Cara Membuat Tab Ribbon Baru di Ms Word

Oleh
Melalui ribbon kita bisa mengakses berbagai fasilitas yang disediakan di Microsoft word. Perintah atau command untuk editing dokumen tersebut biasanya diletakkan di berbagai tab ribbon yang ada di Microsoft word. Setiap tab ribbon umumnya merupakan kumpulan dari perintah yang mirip atau sama untuk fasilitas/kegunaan yang serupa. Secara default ribbon tersebut terdiri dari tab ribbon Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, Add-Ins dan Developer. Selain tab ribbon yang tersedia kita juga bisa bikin sendiri tab ribbon baru. Dengan membuat atau menambahkan tab ribbon baru kita bisa meletakkan perintah-perintah (command) yang khusus atau sering kita butuhkan dan pakai saat bekerja. Sebagai ilustrasi, lihat contoh tab ribbon baru yang bernama My Website pada gambar berikut ini.


 Gambar: Contoh tab ribbon baru buatan sendiri di Microsoft Word 2010


Untuk pembuatan atau penambahan tab ribbon baru tersebut dapat kita lakukan melalui fasilitas Word Options yang telah disediakan. Berikut contoh atau cara menambahkan tab ribbon baru buatan sendiri di Microsoft Word 2010 :
  1. Tampilkan fasilitas kustomisasi ribbon pada jendela Word Options dengan cara :
    • Klik menu File lalu pilih Options . Kemudian pada dialog Word Options pilih tab Customize Ribbons , atau
    • Klik kanan pada (sembarang) area ribbons lalu pilih item Customize Ribbons
  2.  Gambar: Mengatur ribbon di Microsoft Word 2010
  3. Selanjutnya pada dialog Word Options tersebut, klik tombol New Tab. Sebuah tab ribbon baru dengan nama New Tab (custom) akan disisipkan pada Main tabs
  4.  Gambar: Membuat atau menambahkan sebuah tab ribbon baru di Microsoft Word 2010
  5. Klik tab ribbon yang baru tersebut lalu klik tombol Rename untuk mengganti atau merubah nama ribbon yang baru tersebut. Ketikkan nama ribbon yang baru, misalkan My Website lalu klik tombol OK .
  6.  Gambar: Mengganti nama tab ribbon di Microsoft word 2010
  7. Lakukan juga untuk Grup baru yang ada dalam tab tersebut. Klik item New Group (Custom) lalu klik tombol Rename lalu isikan/berikan namanya, misalkan aimyaya dot com lalu klik tombol OK .
  8.  Gambar: Mengganti nama (rename) grup pada tab ribbon di Microsoft Word 2010
  9. Setelah tab ribbon dan grup dibuat, langkah selanjutnya adalah mengisikan perintah / command yang kita butuhkan dengan cara :
    • Pilih item command dari daftar sebelah kiri lalu klik tombol Add > > untuk menambahkan tombol perintah ke dalam grup yang sudah kita buat tadi.
    • Adapun untuk menghilangkan item / tombol perintah yang sudah ada di daftar grup kita klik tombol <<Remove .
  10. Setelah semua perintah yang kita butuhkan selesai ditambahkan/diatur, selanjutnya klik tombol OK untuk menutup dialog Word Options dan mulai bekerja dengan menggunakan tombol yang tadi kita tambahkan.

 Gambar: Menambahkan atau memberikan tombol perintah pada sebuah grup ribbon di Microsoft Word 2010



 

Tips Cara Membuat Tab Ribbon Baru di Microsoft Word

  • Posisi tab ribbon yang baru dapat anda geser ke arah kiri atau kanan (ke atas atau ke bawah) dengan menggunakan tombol segitiga dengan puncak ke atas atau ke bawah yang ada di bagian kanan dialog word options.
  • Setting ribbon dapat di atur ke settingan awal dengan menekan tombol reset ataupun di simpan dan digunakan dari file dengan cara menekan tombol import/export .

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Tab Ribbon Baru di Ms Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.