Cara Print Landscape/Portrait di Ms Powerpoint

Oleh
Saat membawakan presentasi biasanya kita memberi pegangan print-out presentasi bagi audiens agar mempermudah audiens untuk mengikuti dan memahami presentasi yang diberikan. Bila jumlah slide dan jumlah peserta/audiens hanya sedikit tentu tidak terlalu menjadi masalah yang berarti karena kita bisa mencetak dengan ukuran besar dimana setiap lembar kertasnya hanya berisi satu atau dua slide saja. Lain halnya jika jumlah slide banyak atau jumlah peserta yang banyak. Untuk menghemat kertas kita perlu mencetak lebih dari dua slide per lembar kertasnya. Bila demikian, tentu posisi kertas perlu diatur agar hasil cetakan dapat menjadi lebih maksimal atau dengan kata lain kita harus memilih bentuk kertas landscape atau portrait.
Untuk memilih bentuk kertas landscape atau portrait untuk print-out presentasi di Microsoft powerpoint 2010 anda dapat menggunakan cara berikut:

  1. Klik menu File lalu pilih item Print , atau singkatnya tekan saja tombol keyboard (shortcut) CTRL+P .
  2. Biasanya setting default pencetakan slide adalah satu lembar kertas untuk satu buah slide (Full Page Slides ). Bila anda ingin menggantinya menjadi 2, 3, 4, 6 atau 9 slide per lembar kertas maka klik pilihan Full page slides , lalu dari daftar yang tampil pilih sesuai dengan pilihan anda, misalkan 4 slides horizontal .
  3.  Gambar: Memilih jumlah dan tampilan slide yang akan dicetak untuk setiap lembar kertas di Microsoft Powerpoint
  4. Selanjutnya Anda akan melihat pada bagian preview empat buah slide dalam satu buah lembar kertas berukuran portrait. Bila menurut anda belum maksimal, atur orientasi kertas tersebut menjadi landscape atau portrait, misalnya untuk membuat menjadi landscape maka caranya klik item Portrait Orientation lalu pilih Landscape orientation .
  5.  Gambar: Memilih orientasi kertas landscape/portrait di Microsoft Powerpoint
  6. Bila dirasa telah sesuai maka lanjutkan dengan langkah terakhir: Pilih printer yang akan digunakan, misal Brother MFC J625DW Printer , lalu klik tombol Print .


 Gambar: Memilih printer dan memulai pencetakan di Microsoft Powerpoint



 

Tips Cara Print Landscape/Portrait di Microsoft Powerpoint

Cara terbaik untuk mengetahui posisi mana yang paling bagus adalah dengan mencoba satu persatu posisi cetak alias trial and error, baik untuk jumlah slide per lembar kertas, orientasi kertas horizontal/vertical (landscape/portrait), warna, dan lain sebagainya.
Dengan konsep yang sama anda juga bisa menggunakan cara print landscape / portrait ini pada aplikasi microsoft excel maupun microsoft word.

Terima kasih telah membaca Cara Print Landscape/Portrait di Ms Powerpoint. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.