Cara Menyimpan Webiste di Firefox

Oleh
Saat browsing internet seringkali kita menemukan artikel atau bahan bacaan yang penting dan menarik. Karena waktu yang terbatas, kita perlu menyimpan halaman situs tersebut pada komputer untuk dibaca lain waktu di saat offline (tidak tersambung ke internet). Kelebihan dari menyimpan halaman website pada komputer adalah kita bisa membacanya saat kapan pun kita suka dan memiliki waktu dan kesempatan untuk membaca. Fasilitas penyimpanan halaman website juga disediakan di Mozilla firefox. Caranya pun sangat mudah seperti contoh berikut ini:
  1. Jalankan mozilla firefox lalu buka halaman website yang anda inginkan
  2. Selanjutnya klik tombol Firefox lalu pilih Save Page as.. , atau mudahnya tekan saja tombol CTRL+S
  3. Kemudian pada dialog Save As pilih folder tempat file akan disimpan sekaligus berikan juga nama file untuk file tersebut. Secara default nama file adalah nama judul dari website, misalkan cara aimyaya.. :)
    Untuk jenis file ada beberapa macam tipe penyimpanan file :
    • Web page, complete , jika opsi ini dipilih maka firefox akan menyimpan seluruh halaman web termasuk dengan semua gambar, javascript, file css, dan lain-lain yang ada di halaman tersebut. Dengan demikian anda dapat melihat halaman web yang telah disimpan sebagaimana aslinya, walaupun struktur tautan HTML akan berbeda dibandingkan halaman aslinya. Selain itu, Firefox juga akan membuat direktori baru yang namanya mengandung nama file yang anda berikan dan folder tersebut menjadi tempat seluruh gambar dan berkas yang diperlukan untuk membuka halaman yang akan disimpan.
    • Web page , HTML only, Jika anda memilih opsi ini maka firefox akan menyimpan halaman asli namun tanpa disertai dengan file style css, gambar, javascript dataupun file pendukung lainnya,. Seluruh struktur tautan HTML akan disimpan pada satu berkas sebagaimana halaman aslinya.
    • Text files , firefox akan menyimpan akan menyimpan website sebaga berkas teks. Struktur tautan (link) HTML tidak akan tersimpan. Kelebihan dari penggunaan jenis penyimpanan ini adalah anda dapat membuka file hasil simpanan dengan menggunakan aplikasi editor teks seperti notepad dan wordpad yang ada di windows.
    • All files , Pada dasarnya sama, opsi ini sama halnya dengan dengan opsi "Web page, HTML only", tetapi kita bisa menentukan sendiri ekstensi berkas yang akan digunakan, misalnya .htm atau .shtml.
    • Untuk mudahnya pilih saja opsi Web page, complete , agar semua gambar dan berkas lain yang diperlukan juga ikut disimpan pada laptop/komputer.
  4. Mulai proses penyimpanan file dengan klik tombol Save
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses penyimpanan file (download) selesai.

 

Tips Menyimpan Webiste di Firefox

Proses menyimpan file terkadang membutuhkan waktu seperti halnya waktu yang anda butuhkan untuk membuka halaman tersebut. Terkadang, file hasil penyimpanan tidak sama persis dengan ketika anda membuka file tersebut di firefox. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti proses penyimpanan yang tidak sempurna, penggunaan javascript, ataupun yang lainnya. Jika anda hanya perlu menyimpan gambar saja maka coba juga gunakan cara menyimpan gambar website ke harddisk laptop/komputer.
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.