Cara Efektif Menggunakan Antivirus

Oleh
Antivirus bertugas menjaga komputer/laptop kita dari ancaman dan gangguan virus terutama dari yang jenis yang berbahaya. Ternyata, penggunaan antivirus dituding dapat memperlambat kinerja komputer. Tapi hal ini memang sudah sewajarnya, karena dengan menggunakan aplikasi antivirus maka resource komputer pun akan turut terpakai, dan lebih parahnya lagi, setiap file yang akan dibuka atau dijalankan tentu harus melewati pengecekan oleh antivirus terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara agar komputer tetap cepat tetapi bebas dari virus? Jawabannya sederhana. Optimalkan saja penggunaan antivirus yang tersedia di komputer anda. Artinya, manajemen penggunaan antivirus agar se-efektif dan efisien mungkin. Untuk lebih jelasnya lihat beberapa tips menggunakan antivirus secara efektif berikut ini:

1. Jangan terlalu banyak menginstall antivirus di komputer

Penggunaan antivirus yang banyak dapat memakan resource komputer secara berlebih. Hal ini dapat menurunkan kinerja komputer secara drastis. Lebih parah lagi, sesama antivirus justru dapat saling menyerang satu sama lain karena mereka menganggap antivirus lain justru adalah virus yang harus dilumpuhkan.

2. Hilangkan konfirmarsi dari antivirus yang berlebihan

Bila setiap kali ada virus yang ditemukan dan antivirus memberikan konfirmasi yang harus kita klik atau tekan tombol OK, ignore, dsb tentu akan membuang waktu percuma. Kalau begitu, atur setting antivirus agar konfirmasi yang diberikan hanya cukup tampilan sesaat di atas tray icon, atau bahkan hilangkan saja konfirmasi tersebut. Kalau pada settingan antivirus tidak bisa diatur, ganti saja pakai anti virus yang lain. :)

3. Atur jadwal Update antivirus

AntiVirus selalu perlu di update. Tetapi proses update antivirus juga bisa menganggu kinerja komputer, atau bisa dibilang lebih banyak mengganggu koneksi internet anda. Aturlah proses update antivirus pada saat anda sudah tidak lagi menggunakan komputer. Yang membuat kesal, ketika koneksi ke internet terputus maka proses update harus dimulai lagi dari awal. Bila demikian, coba download virus database untuk update antivirus secara manual. Biasanya website pemilik antivirus menggunakan fasilitas resume download jadi kalau koneksi internet terputus kita bisa tetap melanjutkan (resume) download untuk bagian yang belum didownload saja. Setelah itu kita update antivirus kita secara manual juga.

4. Atur jadwal Scan saat komputer tidak sedang dipakai

Proses scan komputer memang memakan waktu dan resource yang cukup banyak. Bahkan, lebih berat proses scanning daripada download untuk update antivirus. Oleh karena itu, jadwalkan scanning pada saat komputer sedang tidak dipakai, misalkan sesudah jam pulang kantor, dan lain sebagainya. Dan disaat proses scan telah selesai, usahakan komputer akan mati secara otomatis. Tapi kalau anda tidak butuh scan komputer, matikan saja opsi jadwal scan otomatis.

5. Gunakan Antivirus Lisensi Pro atau Freeware

Antivirus biasanya dibuat menjadi beberapa versi, mulai dari yang gratis, ekonomis hingga versi Pro alias Profesional. Biasanya, semakin tinggi tingkatan kemampuan antivirus semakin mahal pula harganya. Daripada menggunakan versi trial, sebaiknya anda coba antivirus freeware yang benar-benar menawarkan versi gratis yang dapat diandalkan. Versi trial memang bagus sangat masih dalam masa uji coba, akan tetapi setelah masa uji coba / trial habis maka anda bisa disibukkan oleh berbagai informasi dan konfirmasi yang meminta anda untuk segera membeli versi asli berbayarnya.
 

Tips Menggunakan Antivirus dengan efektif

Kebutuhan akan anti virus bagi setiap orang berbeda-beda. Semakin tinggi anda berinteraksi menggunakan komputer (email, website, copy data/program, dsb)maka semakin penting pula peran antivirus dalam menjaga keamanan komputer anda. hal ini tergantung juga bagaimana anda melakukan cara scan virus komputer dengan efektif dan efisien.
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.