Cara Scan Virus Komputer yang Efektif Dan Efisien

Oleh
Penggunaan antivirus yang efektif dan efisien khususnya saat scanning disk mutlak diperlukan agar komputer bebas virus dan waktu tidak terbuang percuma. Scanning program dan folder mutlak diperlukan untuk memastikan bahwa setiap file dan sistem yang akan diakses terbebas dari virus dan untuk itu anda sebaiknya menggunakan antivirus agar efektif dan efisien. Meskipun demikian, proses scanning virus memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips scan virus di komputer/laptop dapat berjalan dengan cepat dan efisien dengan hasil yang efektif dan optimal.

1. Pastikan antivirus selalu Up to date

Pastikan program antivirus yang anda pakai selalu di update alias up to date. Beberapa antivirus terkenal biasanya meminta anda memperbaharui database / virus pattern, atau bahkan meminta anda meng update program antivirus nya juga. Jadi saat melakukan scanning anda menggunakan data virus terbaru. Jika tidak, bisa jadi virus baru yang ada tidak terdeteksi sehingga anda harus melakukan scanning ulang. Jika demikian maka ktia akan rugi waktu.

2. Lakukan Scan Awal menyeluruh

Saat antivirus baru selesai diinstall lakukan scan semua program dan folder yang ada di harddisk dan termasuk di flashdisk. Hal ini untuk memastikan bahwa semua file, program, folder dan sistem yang anda gunakan bebas dari virus, baik jenis virus lama maupun virus baru .

3. Scan Secara Spesifik

Setelah melakukan scan antivirus secara menyeluruh, tahap berikutnya adalah melakukan scan pada file atau folder tertentu saja secara spesifik. Bila hanya punya waktu sedikit, scan saja pada area system dan folder sistem. Atau, anda bisa scan pada folder atau file tertentu terutama saat anda hendak menggunakan datapada flashdisk atau pun setelah download file. Hal ini akan menghemat waktu dibandingkan jika harus menscan keseluruhan komputer. Lagipula kita telah pernah melakukan scan menyeluruh sebelumnya, jadi pemeriksaan hanya khusus pada file/folder yang baru dan belum pernah di scan.

4. Scan Saat Komputer sedang tidak digunakan (idle)

Pastikan secara reguler atau teratur bahwa semua file dan sistem bersih dari virus tanpa harus mengganggu waktu anda bekerja atau menggunakankomputer. Caranya adalah scanning saat komputer sedang tidak digunakan ataupun tidak dipakai untuk bekerja. Mungkin saat makan siang, atau saat malam hendak tidur. Anda bisa mengkombinasikan juga dengan waktu untuk mematikan komputer. Bila anda menggunakan avira maka atur jadwal scan melalui Administration --> Scheduler.

5. Atur tipe file yang di scan

Untuk mempercepat proses scanning anda bisa mengatur jenis file yang akan di cek. Pada beberapa antivirus fasilitas pengaturan setting ini disediakan. Pilihlah jenis file yang menurut anda sering dicurigai mengandung virus seperti file dengan ekstensi .EXE, LNK, COM, .doc dan lain sebagainya. Pada Avira, atur konfigurasi tersebut di Extras --> Configuration
 

Tips Scan Antivirus dengan Efektif Dan Efisien

  • Bila anda ingin proses scanning sedikit lebih cepat dapat anda lakukan pada windows dengan kondisi Safe Mode. Pada safe mode hanya file system utama saja yang aktif sehingga file yang diperiksa pun bisa menjadi lebih sedikit. Tetapi resiko file sistem pendukung yang terkena virus justru jadi ancaman. Oleh karena itu, syarat untuk menjalankan scanning pada safe mode adalah minimal harus sudah pernah melakukan scanning secara menyeluruh sebelumnya (poin 2). Hal ini untuk memastikan bahwa sistem pada komputer telah berjalan dengan baik dan bersih dari virus.
  • Bila komputer anda baru di install karena terserang virus, maka program aplikasi yang harus di install pertama kali adalah antivirus dan update data antivirus tsb. Setelah itu jalankan scan pada seluruh hard disk komputer / laptop (menyeluruh) agar semua virus bisa dibersihkan dari komputer. agar diperhatikan bahwa program antivirus harus dijalankan terlebih dahulu sebelum anda mulai menggunakan komputer meskipun itu cuma untuk mencari file melalui fasilitas pencarian yang disediakan oleh windows

Terima kasih telah membaca Cara Scan Virus Komputer yang Efektif Dan Efisien. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.