Cara Menambahkan Tombol Print Preview di Quick Access Toolbar Ms Excel

Oleh
Pada Microsoft excel tidak jarang tampilan saat pengeditan dokumen akan berbeda dengan tampilan saat dokumen dicetak. Oleh karena itu Print preview sering digunakan untuk memastikan bahwa dokumen yang akan dicetak telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Pada Microsoft Excel 2010 saat kita memilih menu File --> Print maka akan langsung ditampilkan juga print preview dokumen yang akan dicetak bagian di sebelah kanan. Meskipun demikian tampilan tersebut kadang kurang mencukupi bagi yang biasa melihat print preview fullscreen seperti yang dilakukan di Microsoft 2007.

 Gambar: Tombol Print Preview Full screen di microsoft excel


Untuk membuat pengaksesan print preview lebih cepat kita bisa menambahkan tombol print preview fullscreen tersebut pada quick access toolbar yang ada di Microsoft excel seperti langkah berikut ini:
  1. Pertama-tama klik menu dropdown yang ada pada quick access toolbar lalu pilih More Commands
  2.  Gambar: Mengatur quick access toolbar di microsoft excel
  3. Lalu pada dialog Excel Options pastikan berada pada tab Quick Access Toolbar dan isi dari kotak Choose Commands From adalah All Commands
  4. Kemudian klik pada list/daftar command yang ada lalu tekan tombol keyboard P , untuk menuju langsung pada nama command yang diawali dengan huruf P
  5. Selanjutnya scroll lagi ke bawah sebentar, cari item Print Preview Full Screen lalu klik tombol Add >> . Anda akan melihat item tersebut akan ditambahkan pada daftar yang ada di sebelah kanan.
    Selanjutnya klik tombol OK .
  6. Tombol pada Quick access toolbar akan ditambahkan. Print preview full screen kini bisa anda lakukan hanya dengan meng-klik tombol tersebut.

 Gambar: Menambahkan tombol Print Preview Fullscreen ke quick access toolbar microsoft excel



 

Tips Cara Menambahkan Tombol Print Preview di Quick Access Toolbar Microsot Excel

  • Pada Microsoft Excel 2010 tombol Print Preview Full Screen akan menampilkan print preview seperti saat anda melakukan print preview di Microsoft excel 2007, sedangkan tombol Print Preview and Print akan menampilkan saat anda hendak mencetak dan preview di Microsoft Excel 2010.
  • Selain tombol print preview full screen , tombol lain yang saya sarankan adalah tombol Page Setup dan Paste Values .

Terima kasih telah membaca Cara Menambahkan Tombol Print Preview di Quick Access Toolbar Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.