Cara Mendapatkan Tanggal, Bulan, dan Tahun di Ms Excel

Oleh
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang mendapatkan bagian dari sebuah nilai tanggal di excel. Sebenarnya artikel ini terinspirasi atau lebih tepatnya merupakan jawaban dari komentar pengunjung yang menanyakan bagaimana cara memisahkan tanggal, bulan dan tahun lahir dari sebuah tanggal yang ada di Microsoft Excel. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya pada artikel Cara mengambil sebagian teks di Microsoft excel. Bila nilai tanggal yang akan diambil berupa teks maka kita dapat mengambilnya sebagai teks dengan fungsi pengolahan string seperti LEFT(), RIGHT() dan MID(). Tetapi bila nilai tanggal tersebut bertipe DATE, maka kita harus menggunakan fungsi DAY(), MONTH() dan YEAR().

Oke, sebagai contoh kita memiliki tanggal 29 April 2013 yang biasa kita tulis dalam format month/day/year sebagai 4/29/2013 yang telah kita ketik pada sel A1. Bila kita menggunakan fungsi untuk string RIGHT() untuk mengambil tahun maka formula atau rumus =RIGHT(A1, 4) maka nilai yang dihasilkan bukan 2013 tetapi 1393 . Kenapa bisa demikian? Karena tanggal 4/29/2013 sebenarnya disimpan oleh Microsoft excel sebagai bilangan (number) 41393 sehingga saat fungsi RIGHT() dijalankan maka akan diambil 4 karakter/huruf dari kanan yaitu 1393 .

Oleh karena itu untuk mendapatkan nilai dari sebuah data bertipe tanggal kita harus menggunakan fungsi untuk operasi tanggal sehingga untuk mengambil bagian tanggal, bulan dan tahun dari nilai tersebut dapat kita gunakan rumus sebagai berikut:
 

=DAY(A1) untuk mendapatkan bagian tanggal atau hari dalam sebuah bulan

=MONTH(A1) untuk mendapatkan bagian bulan

=YEAR(A1) untuk mendapatkan bagian tahun.

 


Untuk ilustrasi hasil yang didapatkan dengan menggunakan fungsi DAY() , MONTH() dan YEAR() untuk tanggal 29 April 2013 dapat dilihat pada gambar berikut :


 Gambar: Contoh penggunaan fungsi DAY(), MONTH() dan YEAR() untuk mendapatkan tanggal (hari), bulan, dan tahun dari sebuah nilai tanggal (date) di Microsoft Excel



 

Tips Cara Mendapatkan Tanggal, Bulan, dan Tahun di Microsoft Excel

Saat anda mengetik sebuah tanggal seperti 4/29/2013 maka Microsoft excel akan menyimpannya sebagai sebuah nilai "riil" bertipe tanggal, dan juga otomatis akan merubah format sel menjadi format tanggal atau waktu (date and time). Sedangkan bila anda mengetik sebuah nilai tanggal yang tidak bisa diubah menjadi tanggal maka akan disimpan sebagai teks atau string(misal: "29 april 2013" atau "4/29/2013" ditulis termasuk dengan tanda petik dua atau petik satu)
Lantas bagaimana kita mengetahui teks dan bukan teks dari tanggal yang akan kita dapatkan bagian-bagiannya? Mudah saja. Coba saja fungsi DAY(), MONTH() dan YEAR(). Bila tidak bisa digunakan berarti input tanggal yang anda berikan sebenarnya adalah teks, atau dengan kata lain bukan merupakan data bertipe tanggal dan waktu (date or time). Oleh karena itu anda harus menggunakan fungsi untuk teks/string atau mengubah teks tersebut menjadi data bertipe tanggal terlebih dahulu dengan menggunakan fungsi DATEVALUE() .

Terima kasih telah membaca Cara Mendapatkan Tanggal, Bulan, dan Tahun di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.