Cara Membuat Facebook Fan Page

Oleh
Facebook fan page atau sering dikenal sebagai facebook page merupakan sebuah halaman di facebook yang dibuat untuk mendekatkan para facebookers dengan apa yang digemarinya. Dengan memberikan like pada facebook page maka kita akan mendapatkan update aktifitas atau berita terbaru dari halaman facebook yang kita ikuti. Singkat kata, Facebook page akan membantu kalangan bisnis, organisasi, merk dan produk, artis atau grup musik, hiburan, komunitas, atau bahkan website seperti aimyaya dot com berbagi aktifitas dan berhubungan dengan para facebookers. Cara membuat fan page facebook juga cukup mudah. Setiap orang di facebook dapat membuat dan mengatur facebook fan page dengan menggunakan akun personal masing-masing. Jadi, bagi anda para facebookers yang memiliki usaha bisnis, organisasi, produk, blog atau mungkin menjadi publik figur, anda pun bisa memiliki facebook fan page seperti yang dimiliki oleh aimyaya.
 Gambar: Contoh Page Faceboook aimyaya dot com
Contoh Page Faceboook aimyaya dot com
Keuntungan menggunakan fan page di facebook diantaranya untuk memperbesar para pemirsa dalam hal ini facebookers. Karena setiap posting yang anda buat, akan dibaca atau minimal terlihat oleh orang-orang yang telah memberikan like dan juga teman-teman mereka. Sehingga potensi kunjungan kepada website anda pun akan semakin besar. Nah, untuk yang berminat membuat fan page di facebook anda hanya cukup mengikuti langkah-langkah pembuatannya seperti berikut ini :
  1. Seperti biasa.. masuk atau login dahulu ke akun facebook anda
  2. Lalu menuju ke sidebar kiri lalu klik Create Page, atau bila adna tidak tahu maka klik saja link disini
  3.  Gambar: Membuat page faceboook baru
    Membuat page faceboook baru
  4. Setelah itu anda akan diminta memilih jenis halaman / page facebook apa yang ingin anda buat. Ada enam pilihan yang tersedia, yakni Local business or Place (tempat atau bisnis lokal), Company, Organization or Institution (perusahaan, organisasi atau institusi), Brand or Product (merek atau produk), Artist, Band or Public Figure( artis, grup, atau publik figur), Entertainment (hiburan), dan Cause or Community ( pencetus atau komunitas). Pilih salah satu dari keenam opsi tersebut. Misalkan kita ingin membuat page untuk blog atau website kita, klik pada Brand or Product
  5.  Gambar: Memilih jenis page facebook yang akan dibuat
    Memilih jenis page facebook yang akan dibuat
  6. Selanjutnya pilih kategori produk kita, misalkan pilih website
  7. Lalu berikan nama untuk halaman / page yang akan kita buat, misalkan Blog Baru Gue
  8. Kemudian centang atau berikan tanda cek pada item I agree to Facebook Pages Terms.
  9. Terakhir klik tombol Get Started
  10.  Gambar: Memilih kategori dan memberikan nama untuk page faceboook
    Memilih kategori dan memberikan nama untuk page faceboook
  11. Kemudian anda akan memasuki tahapan set up halaman facebook baru anda dimulai dengan memberikan deskripsi tentang halaman.
  12. Lalu memberikan alamat blog atau situs,
  13. Memberikan url atau alamat page facebook. Berhati-hati memilih alamat karena anda tidak akan merubahnya kembali,
  14. Lalu menjawab pertanyaan yang berkenaan dengan halaman yang akan anda buat. Karena kita tidak mempunyai produk nyata / fisik, maka pilih saja jawaban no untuk pertanyaan tersebut
  15. Setelah itu klik tombol Save Info
  16.  Gambar: Membuat deskripsi, url blog dan url facebook
    Membuat deskripsi, url blog dan url facebook
  17. Selanjutnya anda diminta untuk memberikan photo atau gambar bagi Page Facebook. Pilih gambar dari komputer anda (atau juga bisa dari gambar yang sudah ada di Website internet) lalu klik tombol Next (tombol SKIP akan berubah menjadi Next setelah anda memberikan gambar)
  18.  Gambar: Setup gambar profil page faceboook
    Setup gambar profil page faceboook
  19. Tambahkan halaman tersebut pada Favorit anda agar mudah mengaksesnya lalu klik tombol Next (Tombol Skip akan berubah menjadi Next setelah anda menambahkan pada favorit anda)
  20.  Gambar: Menambahkan fan page pada Favorites faceboook
    Menambahkan fan page pada Favorites
  21. Langkah terakhir adalah promosi Halaman. Bila anda ingin page anda menjadi terkenal dengan lebih cepat maka klik saja tombol Add Payment Method untuk menggunakan iklan berbayar dari facebook. Bila tidak, klik saja tombol Skip.
  22.  Gambar: Tawaran Promosi menggunakan Iklan Facebook
    Tawaran Promosi menggunakan Iklan Facebook
  23. Proses telah selesai dan anda aka masuk pada halaman baru facebook anda. Promosikan di blog anda
 Gambar: Halaman (page)Facebook yang baru dibuat
Halaman (page)Facebook yang baru dibuat

 

Tips Membuat Facebook Fan Page

  • Bila anda mengalami kendala bahasa (susah menggunakan bahasa Inggris), sebaiknya ubah facebook menjadi bahasa Indonesia terlebih dahulu
  • Kepada facebookers yang telah memberikan like untuk aimyaya diucapkan terima kasih. Semoga artikel di aimyaya bermanfaat .
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.