Cara Membuat Border Teks di Ms Word 2010

Oleh
Bagaimana cara membuat border di Microsoft Word 2010 - Pembuatan bingkai atau lebih dikenal dengan istilah border sering dilakukan di microsoft word. Kita bisa membuat border pada teks ketikan, paragraf, dan juga halaman. Menariknya, border yang dibuat bisa diatur sesuai kehendak hati kita. Jadi kita bisa membuat sebuah halaman dengan border sedangkan halaman berikutnya tidak menggunakan border, mewarnai border yang digunakan, merubah bentunk garis border, dan masih banyak lagi. Dari semua kemampuan pembuatan border yang telah disebutkan tadi kita hanya akan membahas beberapa di antaranya di bawah ini.

Membuat Border pada Teks ketikan

Hal yang paling sering dilakukan adalah membaut border atau bingkai pada teks ketikan. Border tersebut bisa membingkai hanya teks tertentu saja, sebuah paragraf atau bahkan beberapa paragraf sekaligus. Contohnya seperti ini:
  1. Pertama-tama sorot atau blok teks yang akan dibuat bingkainya
  2. Selanjutnya klik ribbon Home lalu pada grup paragraph klik tombol dropdown border
  3. Pada daftar border klik saja outside border untuk memberikan border kotak pada teks tersebut. Hal yang sama bisa anda lakukan juga untuk paragraf. Yang penting, teks yang anda sorot itulah yang akan dibuat bordernya.

bagaimana cara membuat border dengan warna dan bingkai tertentu

Setelah terbiasa membuat border dengan tampilan standar seperti cara di atas, tentu ingin bagaimana cara membuat border dengan warna tertentu atau sekaligus dengan garis border yang lain. Hal ini tentu dimaksudkan untuk membuat arti yang berbeda atau meningkatkan daya tarik pembaca. Cara membuat border dengan warna dan bingkai tertentu adalah sebagai berikut :
  1. Seperti biasa kita sorot atau blok teks yang akan diberikan border
  2. Selanjutnya tampilkan kembali daftar border yang ada pada ribbon home , hanya saja kali ini kita akan memilih border and shading
  3. Selanjutnya pada dialog Borders and shading pada pilihan setting klik bentuk Box
  4. Lalu pada Style pilih jenis garis yang akan anda gunakan baik garis double, putus-putus atau yang lainnya
  5. Selanjutnya pilih warna pada isian Color , dan bila perlu ubah ukuran garis pada kotak isian Width
  6. Setelah pengaturan selesai klik tombol OK

 

Tips Membuat Border Teks di Ms Word 2010

  • Apabila anda merubah warna dan garis border maka warna dan garis tersebut akan menjadi “standar” yang akan digunakan saat anda mengakses tombol border
  • Selain border teks, anda juga bisa memberikan border pada halaman dan bahkan border tersebut dibuat dari gambar tertentu

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Border Teks di Ms Word 2010. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.