Cara Mempercepat Kerja dengan Firefox

Oleh
Mozilla firefox merupakan browser yang paling sering dipakai ketika melakukan surfing di internet. Kebiasaan menggunakan mouse dalam bekerja memang memudahkan kita, tetapi bukan berarti lebih cepat. Untuk mempercepat pelaksanaan tugas atau perintah yang kita berikan pada firefox kita bisa menggunakan keyboard shortcuts. Berikut ini beberapa keyboard shortcut dasar yang paling sering digunakan ketika melakukan aktifitas browsing dengan menggunakan mozilla firefox. Dijamin kompatibel untuk semua versi firefox. :)

 Gambar: ilustrasi keyboard shortcut di Mozilla Firefox

BACKSPACE (backward)
Kembali ke halaman sebelumnya. Biasanya anda berganti halaman dengan cara klik link yang ada di halaman website. Untuk kembali ke halaman sebelumnya tekan saja tombol BACKSPACE

SHIFT+BACKSPACE (forward)
Kegunaan tombol shortcut ini justru kebalikan dari BACKSPACE . Shortcut SHIFT+BACKSPACE akan meminta firefox untuk forward alias lanjut ke halaman berikutnya yang pernah dikunjungi.

F5 (Reload)
Untuk melakukan refresh atau reload halaman situs tekan saja tombol F5 . Kalau mau menimpa cache atau informasi yang sudah ada, gunakan saja tombol SHIFT+F5 .

ESC (Escape/Stop)
Kegunaan tombol ESC biasanya untuk menghentikan atau membatalkan perintah/pekerjaan yang sedang berlangsung. Misalnya untuk membatalkan loading halaman situs, tekan saja langsung tombol ESC.

HOME (Awal halaman)
Setelah membaca artikel hingga baris yang paling akhir biasanya kita perlu kembali ke awal halaman atau mulai lagi dari yang paling atas. Bila halaman cukup panjang, anda bisa mempersingkatnya dengan cukup menekan tombol HOME .

END (Akhir halaman)
Tombol ini kebalikan dari tombol HOME . dengan menekan tombol END maka anda akan langsung lompat ke akhir halaman (terbawah).

CTRL+P (Print/Mencetak)
Untuk mencetak halaman langsung saja tekan tombol CTRL+P .

CTRL+S (Save/Menyimpan Halaman)
Bila anda perlu untuk menyimpan halaman tekan CTRL+S

CTRL+F (Find/ Mencari teks)
Tidak jarang kita ingin menemukan kata, istilah, atau kalimat dalam situs yang sedang dibuka. Untuk melakukannya tekan saja CTRL+F lalu isikan teks yang ingin dicari. Bila teks yang ditemukan ada lebih dari satu, anda dapat berpindah ke teks berikutnya dengan menekan tombol F3 (find Next), atau bila ingin kembali ke temuan sebelumnya maka tekan saja tombol SHIFT+F3 (Find Previous).

Membuat dan menutup Tab
Untuk membuat tab baru tekan tombol CTRL+T , sedangkan untuk menutup tab tekan tombol CTRL+F4 .

Membuat dan menutup Jendela Firefox
Untuk meminta firefox menampilkan sebuah jendela (window) baru lakukan dengan tekan tombol CTRL+N, sedangkan untuk menutup window tekan saja tombol ALT+F4.


 

Tips Cara Mempercepat Kerja dengan Mozilla Firefox

Anda tidak perlu menghapal semua keyboard shortcut di Mozilla Firefox satu persatu. Tapi hapal dan gunakan saja shortcut yang menurut anda paling sering digunakan ketika browsing.Untuk fungsi keyboard shortcut yang lebih lengkap dapat anda lihat di bantuan (Help) Mozilla Firefox.

Terima kasih telah membaca Cara Mempercepat Kerja dengan Firefox. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.