Cara Sederhana Mengatasi Circular References di Ms Excel

Oleh
Circular References merupakan formula atau rumus yang menggunakan sel referensi yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi. contoh sederhananya, pada sel A1 anda mengetik rumus =B1+B3+5000 tetapi pada sel B3 anda juga mengetik =A1*10% . Tentu kedua sel tersebut akan saling mempengaruhi atau membutuhkan satu sama lain. Hal ini akan menyebabkan circular references dan microsoft excel 2010 akan langsung memberikan peringatan (warning) dan otomatis menampilkan garis biru antara kedua sel tersebut.


 Gambar: Contoh sederhana circular references di microsoft excel 2010


Cara untuk mengatasi circular references adalah memutus aliran circular dengan jalan membuat salah satu rumus yang ada pada sel untuk tidak mengacu ke sel yang dapat membuat error circular refererences. Misalkan pada contoh di atas berarti sel A1 tidak boleh merujuk pada sel lain yang bertautan ke sel B3, atau mungkin formula pada sel B3 diubah sedemikian rupa agar tidak merujuk ke sel A1.
Cara paling sederhana adalah membuat salah satu sel hanya berisi nilai hasil perhitungan sebelumnya, alias tidak menggunakan rumus. Untuk hal seperti ini anda bisa menggunakan copy paste values. Caranya :
  1. Klik salah satu sel yang akan dijadikan nilainya saja
  2. Kemudian tekan tombol CTRL+C lalu klik tombol Paste lalu pilih Paste Values
  3. Circular link akan berakhir.

 Gambar: Contoh sederhana mengatasi circular references dengan paste values di microsoft excel 2010


 

Tips Cara Sederhana Mengatasi Circular References di Microsoft Excel 2010


Dengan merubah salah satu nilai menjadi manual anda harus ekstra melakukan koreksi rumus. Alternatif yang lebih baik adalah anda melakukan paste nilai pada sebuah sel tertentu yang berbeda dari tempat sel yang memiliki rumus tersebut. Selanjutnya sel tersebut kemudian dirujuk oleh sel yang lain. Meskipun demikian cara ini tidak tidak menjamin hasil perhitungan anda akan selalu benar atau sesuai dengan yang diharapkan.

Terima kasih telah membaca Cara Sederhana Mengatasi Circular References di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.