Cara Menghitung Jumlah Laki-laki/Perempuan dan Tinggi Badan Siswa di Ms Excel

Oleh
Setelah pada topik sebelumnya membahas tentang bagaimana cara menghitung jumlah murid yang hadir, sakit, izin maupun alpa, pada topik kali ini akan membahas bagaimana menghitung banyaknya jumlah laki-laki dan perempuan yang ada dalam suatu kelas. Setelah itu dihitung pula tinggi rata-rata siswa perempuan dan siswa laki-laki. Untuk melakukan hal tersebut kita menggunakan dua buah fungsi yang ada di microsoft excel 2010. Fungsi pertama adalah COUNTIF() yang akan digunakan untuk menghitung jumlah/banyaknya murid pria/wanita. Fungsi kedua adalah SUMIF() yang akan digunakan untuk mendapatkan jumlah total tinggi badan para siswa tersebut. Untuk selengkapnya lihat contoh berikut :


  1. Misalkan kita sudah memiliki daftar siswa yang berisi nama, jenis kelamin dan tinggi badan. Setiap siswa Laki-laki diberi tanda “L”, sedangkan setiap siswa perempuan diberi tanda “P”.
  2.  Gambar: Contoh tabel murid/siswa dengan jenis kelamin dan tinggi badan di microsoft excel 2010
  3. Selanjutnya pilih sebuah sel tempat dimana nilai/jumlah murid laki-laki akan ditempatkan, misalkan di sel G2 , lalu ketik rumus =COUNTIF($C$2:$C$16,"L") dimana $C$2:$C$16 menunjukkan range yang akan kita hitung sedangkan “L” adalah elemen yang akan dihitung (untuk laki-laki). Range tersebut sesuai dengan panjang data yang anda miliki. Penggunaan tanda $ menunjukkan bahwa range yang dipilih adalah absolut, sehingga bila sel rumus di copy paste nilainya tidak akan berubah.
  4. Kemudian copy paste sel tersebut, misal pada G3, lalu gantikan isi rumus “L” dengan “P” untuk menghitung jumlah murid perempuan.
  5.  Gambar: Cara menghitung jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan di microsoft excel 2010
  6. Selanjutnya untuk mendapatkan tinggi rata-rata kita harus mendapatkan dahulu jumlah tinggi badan dari masing-masing kelamin dengan menggunakan fungsi SUMIF(). Misalnya pada sel H2 kita isi rumus : =SUMIF($C$2:$C$16,"L",$D$2:$D$16) , dimana $C$2:$C$16 menunjukkan range yang akan dicek kondisinya (apakah “L” atau “P”), parameter kedua “L” menunjukkan bahwa yang dijumlah adalah sel yang memiliki isi nilai “L”, dan $D$2:$D$16 adalah sel yang akan kita jumlah nilainya. Tetapi rumus tersebut belum selesai karena kita baru memiliki jumlah tinggi badan sedangkan untuk mendapatkan nilai rata-rata tinggi badan harus kita bagi lagi dengan jumlah orang yang ada (sel G2 ), oleh karena itu rumus lengkapnya menjadi =SUMIF($C$2:$C$16,"L",$D$2:$D$16)/G2 .
  7. Lalu copykan untuk sel berikutnya dan ganti “L” dengan “P” untuk menghitung kelompok yang perempuan.


 Gambar: Cara menghitung tinggi rata-rata murid berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan menggunakan microsoft excel 2010



 

Tips Cara Menghitung Jumlah Laki-laki dan Perempuan dan Tinggi Badan Siswa dengan Ms Excel

  • Aplikasi atau penerapan fungsi yang ada di microsoft excel masih dapat dan banyak lagi yang dapat di explore.
  • Parameter fungsi biasanya dipisahkan oleh tanda “,” (koma) atau “;” (titik koma) tergantung pada konfigurasi yang anda gunakan.

Terima kasih telah membaca Cara Menghitung Jumlah Laki-laki/Perempuan dan Tinggi Badan Siswa di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.