Cara Membuat Harga Spesial Seperti Pizza ***

Oleh
Masih bahasan seputar tentang diskon. Saya jadi ingat saat saya bersama teman-teman makan di restoran Pizza *** yang terkenal itu. Saat melihat menu semua harga makanan yang disediakan semuanya serba aneh tapi spesial. Harga pizza yang tertera pada menu ada yang Rp 37.273, Rp 72.727, Rp 110.909 dan masih banyak lagi. Tapi anehnya saat dibayar ke kasir, semua harga justru menjadi lengkap kelipatan Rp 1.000 setelah ditambahkan pajak pertambahan nilai (PPN) 10%. Harga-harga tersebut kemudian menjadi Rp 41.000, Rp 80.000, dan Rp 122.000. Kok bisa yah ? :D Ternyata secara matematis harga spesial seperti yang tercantum di menu Pizza *** memang bisa dibuat dan dengan microsoft excel perhitungan harga pun dapat cepat dilakukan. Untuk menghitung harga tersebut dapat dijelaskan seperti ini. Misalkan harga sebuah pizza pada daftar menu adalah M, maka Harga pizza yang dibayar (P) :

P = Harga + pajak = M + 10%M = M + 0,1M = 1,1M

Atau bisa dibilang harga yang harus dicantumkan adalah :

M = P / 1,1

Jadi jika kita ingin pelanggan membayar sejumlah P = 95000, maka harga yang dicantumkan dalam daftar menu adalah M = 95000 / 1,1 = 86364

Untuk perhitungan di excel bisa seperti berikut :

  1. Misal isi sel A2 adalah 95000 , maka untuk menghitung harga yang akan ditampilkan pada menu kita hitung dengan =A2/1.1 dan hasilnya akan disimpan pada sel B2 . Nilai yang didapat adalah 86364 .
  2. Untuk memastikan, kita coba tambahkan saja nilai tersebut di tambah 10% dari nilai tersebut, tentu hasilnya adalah 95000 (lihat Sel C5 ).

 

Tips Cara Menghitung Harga Spesial Seperti Pizza ***

Dengan menggunakan angka spesial tersebut pelanggan akan merasa murah, karena males menghitung nilai total setelah ditambah PPN. Sehingga pelanggan juga tidak ragu untuk memesan pizza dengan ukuran terbesar sekalipun. Jika anda punya bisnis / berdagang serupa, tidak ada salahnya anda juga mencoba menggunakan metode harga seperti itu agar dagangan cepat laris dan keuntungan semakin besar.

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Harga Spesial Seperti Pizza ***. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.