Cara Mengatasi Masalah USB Flashdisk Tidak Dikenal(Not recognized)

Oleh
Saat mencolok USB Flashdisk pada komputer atau laptop biasanya akan muncul notifikasi ada perangkat baru yang terdeteksi oleh Windows. Akan tetapi lain halnya bila yang muncul justru adalah notifikasi bahwa USB tidak dikenal alias USB Not Recognized. Bila pesan tersebut yang muncul justru kita menjadi bertanya-tanya, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Kok USB flash disk kita tidak terdeteksi padahal pada sebelumnya kita gunakan flashdisk tersebut tidak ada masalah. Pikiran akan kehilangan data pun mulai muncul. Apalagi kalau pada flashdisk tersebut berisi data tugas kantor atau parahnya skripsi/tesis kita yang sudah hampir beres.. :( Jangan panik. Untuk mendapatkan kembali data dari flashdisk error tersebut ada beberapa cara atau langkah mudah untuk mengatasi masalah flashdisk yang tidak dikenal alias tidak terbaca oleh windows, yang dapat dilakukan sebelum kita mencobanya ke tempat orang profesional. Langkah-langkah tersebut dapat anda lihat berikut ini:

1. Pastikan secara fisik Flashdisk masih bagus

Lihat dan amati secara fisik bahwa flashdisk yang anda gunakan masih bagus, konektor tidak ada yang bengkok atau apalagi patah. Bila flashdisk basah karena terendam/tersiram air jangan dicolok atau disambungkan dahulu ke komputer/laptop. Pastikan terlebih dahulu flashdisk telah benar-benar kering termasuk hingga ke bagian dalam. Anda bisa menggunakan bantuan peniup angin/hair dryer untuk mengeringkan flashdisk.

2. Coba pada beberapa colokan komputer

Seperti halnya flashdisk, pastikan juga colokan di laptop/komputer secara fisik masih bagus. Jika flashdisk masih belum terdeteksi juga coba pada beberapa colokan USB lain yang tersedia di komputer/laptop. Kadang ada pin connecor yang sudah longgar sehingga kurang pas pada flashdisk. Atau mungkin, anda mencolokkannya pada USB hub yang kurang bagus daya/voltase listriknya. Kalau demikian, cobalah langsung mencolokkan flashdisk pada connector yang tersedia di laptop/komputer.

3. Restart Komputer

Kemungkinan flashdisk tidak terdeteksi karena terjadi konflik secara software atau juga bisa disebabkan karena ada muatan listrik (statis) yang ada di komputer. Coba matikan komputer/laptop terlebih dahulu lalu cabut semua sambungan listrik dan batere untuk beberapa saat. Setelah itu pasang kembali batere dan sambungan kabel listrik lapotp/komputer, nyalakan, dan colokkan pada socket usb .

4. Atur device manager / update driver

Bila problem usb tidak terdeteksi masih berlanjut, teruskan dengan upaya mengatur device manager.
  1. Buka dialog device manager dengan cara :
    • klik tombol Start lalu klik Control Panel. Selanjutnya klik Hardware and sound lalu pilih Device Manager, atau
    • klik tombol start lalu ketik Device Manager, lalu dari hasil pencarian pilih Device Manager
  2. Pada dialog device manager biasanya akan ada item dengan tanda seru kuning. Klik item tersebut lalu hapus dengan menekan tombol keyboard Delete. Lalu lakukan kembali klik tombol / menu Scan for Hardware changes. Biarkan windows yang menemukan perangkat USB dan otomatis menginstall driver.
  3. Bila masih gagal, lakukan Update driver secara manual atau anda bisa meminta windows untuk mencarinya secara otomatis. Caranya klik kanan lalu pilih Update driver software lalu ikuti petunjuk yang diberikan.

5. Uninstall driver

Bila usb flashdisk bisa terdeteksi pada komputer lain sedangkan pada laptop/komputer kita tidak bisa terdeteksi maka hal ini patut kita waspadai. Bila sebelumnya USB flashdisk tidak ada masalah dan dapat terdeteksi di komputer kita maka hal ini berarti kemungkinan adanya konflik driver. Mungkin anda telah melakukan instalasi software atau driver untuk perangkat tertentu. Anda dapat mencoba uninstall driver dengan cara menggunakan system restore yang disediakan windows bila memungkinkan.
 

Tips Mengatasi Masalah USB Flashdisk Tidak dikenal (Not recognized)

  • Kata pepatah: Mencegah lebih baik daripada mengobati. Merawat flashdisk tentu lebih mudah daripada memperbaiki flashdisk. Kerusakan pada flashdisk bisa juga disebabkan karena anda menyolokan flashdisk pada socket USB komputer yang mengandung muatan listrik berlebih (korslet)
  • Jika flashdisk tetap tidak bisa terdeteksi, cobalah hubungi para tekhnisi profesional untuk menyelamatkan data anda. Tetapi bila data yang ada tidak terlalu penting dan masih tersedia backup yang lainnya pikirkanlah untuk mengganti USB flashdisk saja.
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.