Cara Membuat Dua Axis/Sumbu Vertikal di Grafix Excel

Oleh
Grafik dengan satu axis vertikal dan horizontal sudah merupakan hal biasa. Terdesak oleh kebutuhan, tidak jarang kita memerlukan grafik dengan dua aksis vertikal ataupun horizontal karena kita memang ingin membandingkan dua buah grafik dengan satuan yang berbeda dalam periode yang sama. Pembuatan grafik persandingan ini sangat berguna terutama bagi anda yang sedang melakukan penelitian atau membuat laporan. Misalnya membandingkan antara jumlah penduduk (jiwa) dengan tingkat kesempatan kerja (persen). Bila kita satukan kedua grafik tersebut dalam satu sumbu / axis vertikal tentu grafik untuk tingkat kesempatan kerja akan menjadi tidak kelihatan karena dalam satuan persen sedangkan jumlah penduduk bisa saja ribuan, ratusan ribu atau bahkan jutaan jiwa. Oleh karena itu akan lebih tepat bila kita membuat dua buah axis / sumbu vertikal dimana yang satu untuk jumlah penduduk sedangkan sumbu yang lain untuk tingkat kesempatan kerja. Untuk lebih jelasnya saya akan memberi contoh bagaimana cara membuat grafik dengan dua buah axis vertikal di Microsoft Excel berikut ini:
  1. Misalkan kita telah mempunyai dua jenis data yang akan kita sandingkan, yakni Jumlah Penduduk (JP) dalam satuan jiwa, dengan Tingkat Kesempatan Kerja dalam satuan persen mulai tahun 2001 hingga 2010
  2. Selanjutnya buat sebuah grafik, misalkan scatter dengan cara :
  3. Blok area data grafik lalu klik tombol Insert
  4. Pada grup Charts klik Scatter lalu pilih Scatter with smooth line and markers
  5.  Gambar: Membuat grafik scatter di Microsoft Excel
    Membuat grafik scatter di Microsoft Excel
  6. Selanjutnya sebuah grafik scatter dengan garis akan ditambahkan. Perhatikan bahwa grafik TKK terlihat rata karena nilai dari TKK hanya berkisar kurang dari 1, dan ini sangat jauh bila dibandingkan dengan nilai JP yang mencapai puluhan ribu. Ok untuk membandingkannya kita perlu membuat TKK menjadi axis vertikal yang baru.
  7. Klik kanan pada series TKK lalu pilih Format Axis
  8.  Gambar: Mengatur Axis dari Series
    Mengatur Axis dari Series
  9. Kemudian pada dialog Series options pilih tab Series Options
  10. Pada grup Plot Series On pilih Secondary Axis .
  11.  Gambar: Membuat series menjadi Secondary Axis
    Membuat series menjadi Secondary Axis
  12. Series TKK kini memiliki sumbu vertikal yang baru yang terletak disebelah kanan grafik. Kini anda bisa membandingkan antara dua buah grafik garis dengan lebih jelas dan seksama.
 Gambar: Contoh grafik dengan dua axis/sumbu vertikal
Contoh grafik dengan dua axis/sumbu vertikal

 

Tips Membuat Dua Axis (sumbu) Vertikal di Grafix Excel

Pembuatan axis dengan dua sumbu vertikal tidak hanya berlaku untuk grafik yang bertipe sama, misalkan hanya scatter saja. Anda juga bisa menggabungkan grafik scatter, garis, batang, atau column dan yang lainnya dalam satu buah grafik.
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.