Cara Membuat Bayangan Gambar dan Teks Word 2010

Oleh
Membuat efek shadow pada gambar dan teks di Ms Word 2010 - Efek tampilan paling sederhana adalah bayangan. Bayangan yang dibentuk merupakan area gelap yang menyerupai benda (gambar maupun naskah) yang menjadi acuannya. Fasilitas pembuatan bayangan tersebut di microsoft word dapat digunakan pada gambar dan teks ketikan. Akan tetapi, langkah-langkah untuk pembuatan bayangan pada naskah teks dan gambar bisa dikatakan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Kedua cara membuat efek bayangan pada gambar dan teks naskah menggunakan microsoft word 2010 akan dibahas satu persatu lebih mendalam.

Cara Membuat Efek bayangan pada Gambar di Microsoft Word 2010

Pembuatan efek bayangan pada gambar relatif lebih mudah dan lebih terlihat secara visual karena gambar pada umumnya berukuran besar. Langkah-langkah paling mudah untuk membuat efek bayangan gambar adalah sebagai berikut :
  1. Pilih gambar yang akan dibuat bayangannya. Klik gambar tersebut
  2. Kemudian tanpa perlu susah-suah lagi, buka ribbon Format lalu pilih salah satu bentuk style gambar , misalkan Drop Shadow Rectangle
  3. Selanjutnya gambar akan langsung memiliki bayangan. Cara ini adalah cara termudah untuk membuat bayangan
Selain cara di atas, anda juga bisa membuat shadow pada gambar dengan memanfaatkan Picture Shadow sebagai berikut :
  1. Klik untuk memilih gambar
  2. Selanjutnya pada ribbon Format klik tombol Picture Effects lalu pilih Shadow
  3. Kemudian pada pilihan yang tersedia, pilih salah satu bentuk shadow yang akan digunakan, misalkan Offset diagonal Bottom Left.
  4. Gambar akan langsung memiliki shadow/bayangan
Sayangnya bayangan (shadow) yang tercipta dari cara di atas masih terlalu kecil/tipis untuk dilihat. Bila anda kurang menyukainya atur kembali secara manual pembuatan bayangan tersebut sePerti cara berikut:
  1. Kembali klik gambar
  2. Lalu klik lagi tombol Picture Effects lalu pilih shadow
  3. Kali ini pada pilihan yang tersedia klik Shadow Options
  4. Selanjutnya pada dialog Format picture anda akan otomatis menuju pada tab Shadow
  5. Atur kembali warna, blur(pengaburan), ukuran, tingkat transparan, jarak, dan sudut dari bayangan sesuai dengan kehendak anda.
  6. Aturlah bayangan sesuka anda. Perhatikan, ketika anda merubah nilai properties shadow maka microsoft word otomatis akan menampilkan preview / hasil pengaturan setting tersebut.

Cara Membuat Bayangan Tulisan/Teks

Fasilitas pembuatan bayangan pada tulisan atau ketikan mirip dengan pembuatan bayangan pada gambar. Kita bisi memilih jenis bayangan yang akan dibuat apakah mau di sebelah kiri bawah, kanan atas, dan lain sebagainya. Berikut ini cara membuat bayangan teks / tulisan di microsoft word 2010:
  1. Pertama-tama blok atau sorot terlebih dahulu tulisan yang akan dibuat bayangannya.
  2. Selanjutnya pada ribbon Home klik dropdown tombol Text Effects lalu pilih Shadow
  3. Dari pilihan yang ada pilih salah satu metode pembuatan bayangan pada tulisan, misalkan Offset diagonal bottom left untuk membuat bayangan pada kiri bawah.
  4. Bayangan tulisan akan segera tampil sesuai pilihan anda.
  5. Jika ingin mengatur lebih lanjut bayangan pada tulisan tersebut, maka anda dapat melakukannya dengan cara memilih Shadow Options pada pilihan shadow.
  6. Cara pengaturan setting shadow pada teks mirip dengan pengaturan bayangan gambar.

 

Tips Membuat Bayangan Gambar dan Teks Microsoft Word 2010

  • Bayangan pada teks ketikan biasanya kurang atau tidak terlihat karena tulisan tersebut berukuran kecil. Oleh karena itu pemberian bayangan pada tulisan akan lebih bermanfaat jika ukuran font tulisan berukuran besar
  • Untuk gambar anda juga bisa menggabungkan pembuatan bayangan dengan mode pengeditan gambar lainnya, seperti dengan menghilangkan gambarnya terlebih dahulu. Contoh pengabungan tersebut seperti terlihat pada gambar di bawah ini

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Bayangan Gambar dan Teks Word 2010. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.