Cara Mudah Menghitung Angka pada Tabel di Ms Word

Oleh
Kemampuan untuk menghitung dan menjumlahkan angka pada tabel dengan menggunakan formula/rumus semakin menambah lengkap fasilitas pembuatan tabel ada di microsoft word. Dengan menggunakan perintah atau fungsi SUM() kita bisa secara otomatis melakukan proses perhitungan atau penjumlahan angka-angka yang ada di tabel, baik berupa penjumlahan mendatar (horizontal), meninggi(vertikal) atau pun penjumlahan khusus pada sel-sel tertentu. Untuk lebih jelasnya, cara menghitung angka pada tabel microsoft word dapat disimak pada langkah-langkah yang digunakan pada contoh di bawah ini:
  1. Terlebih dahulu buat dan isikan angka pada tabel di microsoft word
  2. Selanjutnya taruh kursor teks pada bagian (sel) yang akan diisi dengan nilai penjumlahan, misalkan pada sel di kolom paling kanan
  3. Kemudian klik tab ribbon Insert lalu klik tombol Quick Parts , lalu dari daftar pilihan yang ada klik tombol Field
  4. Selanjutnya pada dialog Field pilih Formula lalu klik tombol Formula
  5. Isikan rumus yang akan anda gunakan, misal ketik =SUM(LEFT) untuk menjumlahkan nilai / angka dari semua sel yang berada di bagian kiri. Atur juga format hasil penjumlahan bila perlu, lalu klik tombol OK
  6. Setelah sebuah field formula selesai dibuat, lanjutkan dengan sel berikutnya atau lakukan saja dengan copy / paste formula tersebut untuk menghitung / menjumlahkan baris kedua, ketiga dst.
    Pada hasil copy paste angka yang tampil masih belum di update, jadi lakukan dulu update dulu satu persatu secara manual dengan cara klik kanan pada rumus tersebut lalu pilih Update Field.
  7. Setelah selesai, lanjutkan lagi dengan membuat rumus untuk menghitug angka secara vertikal. Caranya sama seperti langkah-langkah diatas akan tetapi rumus =SUM(LEFT) diganti menjadi =SUM(ABOVE) , maksudnya akan menjumlahkan nilai/angka secara vertikal yang ada pada sel di bagian atasnya.

 

Tips Mudah Menghitung Angka pada Tabel di Word

Untuk mengedit rumus / formula yang anda buat, gunakan saja tombol ALT+F9 .

 

posting :
How To Calculate Numbers in Microsoft Word Table

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.