Cara Membuat Template Dokumen Ms Excel 2010

Pembuatan dokumen biasanya memiliki format atau pola tertentu. Semakin sering dan semakin lama kita bekerja untuk membuat dokumen yang serupa, maka kita akan semakin tahu apa saja sebenarnya yang menjadi dasar dan diperlukan untuk membuat dokumen, baik itu berupa laporan bulanan, triwulanan, semester ataupun tahunan. Selanjutnya kita semua semua hal penting dan dibutuhkan kita kemas dalam sebuah file template. Dengan demikian ketika kita hendak membuat laporan kita hanya perlu membuat dokumen baru dengan berdasarkan template tersebut.
Untuk membuat dokumen menjadi template di microsoft excel 2010 anda bisa melakukannya dengan langkah berikut :

  1. Pertama-tama buka file excel yang akan anda jadikan template. Atur sedemikian rupa agar semua format yang diperlukan ada dalam template tersebut.
  2. Selanjutnya klik tombol File lalu klik Save As
  3.  Gambar: Cara menyimpan file dokumen di microsoft excel
  4. Selanjutnya akan muncul dialog Save As. Pada kotak Save as type pilih item Excel Template (*.xltx) . Tunggu sesaat. Microsoft excel akan mencoba langsung membua folder tempat template biasanya akan disimpan.
  5. Setelah itu berikan nama template yang baru, misalkan Program lalu klik tombol Save . Format yang ada dalam template tersebut siap digunakan sebagai dasar untuk membuat dokumen baru berikutnya.


 Gambar: Cara menyimpan file dokumen menjadi template di microsoft excel

Setelah template disimpan, lantas bagaimana cara membuat dokumen baru dari template tersebut? Caranya gunakan saja fasilitas pembutan dokumen yang disediakan, JANGAN menggunakan shortcut/hotkey CTRL+N.

  1. Klik menu File lalu pilih New
  2. Pada bagian Available Templates pilih My Templates
  3.  Gambar: Cara menggunakan template buatan sendiri di microsoft excel
  4. Kemudian dari personal template yang disediakan pilih template Program yang tadi kita buat lalu klik tombol OK .
  5. Sebuah dokumen baru akan dibuat sesuai dengan template yang dipilih.

 Gambar: Memiilh template buatan sendiri di microsoft excel



 

Tips Cara Membuat Template Dokumen Microsoft Excel 2010

Saat menjadikan dokumen sebagai template anda harus memastikan dahulu bahwa format, formula, dan bahkan sheet yang disediakan telah sesuai dengan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar