Cara Mengganti Program Aplikasi untuk Membuka File di Windows

Oleh
Saat melakukan instalasi terkadang program aplikasi yang kita install juga turut merubah atau mengganti program pembuka file dengan aplikasi yang baru. Jadi file-file yang sebelumnya dibuka oleh aplikasi lama akan diganti dengan program aplikasi baru. Isitilah kerennya, default program diganti sama yang baru. Masalah baru timbul ketika ada beberapa jenis file yang biasa kita buka dan gunakan dengan aplikasi program lama yang ikut diganti sama yang baru. Untuk mengembalikan atau mengeset ulang default aplikasi program untuk membuka file kita bisa lakukan melalui windows explorer seperti contoh berikut :
  1. Misalkan kita ingin mengganti aplikasi pembuka untuk file file dengan jenis tertentu
  2. Buka Windows explorer lalu klik kanan pada file yang akan dipilihkan aplikasi program default untuk jenis file tersebut
  3. Kemudian pada popup menu yang muncul pilih Open With lalu klik Choose default program
  4.  Gambar: Memilih aplikasi lain untuk membuka file
    Memilih aplikasi lain untuk membuka file
  5. Misalkan kita ingin mengganti program aplikasi untuk membuka file tersebut yang berupa Windows Photo Viewer kita ganti dengan IrfanView atau aplikasi lainnya yang ada di Recomended Programs. Atau bila anda ingin melihat lebih banyak program pembuka / pengganti lainnya klik saja tombol show/hide Other Programs . Lalu pilih aplikasi yang sesuai
  6. Setelah yakin untuk menggunakan program aplikasi yang baru klik tombol OK .
  7. Kini setiap anda klik ganda (double click) file dokumen, file tersebut akan langsung dibuka dengan menggunakan IrfanView .
 Gambar: Mengganti default aplikasi pembuka file dengan yang baru
Mengganti default aplikasi pembuka file dengan yang baru

 

Tips Cara Mengganti Program Aplikasi Pembuka File di Windows

Bila anda tidak melihat / menemukan program yang anda inginkan untuk menjadi default program untuk membuka file maka pilih file aplikasi tersebut dengan menggunakan tombol Browse . Tapi bila masih belum ada program yang sesuai juga, maka cari saja program aplikasi baru di internet melalui klik link Look for the appropriate program on the Web . PAda contoh di atas jenis file yang digunakan adalah .JPG. anda juga bisa mengganti aplikasi untuk membuka jenis file lainnya seperti .docx, xlsx, pptx, .tiff, dan jenis file lainnya. yang penting pilih saja file terlebih dahulu.
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.