Cara Menambah Background Halaman Ms Word 2010

Oleh
Background dokumen akan membuat tampilan menjadi lebih menarik. Menambahkan background merupakan cara yang mudah, sehingga anda tidak perlu ikut kursus khusus untuk itu. Ada banyak macam penggunaan background, mulai dari hanya mewarnai background, atau pun memberikan gambar background khusus untuk halaman tertentu. Untuk mudahnya, topik pembuatan background pada dokumen Microsoft Word 2010 ini akan dibagi menjadi tiga macam. Yang pertama adalah mengganti warna background. Yang kedua membuat gambar menjadi latar sebuah halaman, dan yang terakhir membuat gambar menjadi background semua halaman.

Mengganti Warna Halaman Background

Untuk mengganti halaman background anda dapat melakukannya dengan tiga langkah sederhana, yaitu :
  1. Buka aplikasi microsoft word 2010 anda, serta langsung buka dokumen yang akan anda ganti halamannya atau buat ketikan baru
  2. Selanjutnya klik tab Page layout lalu klik tombol Page Color
  3. Kemudian pilih warna yang ingin anda gunakan sebagai dasar halaman, misalkan warna hijau muda ( light green ). Warna dasar halaman akan langsung berubah sesuai dengan warna yang anda pilih

Menjadikan Gambar Sebagai Background Halaman Word 2010

Selain penggunaan warna pada halaman, kita juga bisa menjadikan gambar sebagai background (latar belakang) halaman. Cara menjadikan gambar sebagai dasar / backgroun halaman dapat anda lihat pada empat langkah berikut ini:
  1. Buka dokumen atau ketikan anda
  2. Letakkan kursor pada halaman yang akan ditambahkan gambar background lalu sisipkan gambar melalui klik tab ribbon Insert lalu klik tombol Picture .
  3. Setelah gambar disisipkan lalu ubah properti gambar caranya: klik gambar lalu klik tab ribbon Format , klik tombol Wrap Text lalu pilih Behind Text .
  4. Selanjutnya silahkan perbesar/perkecil ukuran dengan drag sisi gambar, atur posisi, pencerahan, tingkat warna (brightness, contrast), maupun properti gambar lainnya.

Membuat Gambar menjadi Background Semua Halaman

Jika cara sebelumnya dengan mengatur properti wrap text gambar hanya menjadi background pada halaman tersebut, maka tentu akan melelahkan jika anda harus menggunakan gambar yang sama pada semua halaman yang ada di dokumen. Cara terbaik adalah dengan langsung memilih dan menjadikan gambar background pada semua halaman seperti yang terangkum dalam lima langkah berikut :
  1. Buka aplikasi dan dokumen yang akan diberikan warna background
  2. Klik tab ribbon Page layout lalu klik tombol Page color . Pada pilihan yang tersedia pilih Fill Effects
  3. Selanjutnya muncul dialog Fill Effects. Pilih tab Picture kemudian klik tombol Select Picture .
  4. Kemudian pilih file yang akan digunakan menjadi background/latar halaman lalu klik tombol Insert . Gambar tersebut selanjutnya akan menjadi background untuk semua halaman yang ada di dokumen.

 

Tips Menambah Background Halaman Ms Word 2010

Membuat warna dan gambar background tidak semata-mata akan langsung dapat dicetak. Bila warna atau gambar anda belum tercetak pada hasil print out maka anda harus mengatur terlebih dahulu Word Options untuk mengatur pencetakan warna dan gambar background di Microsoft Word 2010. Untuk lebih jelasnya lihat bagaimana cara print warna dan gambar background di Microsoft Word.
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.