Cara Menggabungkan Teks di Ms Excel

Penggabungan teks sering dilakukan untuk mempercepat proses manipulasi teks dalam dokumen Microsoft Excel. Ada dua cara yang paling sering digunakan untuk menggabungkan teks di excel, yaitu dengan menggunakan fungsi CONCATENATE() atau menggunakan operator “&” . Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan kedua cara tersebut berikut ini.

Cara Menggabungkan Teks dengan fungsi CONCATENATE()

Sintak penggunaan fungsi tersebut adalah CONCATENATE( nilai1, nilai2, nilai3, …) dimana nilai1, nilai2, nilai3 dan seterusnya akan digabungkan menjadi sebuah teks/string. Misalkan =CONCATENATE( “selamat ”, “datang “, “di “, “aimyaya dot com”) maka teks hasil penggabungannya adalah “selamat datang di aimyaya dot com”. Fungsi concatenate() akan menggabungkan teks apa adanya. Perhatikan, pada ketiga nilai pertama diberikan spasi. Bila tanpa ada spasi maka semua kata yang ada akan langsung bersambungan. Contoh lain aplikasi atau penggunaan fungsi concatenate adalah untuk “memperhalus” data yang kita miliki, seperti berikut ini :


 Gambar: Contoh penggunaan fungsi CONCATENATE() di microsoft excel


Cara Menggabungkan Teks dengan operator &

Penggunaan operator & mirip dengan fungsi concatenate(). Tetapi karena operator maka cara penggunakaannya juga seperti anda menggunakan operator lainnya seperti operator +. Pada contoh di atas, nilai yang dihasilkan oleh formula =CONCATENATE( “selamat ”, “datang “, “di “, “aimyaya dot com”) juga akan sam dengan = “selamat ” & “datang “ & “di “ & “aimyaya dot com”. Dan seperti layaknya penggunaan fungsi di Microsoft excel, kita juga bisa menggunakan nama referensi sel sehingga untuk penghalusan penilaian pada contoh di atas dapat kita modifikasi seperti berikut ini :


 Gambar: Contoh penggunaan operator & untuk penggabungan teks di microsoft excel




 

Tips Cara Menggabungkan Teks di Microsoft Excel

Gunakanlah cara menggabungkan teks yang menurut anda lebih mudah dan lebih cepat. Penggunaan operator & akan lebih cepat digunakan bila nilai yang akan digabungkan hanya sedikit. Sedangkan penggunaan fungsi CONCATENATE() membuat dokumen excel anda lebih terstruktur.

No comments:

Post a Comment