Cara Membuat Contoh/Sample Data Angka di Microsoft Excel

Oleh
Saat kita membuat makalah matematika atau statistika kita sering memberikan atau menggunakan contoh atau sampel data untuk menjelaskan konsep atau teori yang sedang dibahas. Untuk membuat sample data berupa bilangan acak di Microsoft Excel kita bisa memanfaatkan fungsi RAND() dan RANDBETWEEN(). Fungsi RAND() akan memberikan nilai random/acak berupa pecahan antara 0 dan 1. Sedangkan RANDBETWEEN( bottom , top ) memberikan nilai acak yang terletak antara selang (range) mulai dari bottom hingga top . Berbeda dari fungsi RAND() yang menghasilkan bilangan pecahan (riil), fungsi RANDBETWEEN() justru akan menghasilkan bilangan bulat (integer). Untuk lebih jelasnya akan dibahas satu persatu cara menggunakan fungsi RAND() dan RANDBETWEEN() di microsoft excel.

Fungsi RAND()

Fungsi RAND() di jalankan tanpa parameter, rumus excel yang dapat digunakan =RAND() .

 Gambar: Contoh penggunaan fungsi RAND() di microsoft excel

Bila anda ingin menghasilkan sebuah bilangan antara 20 hingga 100 dan bilangan tersebut dapat berupa pecahan maka rumus tersebut harus dimodifikasi menjadi =20+RAND()*80 .
Kenapa harus dikali 80? Karena nilai 80 merupakan selang antara 20 hingga 100 atau bila dihitung = 100 – 20 = 80.

Fungsi RANDBETWEEN()

Fungsi RANDBETWEEN( bottom, top) di jalankan dengan dua buah parameter, bottom adalah nilai batas bawah, dan top yang merupakan nilai batas atas dari bilangan acak yang diinginkan. Nila yang dihasilkan oleh fungsi RANDBETWEEN() adalah bilangan bulat (integer).
Sebagai contoh, bila kita ingin menghasilkan bilangan random (acak) antara 20 hingga 100 seperti pada contoh sebelumnya maka rumus excel yang kita tulis :
=RANDBETWEEN( 20, 100)

 Gambar: Contoh penggunaan fungsi RANDBETWEEN() di microsoft excel


 

Tips Cara Membuat Contoh/Sample Data Angka di Microsoft Excel

Pada kedua contoh diatas rumus =20+RAND()*80 dan =RANDBETWEEN( 20, 100) sama-sama akan menghasilkan bilangan random antara 20 hingga 100. Perbedaannya, dengan menggunakan fungsi RAND() akan menghasilkan bilangan riil (dengan angka pecahan atau desimal / dibelakang koma) sedangkan dengan RANDBETWEEN() hanya akan menghasilkan bilangan bulat (integer).

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Contoh/Sample Data Angka di Microsoft Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.