Cara Mengetahui Akun Palsu Facebook

Oleh
Kemudahan untuk mendaftar di facebook sudah tidak diragukan lagi. Bahkan saking mudahnya untuk mendaftar, facebook memfasilitasinya dengan membuat tampilan pertama dari situs populer tersebut dengan dua pilihan: login dengan akun yang sudah ada, atau langsung mendaftar akun facebook baru. Cara membuat facebook yang mudah sudah tentu akan mempercepat jumlah orang yang mendaftar dan sekaligus juga menjadi daya tarik sendiri bagi para penipu dan kriminil untuk melancarkan aksinya. Dan semakin hari semakin banyak orang yang terjebak dalam (sindikat) penipuan dan pemalsuan di jejaring sosial tersebut. Oleh karena itu bagi anda para pengguna facebook agar waspada berhati-hati dan perlu wawasan mengenai cara mengetahui akun palsu facebook. Berikut ini merupakan 10 ciri-ciri akun facebook palsu yang dapat anda gunakan untuk memastikan apakah sebuah akun adalah palsu atau bukan:

 Gambar: ilustrasi facebook yang sompal


1. Wajah Menarik (Cantik atau Tampan)

Biasanya para para pria atau abg akan terkesima ketika melihat wajah yang cantik atau tampan. Ketika anda melihat pemilik akun facebook memiliki wajah yang cantik atau tampan tetapi anda tidak pernah mengetahui / melihat dalam kehidupan nyata maka anda patut waspada dan berhati-hati. Tidak jarang para penipu menggunakan foto orang lain yang berwajah cakep untuk menarik minat anda. Bagi para penjual produk yang menggunakan akun palsu tentu akan lebih mudah menarik orang lain jika “SPG/B” yang digunakan memiliki foto yang cantik dan tampan apalagi dengan foto yang seksi.

2. Memiliki Teman yang banyak

Tujuan pemilik akun palsu adalah mencari calon korban atau memasarkan produk yang dijualnya. Tidak semua pemilik akun palsu merupakan pelaku kriminal. Mungkin mereka hanya ingin semakin banyak orang yang tahu tentang produk yang dijual dan berharap ada yang mau membelinya.

3. Foto tidak menggambarkan aktifitas

Maksudnya adalah foto-foto yang digunakan lebih banyak gambar produk yang ditawarkan/dijual. Kalaupun ada foto orang / pemilik akun biasanya hanya berupa wajah/pas foto, ataupun hanya beberapa foto saja.

4. Status Tidak Jelas

Status yang diberikan biasanya tidak menggambarkan kehidupan sang pemilik. Bila status banyak promosi, banyak kegalauan, banyak memancing komentar atau mungkin juga kurang update status maka harap segera diwaspadai.

5. Perhatian yang tidak wajar

Hati-hati jika pemilik akun palsu memberikan perhatian yang lebih banyak. Biasanya cara ini efektif untuk calon korban penipuan yang sedang galau. Normalnya bila seseorang bila belum pernah bertemu di kehidupan nyata, maka tentu perhatian dan rayuan yang diberikan sepantasnya tidak sebesar pacar, kekasih, adik/kakak, saudara, atau orang tua kita. Tujuannya adalah untuk membuat anda menjadi lebih akrab. Setelah akrab tentu anda akan mudah terkena / terjebak dalam tipu daya sang perayu.

6. Banyak Rayuan

Seperti banyak perhatian yang tidak wajar. Setelah anda akrab anda akan mulai dirayu, dibujuk lalu menjadi korban kejahatan. Yang seperti ini biasanya banyak terjadi pada abg ataupun orang yang sedang galau atau mengalami masalah yang berlarut-larut.

7. Riwayat / History tidak jelas

Biasanya para pemilik akun facebook palsu akan “melupakan” masalah sejarah / karir mereka dalam kehidupan. Mulai dari tanggal lahir, sekolah, hingga tempat kerja terakhir biasanya blank.

8. Menawarkan link tersembunyi

Bagi pencari “keberuntungan”, biasanya menempatkan (banyak) link-link yang telah dipendekkan dengan bantuan penyedia jasa pihak ketiga seperti adf.ly, bit.ly, dan lain-lain.

9. Mengajak bertemu

Bila pemilik akun belum pernah anda kenal/lihat dalam kehidupan nyata sebelumnya dan mengajak bertemu berduaan saja maka sepantasnya anda juga hati-hati. Bila anda juga ingin bertemu karena mungkin orang tersebut adalah jodoh anda, maka sebaiknya ajak teman untuk menemani anda saat berlangsungnya pertemuan. Intinya, jika pemilik akun orang baik-baik tentunya tidak masalah jika anda juga mengajak teman untuk menjaga/memperhatikan anda.

10. Pertemanan tidak jelas

Lihat timeline sang pemilik akun facebook yang dicurigai palsu. Apakah ada “teman” pemilik akun yang mengajak bercakap-cakap seperti halnya di dunia nyata. Bila perlu, “pelajari” juga teman pemilik akun facebook tersebut. Umumnya, teman gaul sang pemilik akun tentu tidak jauh-jauh dari pemilik akun, apakah sama-sama satu sekolah, satu kerjaan, satu daerah, satu hobby, dan lain sebagainya.


 

Tips Cara Mengetahui Akun Palsu di Facebook

Berhati-hati didunia maya alias internet merupakan suatu keharusan. Jangan mudah tertarik dengan segala sesuatu yang bombastis yang biasanya mendatangkan malapetaka karena ingin mendapatkan untung cepat, jodoh dapat, masalah teratasi, dan kemudahan lainnya.

Terima kasih telah membaca Cara Mengetahui Akun Palsu Facebook. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.