Cara Menemukan Kata Didalam Tulisan di Ms Excel

Oleh
Pencarian sebuah kata atau potongan kalimat dalam sebuah tulisan sering digunakan untuk menentukan proses selanjutnya yang akan dilakukan. Hal ini mirip dengan penggunaan kriteria “contains” pada saat menggunakan filter di Microsoft excel.
Sebagai contoh, bila pada sebuah sel yang ada pada kolom daftar perguruan tinggi terdapat kata”universitas”, maka tulisan pada kolom pimpinan akan berisi “rektor”, sedangkan bila terdapat potongan kalimat “sekolah tinggi”, maka kolom pimpinan akan berisi “ketua”, dan seterusnya.
Untuk melakukan proses menemukan kata/teks yang ada di dalam tulisan tersebut kita bisa memanfaatkan fasilitas SEARCH(). kalau dibuat rumus maka akan tampak kira-kira seperti berikut:


=SEARCH( teks_yang_dicari, dalam_teks, posisi_mulai_pencarian)



Dimana teks_yang_dicari kita isikan dengan teks yang akan dicari, misal kata “universitas”,
dalam_teks adalah tulisan atau kalimat tempat pencarian, misal “universitas maju tak gentar”, dsb.
psosisi_mulai_pencarian adalah posisi mulai karakter tempat pencarian (optional), jika tidak diisi akan dianggap mulai dari karakter pertama (dari depan/awal).

Jika teks_yang_dicari ditemukan maka fungsi SEARCH() otomatis akan memberikan nilai posisi awal teks tersebut di dalam_teks jika tidak ditemukan maka fungsi SEARCH() akan menghasilkan nilai error #VALUE!.

Penggunaan fungsi SEARCH() biasanya juga digabungkan dengan fungsi IF() dan ISERROR(). Sebagai contoh lihat ilustrasi pada gambar di bawah ini, jika ditemukan kata universitas pada sel A1 maka sel C1 akan ditampilkan kata “rektor”, jika tidak akan ditampilkan kata “lainnya” atau ditulis dalam rumus excel:
=IF(SEARCH("universitas",A1),"rektor", "lainnya")


 Gambar: Contoh penggunaan fungsi SEARCH() yang digabung dengan fungsi IF()di Microsoft Excel


 

Tips Cara Menemukan Kata Didalam Tulisan di Sel Microsoft Excel

Fungsi SEARCH() tidak membedakan antara huruf kapital dan biasa (kecil), atau sering disebut case insensitive , sehingga huruf “A” akan dianggap sama. Jika anda ingin membedakan antara “A” dan “a” maka gunakan fungsi FIND().
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.