Cara Mengatur Kualitas Cetakan Dokumen Ms Word 2010

Oleh
Saat membuat dokumen akhir atau final, biasanya kulitas cetak akan lebih diperbaiki karena dokumen tersebut akan menjadi “master” yang akan kita copy atau perbanyak. Untuk meningkatkan kualitas hasil cetak dari printer yang kita gunakan bisa melalui microsoft word sendiri dan driver printer yang kita gunakan. Berikut beberapa cara dan tips dalam mengatur dan meningkatkan hasll print out dari dokumen yang dibuat menggunakan microsoft word 2010 :


1. Jangan menggunakan mode DRAFT

Biasanya saat membuat rancangan kita menggunakan mode DRAFT untuk mencetak. Hilangkan mode draft yang ada di Word Options.

2. Gunakan Gambar dengan kualitas yang bagus

Bila dokumen menggunakan gambar atau photo, gunakanlah gambar dan photo yang memiliki kualitas yang bagus atau prima, jangan gambar yang berkualitas rendah dan hanya bagus di layar monitor saja.

3. Tingkatkan setting kualitas printer agar lebih tinggi

Setelah mengatur dokumen dan konfigurasi di microsoft word, langkah selanjutnya adalah mengatur setting di driver printer melalui software yang telah disediakan. Berikut contoh cara pengaturan setting pada beberapa merk printer yang sering kita pakai :

  1. Klik menu file lalu pilih Print, atau tekan tombol CTRL+P
  2. Kemudian pilih printer yang akan anda gunakan lalu klik link Printer Properties
  3.  Gambar: Memilih dan mengatur setting printer (printer properties) sebelum mencetak dokumen microsoft word 2010
  4. Setiap provider printer memiliki tampilan setting untuk mengatur dan meningkatkan kualitas hasil cetak kertas pada printer, seperti berikut:
    • Cara Meningkatkan kualitas cetak printer Brother MFC-J625DW : Pada tab Basic ganti isi Print Quality dengan Photo atau Best (kualitas terbaik)
    •  Gambar: Contoh cara mengatur properties / setting printer brother MFC J625DW agar memiliki kualitas cetak yang lebih baik
    • Cara Meningkatkan kualitas cetak printer Canon Inkjet MP510 : Klik tab Main lalu ganti isi Print Quality dengan Standard atau High (kualitas terbaik)
    •  Gambar: Contoh cara mengatur properties / setting printer Canon Inkjet MP510 untuk kualitas cetak yang lebih baik
    • Cara Meningkatkan kualitas cetak printer Epson TX121 : Klik tab Main lalu pilih Quality Option menjadi Text & Image atau Photo (kualitas yang lebih baik) atau bila perlu menjadi Best Photo (Kualitas terbaik). Selain itu anda juga bisa memberikan tanda check pada item Photo enhance dan Fix Red Eye untuk perbaikan kualitas foto
    •  Gambar: Contoh cara mengatur properties / setting printer Epson TX121 agar mendapatkan kualitas print yang lebih baik
    • Cara Meningkatkan kualitas cetak printer HP LaserJet 2300 series : Klik tab Paper Quality lalu ganti isi Print Quality menjadi FastRes 1200 (kualitas yang lebih baik) atau bila perlu menjadi Pro Res 1200 (Kualitas terbaik)
 Gambar: Contoh cara mengatur properties / setting printer HP LaserJet 2300 series agar menjadi lebih baik



 

Tips Cara Mengatur Kualitas Cetakan Dokumen Microsoft Word 2010

  • Untuk mendapatkan kualitas cetak yang prima gunakan driver printer yang sesuai, jangan hanya cukup dengan driver yang kompatibel
  • Kualitas cetak sangat ditentukan oleh kemampuan/kualitas printer secara fisik.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatur Kualitas Cetakan Dokumen Ms Word 2010. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.