Cara Menghitung Pangkat Negatif di Ms Excel

Oleh
Pangkat negatif sering digunakan dalam penulisan siencetific di microsoft excel. Bilangan dengan pangkat negatif belum tentu nilainya minus. Karena maksud dari bilangan berpangkat negatif adalah seper pangkat bilangan tersebut. Misalkan 2-3, maksudnya adalah 1/(23) atau sama dengan 1/8.

 Gambar: Contoh perhitungan manual bilangan berpangkat negatif


Lantas bagaimana cara menghitung bilangan dengan pangkat negatif di microsoft excel? ktia bisa menggunakan operator ^ atau menggunakan fungsi POWER() seperti contoh berikut ini:


 Gambar: Contoh perhitungan bilangan berpangkat negatif di Microsoft Excel 2010


Pada kedua contoh di atas terlihat bahwa untuk menghitung bilangan dengan pangkat negatif kita bisa menggunakan dengan operator ^, sehingga rumus excel yang digunakan adalah =2^-3 (gambar a).
Cara lain untuk menghitung pemangkatan bilangan adalah dengan menggunakan fungsi POWER(), sehingga rumus yang digunakan adalah =POWER( 2, -3) (gambar b). kedua cara tersebut akan memberikan nilai hasil yang sama, yakni 0,125 .


 

Tips Cara Menghitung Pangkat Negatif di Microsoft Excel

Dengan konsep yang sama anda bisa mengganti bilangan dasar dan bilangan pangkatnya dengan nilai yang lain tetapi yang tidak boleh anda lakukan adalah menggunakan bilangan dasar nol, sepert 0-2, 0-2, -2, 0-0.1, dan sebagainya. Kenapa hayo??? ;)

Terima kasih telah membaca Cara Menghitung Pangkat Negatif di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.