Cara Menambah Font Komputer/Laptop

Oleh
Font merupakan jenis huruf yang digunakan di komputer terutama pada aplikasi seperti Microsoft Word, Photoshop, coreldraw, dan lain-lain. Anda pasti ingat font-font yang biasa kita kita pakai di microsoft word seperti calibry, arial dan times new roman. Koleksi file font-font tersebut yang tersedia di Windows umumnya terletak pada folder C:\Windows\Fonts atau C:\Winnt\Fonts. Adapun extension atau akhiran file yang sering digunakan adalah .ttf, .ttc, dan .fon, sedangkan untuk postscript font yang biasa digunakan oleh adobe photoshop adalah .pfb dan .pfm. Untuk menambah font kita biasanya bisa langsung copy saja pada folder lokasi font berada. Akan tetapi cara yang lebih tepat adalah melakukan install font langsung dari explorer. Sebelum install font tentu akan muncul pertanyaan: bagaimana cara mendapatkan file font yang baru? Anda bisa copy file font .ttf tersebut dari teman anda atau praktisnya download saja dari internet. Lantas dimana tempat / cara download font gratis? Gampang, gunakan saja font dari koleksi font google di google fonts. Oken kita akan bahas dua langkah untuk menambah font pada windows / komputer anda. Langkah pertama download font dari google. Langkah kedua adalah menginstall font pada komputer anda tersebut.

Cara Download Font dari Internet (google fonts)

Ada banyak situs di internet yang menyediakan font gratis dan berbayar. Tapi dari pengalaman saya, yang gratis pun sudah mencukupi keinginan kita. Salah satu penyedia font gratis tersebut adalah Google Fonts. Berikut cara download font dari internet khususnya dari Google Fonts :
  1. Buka jendela baru browser anda, lalu buka google fonts, atau mudahnya klik disini.
  2. Pilih font yang ingin anda install, masukkan semuanya dalam koleksi anda. Jangan terlalu banyak memilih agar proses download dapat berjalan singkat/cepat.
  3. Setelah font-font dipilih, klik tombol Add to Collection
  4.  Gambar: Koleksi font Google
    Koleksi font Google
  5. Selanjutnya pilih download as .zip file . Pilih dan ingat dimana lokasi dimana anda menyimpan file. Lalu mulai proses download.
  6. Tunggu hingga proses download font selesai lalu mulai dengan tahap selanjutnya: Install Font pada komputer .
 Gambar: Download Font dari Koleksi Google
Download Font dari Koleksi Google

Cara Tambah/Install Font ke Komputer

Setelah proses download selesai, file akan disimpan pada folder yang telah anda pilih. Anda bisa memulai melakukan penginstalan font pada windows dengan cara sebagai berikut:
  1. Buka folder lokasi download file font berada
  2. Buka kompresi file font, misalkan dengan menggunakan WinRAR. Klik kanan lalu pilih extract here
  3.  Gambar: Ekstraksi/dekompresi font hasil download dengan menggunakan WinRar
    Ekstraksi/dekompresi font hasil download dengan menggunakan WinRar
  4. Dari hasil ekstraksi, buka folder yang baru muncul tempat font berada
  5. lalu klik kanan pada file font (yang memiliki ekstensi .ttf) terus pilih Install
  6.  Gambar: Install font baru di komputer/laptop
    Install font baru di komputer/laptop
  7. Tunggu proses instalasi selesai. Lalu buka aplikasi yang akan menggunakan font, misalnya microsoft word.
  8. Pada daftar font microsoft word terlihat bahwa font baru (Devonshire) sudah terinstall. Selanjutnya silahkan anda gunakan dalam dokumen anda
  9. Jadi dapat disimpulkan, cara menambahkan font pada komputer juga akan otomatis sama dengan menambahkan font microsoft word juga.
 Gambar: Menggunakan font baru hasil download
Menggunakan font baru hasil download

 

Tips Menambah Font Komputer/Laptop

  • Jenis font yang banyak memang dapat memberikan pilihan yang lebih banyak dan luas akan tetapi semakin banyak font yang di install mama tentu akan semakin banyak memori yang diperlukan. Bahkan bila sampai terlalu banyak maka sedikit banyak justru dapat mengganggu kecepatan atau kinerja(performa) kompuer / laptop anda.
  • Untuk sinkronisasi desktop komputer dengan google fonts anda dapat melakukannya dengan mudah melalui aplikasi SkyFonts
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.