Cara Memilih Paket Internet Terbaik

Oleh
Penyedia jasa internet berlomba-lomba menawarkan berbagai paket internetan mulai dari internet cepat hingga internet hemat dengan kemasan yang beragam seperti paket internet kenceng, paket internet hemat (pahe), paket begadang, dan lain sebagainya. Memilih paket internet sebenarnya berkaitan juga dengan cara memilih modem yang cocok untuk kita gunakan. Karena dengan membeli modem otomatis kita membatasi paket yang bisa kita gunakan. Bila modem yang dibeli adalah modem CDMA, otomatis paket yang bisa anda pilh hanya yang dari penyedia jasa (provider) internet CDMA saja. Demikian juga bila modem GSM, otomatis paket yang digunakan hanya yang dari provider GSM saja. Terlepas dari modem yang anda miliki apakah modem GSM/CDMA, saya mememiliki tata cara memilih paket internet yang mungkin juga cocok dan sesuai untuk anda pakai.

 Gambar: berbagai provider penyedia jasa internet di Indonesia



1. Sinyal

Sinyal mutlak harus menjadi prioritas utama. Teman di kampus atau rekan kantor anda mungkin akan berkata bahwa provider “T” adalah paling bagus, tetapi hal itu belum tentu bagi anda. Sebab mungkin saja provider “A” justru yang lebih tepat untuk anda karena ditempat anda memang sinyal “T” sangat buruk. Intinya, daerah tempat anda biasa menggunakan koneksi internet harus menjadi bahan pertimbangan karena kekuatan sinyal dari tiap provider bisa jadi berbeda-beda untuk area anda.

2. Harga

Harga sudah pasti menjadi bahan pertimbangan dalam memilih paket internet. Untuk kecepatan akses yang sama dan kuota yang setara tentu kebanyakan orang akan memilih harga yang lebih murah.

3. Kuota paket

Anda harus tahu untuk apa anda koneksi ke internet, berapa lama, dan seberapa besar kuota yang dibutuhkan. Bila anda hanya sekedar browsing, chatting, atau fb-an maka tentunya kuota yang dibutuhkan tidak terlalu besar tetapi lebih condong untuk memiliki kecepatan akses yang cepat stabil. Bila anda pelanggan setia telkomsel, saya menyarankan anda juga melihat rekomendasi paket internet flash dari telkomsel yang cocok untuk anda.

4. Waktu Akses Paket

Beberapa provider menawarkan paket begadang alias ngalong dengan kuota yang lebih banyak. Bila anda tidak kuat begadang tentu paket ini kurang tepat bagi anda. Anda harus membaca dan mengetahui dengan baik dan teliti setiap paket internet yang menjadi nominasi. Tidak jarang provider menawarkan paket tetapi dengan ketentuan dan syarat khusus terutama yang berkaitan dengan kapan paket dapat di akses.

5. Persyaratan paket

Paket internet yang ditawarkan disertai dengan iming-iming bonus. Pastikan bahwa bonus belum kadaluarsa jika anda membeli paket tersebut. Selain itu, anda juga harus tahu kapan dan bagaimana bonus yang diberikan bisa diperoleh. Misalnya bonus didapat setelah pengisian ulang kedua, paket hanya ditawarkan bersama dengan modem (bundling), dsb.

6. Fleksibilitas paket

Provider jasa internet biasanya memiliki fasilitas autorenewal alias otomatis melakukan perpanjangan paket internet. Bila anda masih ragu paket mana yang cocok untuk anda, sebaiknya fasilitas autorenewal untuk berlangganan jangan digunakan terlebih dahulu. Gunakan autorenewal bila paket internet dirasa telah cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda baik dari sisi harga, kuota, waktu akses, dsb.

7. Testing internet

Jika anda hanya ingin mencoba kecepatan internet dari sebuah provider maka sebaiknya coba pinjam modem/simcard teman anda yang menggunakan provider tersebut. Bila tidak bisa, beli saja paket yang paling murah atau kelas bawah tetapi dengan kemampuan kecepatan internet yang maksimal.
Terkadang provider juga menyediakan paket internet promo. Anda dituntut untuk berpikir-pikir tidak terlalu lama karena biasanya promo berbatas dengan waktu. Promo ini sangat cocok bila anda ingin menguji kecepatan dan kehandalan layanan internet


 

Tips Cara Memilih Paket Internet Terbaik

Memilih paket internet mirip dengan memilih modem. Bedanya, kalau kita salah memilih modem biasanya kita menyesal atau setidaknya koneksi internet kita lemot. Tapi bila kita salah memilihpaket internet paling-paling kita hanyarugi selama paket berlangsung karena kita bisa mengganti dengan paket internet lain yang cocok dengan kebutuhan kita.
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.