Cara Memberi Berbagai Warna Tulisan dalam Satu Sel Ms Excel

Mewarnai tulisan merupakan salah satu hal yang biasa dipakai di microsoft excel. Biasanya saat memberikan warna maka semua teks atau tulisan di dalam satu sel akan memiliki warna yang sama, misalkan merah semua, biru semua, kuning semua dan lain sebagainya. Padahal kebutuhan kita adalah menggunakan warna yang berbeda dalam satu sel, sehingga tulisannya menjadi berwarna-warni pada bagian teks ada yang berwarna merah, biru, kuning, hijau, dan lain sebagainya.


 Gambar: Contoh sel dengan beberapa warna tulisan di Microsoft Excel


Untuk membuat tulisan berwarna –warni dalam satu sel di microsoft excel seperti gambar tersebut kita bisa memanfaatkan fasilitas Format cells sebagaimana contoh berikut :

  1. Pertama-tama ketikkan teks atau tulisan pada sebuah sel, misal Merah kuning hijau di langit yang biru .
  2. Selanjutnya masuk dalam mode editing sel (tekan tombol F2 ) atau gunakan mouse untuk memblok (sorot) sebagian teks yang akan diubah warnanya, misal teks Merah
  3. Lalu klik kanan pada teks yang disorot tersebut lalu pilih Format Cells
  4.  Gambar: Mengatur format sel di Microsoft Excel
  5. Anda tentu sudah mengetahui cara mengatur font dengan menggunakan dialog Format Cells . Pada kotak Color pilih warna Red (merah )lalu klik tombol OK .
  6. Warna teks akan berubah menjadi merah. Ulangi kembali proses tersbut untuk bagian ketikan yang lainnya.

 Gambar: Cara membuat teks menjadi warna merah di Microsoft Excel


 

Tips Cara Memberi Berbagai Warna Tulisan dalam Satu Sel di Microsoft Excel 2010

Selain dapat merubah warna anda juga dapat merubah properties font yang lainnya, baik jenis huruf, ketebalan, miring, dan lain sebagainya

No comments:

Post a Comment