Cara Mencari Kesalahan Penjumlahan di Ms Excel 2010 (bag 2)

Oleh
Untuk menghemat tampilan dan menyembunyikan data yang kurang perlu biasanya kita melakukannya dengan cara menyembunyikan (hide) baris atau kolom di microsoft excel. Baris yang kita sembunyikan tersebut juga berisi angka/nilai yang merupakan bagian dari sesuatu penjumlahan (sum). Oya, seperti yang telah dibahas pada artikel Cara Mencari Kesalahan Hasil Perhitungan, bahwa salah satu cara untuk mengatasi penyebab formula yang error adalah dengan menggunakan fungsi SUM(). Tetapi ternyata fungsi SUM() sendiri justru dapat memberikan hasil penjumlahan yang salah khususnya ketika kita mengggunakan fasilitas Hide terhadap baris atau kolom. Untuk lebih jelasnya coba lihat contoh berikut :


 Gambar: Contoh ketidaksesuaian hasil penjumlahan dengan nilai yang ditampilkan pada microsoft excel

Pada gambar diatas kita mencoba menjumlahkan nilai yang ada pada sel B2 hingga B7 dengan menggunakan fungsi SUM(). Nilai yang terlihat ketika kita jumlahkan adalah 10+20+30+40+50 = 150. Tetapi kenapa nilai hasil penjumlahan fungsi SUM() tersebut justru 1384? Padahal secara sekilas juga sudah terlihat, mana mungkin penjumlahan bilangan puluhan bisa menghasilkan nilai ribuan. Disini akan terlihat bahwa penjumlahan dengan fungsi SUM() adalah “salah” ! Bila anda cetak dengan printer dan laporkan kepada atasan anda tentu akan bisa “berbahaya” atau mungkin ditertawakan :D . Tetapi coba anda perhatikan kembali . Baris ke empat ternyata telah disembunyikan. Dan bila di tampilkan (unhide), maka fungsi SUM() ternyata telah melaksanakan tugasnya dengan baik. ;)


 Gambar: Contoh hasil penjumlahan yang seharusnya (sesuai) di microsoft excel


Contoh di atas hanyalah contoh sederhana sehingga secara cepat kita bisa mengetahui bahwa hasil penjumlahan dengan nilai yang ditampilkan tidaklah sama. Lantas bagaimana cara untuk mengetahui apakah sebuah nilai hasil nilai SUM() telah sama dengan penjumlahan nilai yang ditampilkan? Sederhana. Sorot saja nilai tersebut lalu perhatikan nilai Sum yang ada dibagian kanan bawah aplikasi microsoft excel seperti contoh berikut:

 Gambar: Contoh cara membandingkan nilai hasil penjumlahan dengan nilai penjumlahan bilangan yang ditampilkan di microsoft excel


Perhatikan gambar diatas. Hasil fungsi SUM() sebesar 1384 tentu berbeda dengan hasil penjumlahan bilangan yang ditampilkan yang sebesar 150. Mudah bukan?! ;)


 

Tips Cara Mencari Kesalahan Penjumlahan di Microsoft Excel 2010

Pada bagian kanan bawah aplikasi microsoft excel 2010 tersebut selain menampilkan hasil penjumlahan (SUM), secara default juga memperlihatkan informasi nilai rata-rata (AVERAGE) dan banyaknya nilai (COUNT).

Terima kasih telah membaca Cara Mencari Kesalahan Penjumlahan di Ms Excel 2010 (bag 2). Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.