Cara Mencari Kesalahan Hasil Perhitungan di Ms Excel 2010 (Part 1)

Oleh
Perhitungan matematika baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian angka dan bilangan merupakan hal yang paling sering dilakukan di micosoft excel. Tidak jarang formula yang kita masukkan tidak menghasilkan nilai yang sesuai, alias muncul tulisan error. Padahal rumus yang kita gunakan sudah sesuai dengan aturan yang ada. Hal ini tentu membuat kita bingung kenapa bisa terjadi error tersebut.
Untuk memperbaiki hal tersebut ada beberapa hal yang harus kita cek/uji, dan diantaranya adalah memastikan bahwa rumus dan semua komponen sel referensi yang kita gunakan sudah benar. Alasannya adalah Anda tidak bisa menjumlahkan antara nilai angka dengan teks . Untuk lebih jelasnya lihat ilustrasi berikut:


 Gambar: Contoh kesalahan yang disebabkan oleh penggunaan rumus tradisional di microsoft excel

Pada gambar di atas terlihat untuk mendapatkan jumlah barang adalah :
jumlah di toko A + Toko B + Gudang G + Toko D atau kalau di excel formulanya ditulis =A2+B2+C2+D2 .
Perhatikan bahwa hasil penjumlahan menghasilkan error #VALUE! Karena nilai pada sel C2 (gudang G) berisi teks "Kosong".

Untuk mengatasinya kita bisa menghapus keterangan “KOSONG ” tersebut atau dengan menggunakan fungsi SUM(), yang kalau ditulis bisa sebagai =SUM(A2, B2, C2, D2) atau =SUM(A2:D2) . Oleh karena itu, cari dan ganti semua rumus yang menggunakan cara “tradisional” dengan menggunakan bentuk fungsi. Meskipun rumus “tradisional” sudah benar, tetapi akan menjadi error jika variabel yang digunakannya tidak sesuai.



 

Tips Cara Mencari Kesalahan Hasil Perhitungan di Microsoft Excel 2010

  • Untuk operasi matematika penjumlahan dan pengurangan anda bisa gunakan fungsi SUM(). Contoh untuk pengurangan A-B ditulis =SUM( A2, -B2)
  • Untuk operasi perkalian dan pembagian gunakan fungsi PRODUCT(). Contoh untuk perkalian A x B dengan rumus =PRODUCT( A, B) . untuk pembagian A / B menggunakan =PRODUCT( A, 1/B)

Terima kasih telah membaca Cara Mencari Kesalahan Hasil Perhitungan di Ms Excel 2010 (Part 1). Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.