapi bagaimana bila huruf yang dgunakan sama tapi tak serupa? :D sebagai contoh misalkan ada orang yang bernama “Mia” dan ada istilah yang sering gunakan “MIA”, yang merupakan singkatan dari Missing In Action (hilang saat bertugas). Tentu Mia tidak ingin dianggap menjadi MIA. Nah, untuk membedakan kedua kata tersebut kita bisa menggunakan fungsi EXACT(). Fungsi EXACT() akan membandingkan dua buah kata atau teks dimana setiap huruf harus benar-benar sama, baik kapital maupun bukan. Dengan kata lain, huruf “M” akan dianggap berbeda dengan huruf “m”. Jadi kata Mia akan berbeda dengan MIA. Mia hanya akan sama bila kata yang dibandingkan ditulis Mia juga.

Berikut ini merupakan penggunaan fungsi EXACT() pada rumus yang terdapat pada contoh sebelumnya :
=IF(EXACT(A1,B1),"SAMA","BERBEDA")


 Gambar: Contoh penggunaan fungsi EXACT() di dalam if untuk membandingkan dua buah teks atau kata

Pada contoh di atas hanya satu kondisi yang sama, yakni Mia sama dengan Mia (baris ketiga).

 

Tips Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama di Microsoft Excel

Bila ada anda telah menggunakan fungsi EXACT() tetapi hasilnya masih bernilai FALSE padahal anda sudah yakin kedua kata tersebut sama-sama (Misalkan Mia pada contoh di atas), maka pastikan tidak ada spasi pada kata tersebut baik sebelum maupun setelah kata yang dibandingkan karena "Mia" akan dianggap berbeda dengan "Mia " (ada spasi di akhir kata). Untuk menghilangkan spasi anda bisa menggunakan fungsi TRIM().

Tidak ada komentar:

Posting Komentar