March 2013

Oleh

Cara Mengatur Garis Border Tabel Ms Word

Microsoft word memiliki fasilitas yang dapat kita gunakan untuk mengatur garis border/pembatas antara baris, kolom atau sel pada tabel microsoft word sehingga kita bisa mengganti, mengubah atau mengatur sesuai kehendak kita baik untuk warna, ketebalan maupun bentuk/style garis border tersebut. Untuk pengaturan garis border tabel ada tiga cara yang biasa kita lakukan. Pertama, melalui tombol Border yang ada di grup Paragraph pada ribbon Home. Kedua, melalui grup Draw Borders yang ada pada ribbon design, dan cara yang ketiga adalah melalui dialog Border and Shading. Ketiga cara tersebut akan dibahas satu persatu berikut ini.

Mengatur Garis Tabel Menggunakan Tombol Border

Pengaturan dengan menggunakan tombol Border yang ada di grup Paragraph yang ada di ribbon Home adalah yang paling sering digunakan. Secara default, garis border tabel yang disediakan berwarna hitam (automatic). Untuk mengganti atau menghilangkan border bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat.

  1. Misalkan kita ingin mengelompokkan 5 buah baris/data dengan cara menghilangkan garis datar (horizontal) yang menjadi pembatas baris
  2. Kita sorot / blok terlebih dahulu sel atau baris yang akan diatur garis border nya.
  3. Kemudian klik ribbon Home lalu pada grup Paragraph klik tombol dropdown untuk Border .
  4. Dari daftar tombol pengaturan garis yang disediakan, klik tombol Inside Horizontal Border .
  5. Garis pembatas antar baris yang ada akan menghilang.

 Gambar: Mengganti dan mengatur border tabel dengan cepat di microsoft word

Pada daftar pilihan border ada 12 tombol yang bisa digunakan :
  1. Bottom border : garis pembatas / border bagian bawah
  2. Top Border : garis pembatas / border bagian atas
  3. Left Border : garis pembatas / border bagian kiri
  4. Right Border : garis pembatas / border bagian kanan
  5. No Border : tanpa garis pembatas/ border
  6. All Borders : semua garis pembatas (border)
  7. Outside Borders : semua garis pembatas / border bagian luar
  8. Inside Borders : semua garis pembatas / border bagian dalam (vertikal dan horizontal)
  9. Inside Horizontal Border : semua garis pembatas / border bagian dalam yang horizontal
  10. Inside Vertical Border : semua garis pembatas / border bagian dalam yang vertikal
  11. Diagonal Down Border : garis border diagonal yang menurun (seperti backslash)
  12. Diagonal Up Border : garis border diagonal yang menaik (seperti slash atau garis miring)

Semua tombol untuk pengaturan garis tabel diatas (kecuali tombol No Border ) berlaku sebagai toggle button. Artinya, jika garis / border belum ada maka akan dibuat menjadi ada, sedangkan bila garis/border sudah ada maka akan dibuat menjadi tidak ada.
Meskipun cara ini relatif cepat dan mudah, kelemahan dengan menggunakan cara ini adalah kita tidak bisa mengganti warna garis dan jenis garis yang akan digunakan.


Mengatur Garis Tabel Menggunakan Draw Borders

Mengatur tabel dengan draw border merupakan alternatif yang dapat dipakai untuk mempercantik tampilan tabel. Dibanding dengan cara yang pertama, kelebihan dari pengaturan garis dengan draw border adalah kita bisa mengganti warna dan jenis garis border yang akan digunakan. Selain itu, melalui fasilitas ini kita bisa melakukan perubahan secara visual langsung pada tabel sehingga kita bisa langsung melihat baik buruknya perubahan yang kita lakukan. Sebagai contoh kita akan membuat agar garis yang ada di bawah header (kepala) tabel akan dibuat menjadi garis ganda (double) seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

 Gambar: Contoh hasil pengaturan border tabel dengan draw borders di microsoft word


  1. Pertama-tama klik pada tabel yang akan diubah. Hal ini perlu dilakukan untuk memunculkan ribbon Design pada Table Tools .
  2. Klik tab ribbon Design.
  3. Selanjutnya klik tombol dropdown pada Line Style
  4. Pilih jenis garis yang akan digunakan pada tabel, misalkan pilih double lines (garis ganda).
  5. Kursor mouse akan berubah menjadi pensil , mulailah menggambar garis pada tabel.
  6.  Gambar: Memilih garis border yang akan digunakan di microsoft word
  7. Tarik garis dari kiri ke kanan atau klik dari kiri lalu drag ke arah kanan lalu lepaskan. Garis tersebut akan berubah menjadi garis ganda (double). Saat proses dilakukan, anda akan melihat garis yang ada pada tabel akan ditandai.


 Gambar: Membuat garis border (double lines) pada garis border yang berada di bawah header (kepala) tabel microsoft word


Selain mengganti jenis garis, anda juga dapat mengganti warna garis border tabel dengan memilih warna pada Pen yang akan digunakan. Misalkan untuk menggunakan garis tabel dengan warna merah maka anda dapat melakukan cara berikut: klik tombol dropdown Pen Color lalu pilih warna Merah (Red ). Selanjutnya lakukan draw border pada tabel.


 Gambar: Memilih warna untuk garis border di microsoft word


Meskipun cara ini memiliki kelebihan yakni bisa mengganti warna dan jenis garis border tabel, akan tetapi jika kita harus melakukan draw border berkali-kali tentu saja bisa-bisa tangan kita jadi kram atau mouse bisa cepat rusak karena kita harus drag berkali-kali. :D Bila memiliki pola atau aturan tersendiri yang bisa diulang, maka sebaiknya gunakan saja cara yang ketiga alias menggunakan dialog border and shading.


Mengatur Garis Tabel Menggunakan Draw Borders

Setelah kita bahas menggunakan tombol Border dan Draw Border, kini kita akan bahas cara yang ketiga atau terakhir. Cara ini sangat efektif dan relatif cepat jika tabel yang akan kita atur bordernya memiliki pola penggarisan tertentu, misalkan garis antar baris berupa garis putus-putus, garis setelah kepala (header) tabel adalah garis double, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan dialog Border and shading berikut ini.

  1. Pertama-tama pilih tabel yang akan di atur. Sorot / blok sel yang akan diatur bordernya, misal untuk semua baris data (kecuali header).
  2. Setelah itu klik kanan pada area yang sudah di blok tadi. Pada popup menu yang muncul klik Border and Shading
  3.  Gambar: Memunculkan dialog border and shading untuk pengaturan border tabel di microsoft word
  4. Pada dialog Border and shading , pilih tab Borders
  5. Selanjutnya pada bagian Setting pilih Custom
  6. Pada bagian Style pilih garis ganda (double lines)
  7. Lalu pilih warna untuk garis tersebut, misalkan warna merah (red )
  8. Lalu pada bagian Preview , klik tombol untuk border bagian atas, klik sampai muncul / menjadi garis ganda berwarna merah
  9.  Gambar: Membuat garis border double lines berwarna merah pada tabel microsoft word
  10. Selanjutnya untuk membuat garis pembatas antar baris menjadi putus-putus, terlebih dahulu klik garis putus-putus yang ada di bagian Style
  11. Pastikan bahwa warna garis tersebut adalah Automatic atau hitam
  12. Kemudian klik tombol Horizontal bagian dalam sampai muncul garis putus-putus
  13. Setelah selesai, kik tombol OK .
  14.  Gambar: Membuat pembatas baris tabel microsoft word menjadi garis putus-putus
  15. Border tabel anda akan berubah menjadi garis ganda berwarna merah pada border setelah kepala (header) tabel, sedangkan garis antara baris akan menjadi garis putus-putus.

 Gambar: Contoh hasil pengaturan border tabel ddengan menggunakan dialog Border and shading di microsoft word



 

Tips Cara Mengatur Garis Border Tabel Microsoft Word


  • Tombol border selain ada di ribbon Home juga ada di grup Table Styles pada ribbon Design yang merupakan bagian dari Table Tools .
  • Dari ketiga cara pembuatan garis border tabel di atas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut tips untuk menggunakan masing-masing cara tersebut:
    • Gunakan cara pertama atau gunakan tombol Border yang ada di ribbon Home jika anda ingin mengatur border tabel dengan cepat, tanpa memerlukan atau tanpa harus mengganti warna dan jenis garis yang akan digunakan pada border tabel
    • Gunakan cara kedua (dengan draw borders) jika anda ingin mengganti secara langsung (visual) garis border pada tabel satu persatu, terutama jika garis yang akan di atur tidak memiliki pola tertentu
    • Gunakan cara ketiga (dengan dialog Border and shading) jika garis yang akan di atur sangat banyak dan memiliki pola atau aturan tertentu dalam pembuatan garis border.

Cara Cepat Memberi Warna Sel di Tabel Ms Word

Warna pada sel tabel dapat memberikan makna yang khusus atau berbeda, atau setidaknya akan membuat pembaca merasa nyaman dan tertarik untuk membaca data yang disajikan. Microsoft menyediakan fasilitas pemberian warna sel tabel baik untuk masing-masing (individual) sel ataupun gaya (style) pewarnaan untuk tabel yang telah disediakan.

Cara cepat memberikan warna Sel Secara Manual (satu persatu)

Biasanya sebuah atau beberapa sel dari tabel perlu diwarnai berbeda untuk menandakan bahwa sel tersebut memang spesial atau khusus. Pewarnaan latar belakang (kotak) sel satu persatu pada tabel dapat menggunakan fasilitas shading yang terletak di grup Paragraph. Berikut contoh untuk pemberian warna untuk sel secara manual satu persatu dengan cepat:
  1. Pilih sel yang akan diberikan warna
  2. Klik ribbon Home lalu pada grup Paragraph klik tombol dropdown Shading
  3. Pada daftar warna yang muncul pilih salah satu warna, misalkan warna kuning (Yellow )
  4. Sel yang dipilih (disorot) akan menjadi warna kuning.
  5. Sebelum anda melakukan perintah/pekerjaan yang lain, untuk mempercepat proses penandaan (dengan warna yang sama), pilih sel yang lain lalu tekan tombol F4 atau tekan CTRL+Y yang merupakan shortcut untuk mengulangi perintah (command) terakhir. Lakukan secara berulang hingga semua sel selesai diwarnai

 Gambar: Memberikan warna sel pada tabel microsoft word


Cara Cepat Mewarnai Sel Tabel dengan Table Style

Cara yan lain dapat digunakan untuk pewarnaan pada tabel adalah dengan menggunakan fasilitas Table Styles yang ada di ribbon Design. Kita bisa memilih berbagai bentuk tampilan tabel yang sesuai dengan keinginan kita. Berikut cara menggunakan table style pada microsoft word 2010 :
  1. Pilih (klik/sorot) tabel yang akan kita ubah tampilannya
  2. Selanjutnya klik tab ribbon Design
  3. Lalu dari daftar Table Styles pilih salah satu tampilan yang akan digunakan. Misalkan Medium Shading 1 – Accent 2
  4. Tabel akan berubah dengan nuansa warna merah maroon

 Gambar: Menggunakan style (Medium Shading 1 – Accent2) pada tabel microsoft word



 

Tips Cara Cepat Memberi Warna Sel di Tabel Microsoft Word

  • Pengunaan warna sel dalam sebuah tabel sebaiknya tidak terlalu banyak variasi (jumlah) warnanya kecuali memang harus seperti itu. Bila demikian, sebaiknya diberikan juga keterangan / legend dari penggunaan warna.
  • Gunakan dahulu table style pada tabel milik anda baru setelah itu merubah warna pada sel yang khusus.

Cara Mengatur Posisi Tulisan di Tabel Ms Word

Tampilan tabel yang bagus akan sangat enak untuk dilihat dan menarik minat orang untuk membaca. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan mengatur letak atau posisi tulisan (teks) yang ada di dalam sel Tabel, baik secara horizontal (rata kiri, kanan, tengah, justify) ataupun secara vertikal (atas, tengah dan bawah). Untuk mengatur teks yang ada di dalam tabel kita bisa menggunakan fasilitas yang ada di grup Alignment yang ada di ribbon Layout pada Table Tools.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh cara pengaturan teks berikut :

  1. Misalkan kita akan mengatur teks yang ada pada judul tabel agar terletak di dalam tabel dengan posisi ditengah-tengah baik secara vertikal maupun horizontal.
  2. Sorot atau blok sel yang ada pada header (kepala) tabel
  3. Kemudian klik ribbon Layout yang merupakan bagian dari Table Tools
  4. Lalu klik tombol Align Center untuk membuat posisi teks ditengah-tengah baik secara vertikal maupun horizontal.
  5. Teks selanjutnya akan berada ditengah baik secara vertikal dan horizontal.


 Gambar: Cara membuat teks ditengah-tengah sel tabel microsoft word


Selain membuat teks ditengah secara vertikal dan horizontal, ada pilihan lainnya yang ada di grup Alignment yang bisa anda gunakan sehingga anda bisa menggabungkan posisi teks vertikal (atas, tengah, bawah) dengan posisi teks horizontal ( kiri, tengah, kanan). Untuk lebih jelasnya lihat penggunaan tombol berikut :

 Gambar: Pembagian tombol untuk pengaturan teks di sel tabel microsoft word baik secara horizontal (rata kiri, tengah, kanan) dan secara vertikal (rata atas, tengah bawah)



 

Tips Cara Mengatur Posisi Tulisan di Tabel Microsoft Word

Bila anda melihat tampilan teks kurang sesuai dengan keinginan anda (terutama saat bembandingkan jarak antara teks dengan garis/border sel tabel), hal tersebut dikarenakan pengaturan posisi teks secara vertikal dan horizontal juga tergantung pada margin sel pada tabel, baik margin left, top, bottom, dan right.

Cara Membuat Tabel di Tengah Halaman di Ms Word

Posisi tabel dalam dokumen yang kita buat menggunakan microsoft word sering menjadi perhatian tersendiri. Umumnya tabel diletakkan rata kiri atau rata tengah dari halaman. Diletakkan rata kiri agar cepat beres, padahal yang paling dianjurkan adalah tabel yang berada di tengah halaman karena judul tabel pun diletakkan di tengah halaman :) . Bila kita mengetahui cara cepat menempatkan tabel ditengah halaman pasti akan langsung dilakukan tanpa perlu menggeser-geser garis tabel ke kiri dan ke kanan.


 Gambar: Contoh tabel ditengah-tengah halaman di microsoft word


Untuk membuat tabel berada ditengah-tengah halaman pun sangat mudah. Di microsoft Word anda bisa memanfaatkan center paragraph (rata tengah/center alignment) pada tabel. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut.
  1. Pilih tabel yang akan dibuat berada di tengah halaman. Arahkan kursor ke tabel. Anda akan melihat tanda yang mirip tanda + yang muncul di kiri atas tabel. Klik tanda tersebut
  2. Selanjutnya klik ribbon Home lalu klik tombol Center Text yang ada di grup Paragraph , atau
  3. Tekan tombol keyboard (shortcut) CTRL+E
  4. Lihat, posisi tabel akan berada ditengah-tengah halaman


 Gambar: Cara membuat tabel ditengah-tengah halaman di microsoft word



 

Tips Cara Membuat Tabel di Tengah Halaman di Microsoft Word

  1. Posisi tabel ditengah halaman akan tergantung pada margin kiri dan kanan dari kertas
  2. Tabel hanya bisa dipindah bila anda hanya melakukan seleksi (sorot) pada satu tabel penuh saja. Tidak bisa dilakukan bila hanya sebagian, atau ada teks di luar tabel yang ikut disorot.

Cara Mengurutkan Data pada Tabel Ms Word

Saat membuat dokumen atau laporan dengan microsoft word biasanya kita menggunakan tabel untuk memperjelas maksud dan tujuan yang ingin kita sampaikan kepada pembaca dokumen, baik atasan maupun dosen/guru. Kadang kala kita perlu mengurutkan data yang ada di dalam tabel berdasarkan satu atau lebih kriteria/kolom tertentu agar pembaca lebih mudah mengetahui dan memahami isi tabel.

  1. Misalkan kita ingin mengurutkan data tabel berdasarkan nama, dan pengurutan selanjutnya berdasarkan kota asal. Langkah pertama, blok terlebih dahulu sel tabel yang akan diurutkan
  2. Kemudian klik ribbon Home lalu klik tombol Sort yang ada di grup Paragraph.
  3.  Gambar: Mengurutkan data tabel di microsoft word
  4. Selanjutnya pada dialog Sort yang muncul, pada kotak Sort by pilih Column 1 (pilih kolom yang menjadi prioritas pengurutan pertama)
  5. Lalu pada kotak Then by pilih Column 2 (kolom yang menjadi prioritas pengurutan kedua)
  6. Kemudian klik tombol OK
  7.  Gambar: Mengurutkan data tabel di microsoft word berdasarkan kolom tertentu
  8. Data di dalam tabel akan diurutkan berdasarkan pilihan kolom yang tadi kita tentukan.

 Gambar: Contoh hasil sortir data tabel menggunakan dua kolom


Bila tabel anda menggunakan kolom nomor, biasanya isi kolom tersebut akan ikut di sort sehingga nomor baris akan menjadi tidak beraturan karena adanya perpindahan baris hasil sortir yang dilakukan.
Untuk mencegah hal tersebut, Cara yang dilakukan sama seperti langkah pengurutan sebelumnya tetapi anda juga harus merubah opsi pengurutan data.
  1. Setelah anda memilih kolom yang akan disortir, klik tombol Sort untuk menampilkan dialog Sort
  2. Setelah memilih kolom yang akan digunakan sebagai prioritas pengurutan, klik tombol Options yang ada di bagian kiri bawah dialog
  3. Pada dialog Sort Options, berikan tanda check pada item Sort column only lalu klik tombol OK
  4. Kemudian klik tombol OK sekali lagi untuk mengeksekusi pengurutan data dan menutup dialog Sort.


 Gambar: Cara mengurutkan  data hanya kolom tertentu dengan memanfaatkan fasilitas Sort Options



 

Tips Cara Mengurutkan Data pada Tabel Microsoft Word

  • Pengurutan data secara default dilakukan secara menaik (ascending, atau dari kecil ke besar, a ke z). Untuk mengurutkan data secara menurun (descending, dari besar ke kecil, z ke a) pilih item Descending yang ada di dialog Sort.
  • Bila anda memilih keseluruhan tabel atau termasuk dengan Header (judul/kepala) tabel, anda juga bia memilih Kolom dengan berdasarkan nama judul / header kolom dengan terlebih dahulu mengaktifkan opsi Header row yang ada di dialog Sort

Cara Membuat Contoh/Sample Data Angka di Microsoft Excel

Saat kita membuat makalah matematika atau statistika kita sering memberikan atau menggunakan contoh atau sampel data untuk menjelaskan konsep atau teori yang sedang dibahas. Untuk membuat sample data berupa bilangan acak di Microsoft Excel kita bisa memanfaatkan fungsi RAND() dan RANDBETWEEN(). Fungsi RAND() akan memberikan nilai random/acak berupa pecahan antara 0 dan 1. Sedangkan RANDBETWEEN( bottom , top ) memberikan nilai acak yang terletak antara selang (range) mulai dari bottom hingga top . Berbeda dari fungsi RAND() yang menghasilkan bilangan pecahan (riil), fungsi RANDBETWEEN() justru akan menghasilkan bilangan bulat (integer). Untuk lebih jelasnya akan dibahas satu persatu cara menggunakan fungsi RAND() dan RANDBETWEEN() di microsoft excel.

Fungsi RAND()

Fungsi RAND() di jalankan tanpa parameter, rumus excel yang dapat digunakan =RAND() .

 Gambar: Contoh penggunaan fungsi RAND() di microsoft excel

Bila anda ingin menghasilkan sebuah bilangan antara 20 hingga 100 dan bilangan tersebut dapat berupa pecahan maka rumus tersebut harus dimodifikasi menjadi =20+RAND()*80 .
Kenapa harus dikali 80? Karena nilai 80 merupakan selang antara 20 hingga 100 atau bila dihitung = 100 – 20 = 80.

Fungsi RANDBETWEEN()

Fungsi RANDBETWEEN( bottom, top) di jalankan dengan dua buah parameter, bottom adalah nilai batas bawah, dan top yang merupakan nilai batas atas dari bilangan acak yang diinginkan. Nila yang dihasilkan oleh fungsi RANDBETWEEN() adalah bilangan bulat (integer).
Sebagai contoh, bila kita ingin menghasilkan bilangan random (acak) antara 20 hingga 100 seperti pada contoh sebelumnya maka rumus excel yang kita tulis :
=RANDBETWEEN( 20, 100)

 Gambar: Contoh penggunaan fungsi RANDBETWEEN() di microsoft excel


 

Tips Cara Membuat Contoh/Sample Data Angka di Microsoft Excel

Pada kedua contoh diatas rumus =20+RAND()*80 dan =RANDBETWEEN( 20, 100) sama-sama akan menghasilkan bilangan random antara 20 hingga 100. Perbedaannya, dengan menggunakan fungsi RAND() akan menghasilkan bilangan riil (dengan angka pecahan atau desimal / dibelakang koma) sedangkan dengan RANDBETWEEN() hanya akan menghasilkan bilangan bulat (integer).

Cara Membuat Lingkaran di Microsoft Word

Lingkaran merupakan bentuk yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Menggambar lingkaran secara manual merupakan problem tersendiri. Oleh karena itu kita sering menggunakan alat bantu berupa “jangka” tulis. Kita tinggal mengatur berapa panjang jari-jari yang diinginkan,memilih titik pusatnya, lalu memutar jangka tersebut dan hasilnya sebuah lingkaran pun akan terbentuk. Ternyata menggambar lingkaran pun menjadi masalah tersendiri ketika kita akan membuat di dalam dokumen yang sedang kita kerjakan, khususnya di microsoft word 2010. Alih-alih membuat lingkaran, biasanya yang tercipta justru sebuah ellips. Atau mungkin saat dilayar sudah berbentuk lingkaran, tetapi saat dicetak masih saja berupa ellips yang mendekati bentuk lingkaran. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit tutorial dan tips cara membuat lingkaran di Microsoft Word . :)

Ada empat cara yang sering digunakan untuk membuat lingkaran di Microsoft Word, mengggambar lingkaran menggunakan grid, gambar dari titik pusat, gambar lingkaran dari bujursangkar bayangan, dan gambar lingkaran yang presisi (teliti). Keempat cara tersebut akan dibahas satu persatu mulai dari yang disebutkan pertama kali.

Menggambar lingkaran menggunakan bantuan Grid

  1. Untuk menggambar menggunakan bantuan grid tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah menampilkan grid tersebut dalam dokumen. Anda bisa melakukannya dengan cara : Klik tab Ribbon View lalu berikan tanda check pada item Gridlines yang ada di grup Show. Jangan takut, bila anda print dokumen maka grid tersebut tidak akan ikut dicetak.
  2.  Gambar: Menampilkan gridlines di microsoft word 2010
  3. Selanjutnya gambar lingkaran anda dengan menggunakan bantuan grid tersebut : klik tab Insert, lalu klik tombol Shapes , kemudian klik icon Oval .
  4.  Gambar: Memilih menyisipkan shape oval
  5. Pilih sebuah titik, klik lalu drag (tombol ditekan) melebar untuk membentuk bujursangkar. Perhatikan object / shape lingkaran seakan menempel pada grid. Agar Buat ukuran lebar dan tinggi harus sama.
  6. Setelah lingkaran selesai dibuat, sembunyikan kembali grid dengan menghilangkan tanda check pada item Gridlines.

 Gambar: Membuat lingkaran dengan bantuan gridlines


Cara menggambar lingkaran dengan ukuran bebas

Bila sebelumnya kita menggambar dengan menggunakan grid untuk membuat lingkaran dengan ukuran tertentu, maka kali ini kita akan membuat lingkaran dengan ukuran bebas, dalam artian ukuran diameternya sekehendak kita. Meskipun demikian kita masih menggunakan konsep yang mirip, yakni melakukan drag dengan ukuran bujur sangkar, atau panjang dan lebarnya sama

  1. Klik tab Insert, lalu klik tombol Shapes , kemudian klik icon Oval .
  2. Selanjutnya klik sebuah titik lalu tahan tombol mouse
  3. Sambil menekan tombol CTRL , drag melebar
  4. Perhatikan, shape oval akan berbentuk lingkaran.
  5. Atur besar lingkaran sesuai dengan kehendak anda lalu lepaskan tombol mouse.
  6. Sebuah lingkaran akan terbentuk

 Gambar: Membuat lingkaran dengan memanfaatkan tombol keyboard CTRL



Cara menggambar dari titik pusat lingkaran

Seperti halnya cara menggambar lingkaran dengan ukuran bebas, untuk membuat lingkaran dengan titik pusat tertenu kita juga bisa menggunakan bantuan tombol keyboard SHIFT. Jadi saat kita membuat lingkaran tombol keyboard yang kita tekan adalah CTRL+SHIFT bersamaan. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut:

  1. Klik tab Insert, lalu klik tombol Shapes , kemudian klik icon Oval .
  2. Selanjutnya klik sebuah titik lalu tahan tombol mouse
  3. Tekan tombol keyboardCTRL+SHIFT , drag melebar
  4. Atur besar lingkaran sesuai dengan kehendak anda lalu lepaskan tombol mouse untuk menampilkan lingkaran dalam dokumen anda.


 Gambar: Membuat lingkaran dengan memanfaatkan tombol keyboard CTRL+SHIFT


Cara Membuat Gambar Lingkaran dengan panjang diameter/jari-jari tertentu


Untuk membuat lingkaran dengan diameter atau jari-jari yang presisi/tepat kita bisa menggunakan bantuan garis grid (Gridlines). Akan tetapi cara tersebut memiliki keterbatasan yakni besaran ukuran grid yang digunakan. Kita bisa saja merubah satuan ukuran grid, akan tetapi proses pembuatan lingkaran akan menjadi lebih lama bila kita harus melakukan penyesuaian panjang grid terus menerus. Cara lainnya yang dapat digunakan adalah dengan mengisikan ukuran lingkaran langsung pada kotak properties yang disediakan.

  1. Seperti cara-cara sebelumnya, buat dahulu lingkaran dengan menggunakan shape Oval. Lingkaran yang dibentuk dapat berupa oval / ellips seadanya saja: Klik tab Insert, lalu klik tombol Shapes , kemudian klik icon Oval .
  2. Selanjutnya klik sebuah titik lalu tahan tombol mouse, drag melebar lalu lepaskan
  3. Kemudian klik kanan pada lingkaran tersebut lalu pilih More layout options
  4.  Gambar: Mengakses opsi lebih lanjut untuk pembuatan lingkaran
  5. Pada dialog Layout yang muncul, pilih tab Size dan pastikan TIDAK ADA tanda check kotak Lock aspect ratio yang ada pada bagian Scale .
  6. Langkah selanjutnya isikan diameter lingkaran pada kotak Height absolute dan Width Absolute, misalkan dengan 1.5 inci (panjang jari-jari = 0.75 inci). Isi kedua kotak tersebut harus sama.
  7. Kemudian klik tombol OK
  8. Ukuran Lingkaran akan disesuaikan dengan ukuran yang tadi anda berikan.

 Gambar: Menentukan panjang diameter lingkaran



 

Tips Cara Membuat Lingkaran di Microsoft Word

Cara Mengurutkan(Sort) Data Berdasarkan Baris/Kolom di Excel

Pengurutan atau sorting data merupakan hal yang biasa dilakukan di microsoft excel. Yang paling sering kita lakukan adalah mengurutkan berdasarkan nama, nomor, nilai atau data yang terdapat dalam satu atau beberapa kolom tertentu. Meskipun demikian excel juga bsebenarnya memiliki fasilitas untuk melakukan pengurutan data berdasarkan baris penempatannya. Jadi sortir data tidak hanya berdasarkan kolom saja, tetapi juga bisa berdasarkan baris.

 Gambar: Contoh tabel random yang akan diurutkan berdasarkan kolom dan baris


Misalkan kita memiliki data penjualan Handphone dari beberapa orang sales di kantor kita (untuk jumlah penjualan setiap merk kita gunakan angka random saja sebagai contoh). Tabel berisi kolom nomor dan nama pegawai, serta baris penjualan untuk beberapa merk handphone, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Kita ingin mengurutkan data berdasarkan nama sales dan merk handphone. Untuk melakukan hal tersebut kita harus melakukan dua kali pengurutan/sort data, yang pertama berdasarkan kolom nama, dan yang kedua berdasarkan baris merk handphone.

Mengurutkan data berdasarkan Kolom (Nama)

Untuk mengurutkan data berdasarkan kolom nama lakukan langkah berikut :
  1. Sorot atau blok area/range sel yang akan di urutkan, mulai dari A3 hingga J7
  2. Lalu klik tab ribbon Home
  3. Pada bagian kanan ribbon klik tombol Sort & Filter
  4. Lalu klik Custom Sort
  5.  Gambar: Memilih custom sort untuk mengurutkan data berdasarkan kolom
  6. Selanjutnya akan muncul dialog Sort
  7. Karena ingin diurutkan berdasarkan nama sales, maka pada kolom Sort By pilih column B (nama)
  8. Lalu klik tombol OK .
  9.  Gambar: Memilih pengurutan berdasarkan nilai pada kolom B (nama sales)
  10. Microsoft word akan mengurutkan data berdasarkan kolom B atau nama Penjual (sales). Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut:

 Gambar: Contoh hasil pengurutan data berdasarkan kolom B (nama sales)

Mengurutkan data berdasarkan Baris (Merk)

Setelah mengurutkan data berdasarkan kolom nama, sekarang kita perlu mengurutkan data ke samping atau berdasarkan merk handphone, tentunya agar kita lebih mudah melihat dan mencari data merk ponsel tertentu.
  1. Bila belum, blok kembali area / range sel yang akan diurutkan berdasarkan nama handphone. Bila merujuk pada contoh sebelumnya, area yang diblok adalah sel C3 hingga J7 .
  2. Tampilkan kembali dialog Sort seperti pada pengurutan data berdasarkan kolom dengan cara klik tab ribbon Home , lalu klik tombol Sort & Filter kemudian klik Custom Sort
  3.  Gambar: Memilih custom sort untuk pengurutan berdasarkan baris
  4. Kemudian pada dialog Sort klik tombol Options untuk memunculkan dialog Sort Options
  5. Lalu pada bagian Orientation pilih Sort Left to Right lalu klik tombol OK
  6.  Gambar: Memilih opsi pengurutan berdasarkan baris
  7. Tampilan Sort Dialog akan berubah.
  8. Pada kolom Row pilih Sort by Row 2 (baris ke dua), baris dimana merk handphone berada
    Lalu klik tombol OK .
  9.  Gambar: Mengurutkan data berdasarkan baris ke 2 (nama / merk handphone)
  10. Perhatikan, kini tabel telah berurut berdasarkan nama sales dan merk handphone.

 Gambar: Contoh hasil pengurutan berdasarkan nama sales (kolom) dan merek ponsel (baris)



 

Tips Cara Mengurutkan(Sort) Data Berdasarkan Baris dan Kolom di Microsoft Excel

  • Untuk merubah orientasi pengurutan apakah berdasarkan kolom atau baris anda bisa melakukannya pada Options yang ada di Dialog Sort .
  • Blok area/range sel akan sangat menentukan area pengurutan data

Cara Membuat Plus Minus Otomatis di Ms Word 2010

Kita sering menggunakan tulisan atau tanda plus minus (lebih kurang) dalam dokumen untuk memperkirakan suatu nilai. Tanda plus min tersebut tidak tersedia langsung di keyboard jadi kita harus menyisipkan atau menambah dari fasilitas simbol yang disediakan di dalam microsoft word 2010.
Langkah untuk menambahkan simbol atau tanda plus minus melalui fasilitas penyisipan simbol microsoft word 2010 umumnya bisa kita lakukan melalui langkah berikut:

  1. Tentukan lokasi atau tempat di dalam dokumen dimana simbol / tanda akan diletakkan
  2. Kemudian klik tab ribbon Insert lalu klik tombol Symbol yang ada di bagian paling kanan
  3. Lalu bila belum ada tanda plus minus pada daftar simbol yang ditampilkan maka klik More Symbols
  4.  Gambar: Memilih simbol/tanda plus minus
  5. Selanjutnya pada dialog Symbol pada kotak Font pilih Normal Text
  6. Lalu scroll ke bagian atas (awal), cari tanda plus minus lalu double klik atau klik tanda tersebut lalu klik tombol Insert
  7. Sebuah karakter atau tanda plus minus akan disisipkan dalam dokumen anda


 Gambar: Menyisipkan  simbol/tanda plus minus dalam dokumen microsoft word


Bila kita sering menggunakan tanda plus minus tentunya akan terasa capek dan membosankan jika kita harus menyisipkan atau menambah tanda tersebut berkali-kali. Akan lebih baik dan lebih cepat jika kita cukup menekan tombol +- di keyboard lalu microsoft word secara otomatis akan menggantinya dengan tanda plus minus seperti yang kita sisipkan sebelumnya. Untuk membuat agar hal tersebut bisa menjadi otomatis anda harus melakukan langkah berikut:

  1. Pertama-tama anda harus menyisipkan simbol atau tanda plus minus (kurang lebih) seperti cara di atas lalu blok dan copy karakter tersebut.
  2. Kemudian klik tombol File lalu pilih Options
  3. Lalu pada dialog Word Options pilih tab Proofing
  4. Lalu pada panel bagian kanan klik tombol AutoCorrect Options
  5.  Gambar: mengakses Autocorrect options
  6. Langkah selanjutnya pada dialog AutoCorrect pilih tab AutoCorrect
  7. Berikan / pastikan ada tanda check pada item Replace text as you type
  8. Kemudian pada kotak Replace isikan dengan +- sedangkan pada kotak With lakukan Paste karakter/simbol yang tadi anda Copy sebelumnya
  9. Lalu klik tombol Add . Sebuah item akan ditambahkan pada daftar AutoCorrect.
  10. Klik tombol OK untuk menutup dialog AutoCorrect
  11. Klik tombol OK sekali lagi untuk menutup dialog Word Options
  12. Kini anda bisa menggunakan ketikan +- untuk membuat simbol/tanda plus minus di microsoft word 2010

 Gambar: Menambahkan simbol /tanda plus minus pada autocorrect



 

Tips Cara Membuat Plus Minus Otomatis di Microsoft Word 2010


Bila saat mengetik anda hanya ingin ketikan +- (tidak dirubah ) maka ketika microsoft word merubah menjadi simbol plus minus anda tekan tombol CTRL+Z untuk mengembalikannya menjadi hanya sebagai ketikan biasa.

Cara Mencetak Beberapa Halaman File PDF Dalam 1 Kertas

PDF merupakan format file yang sering digunakan untuk publish dokumen di internet. Kita biasa menemukan dan download panduan, tutorial, jurnal atau bahan pelajaran/kuliah dari internet dalam bentuk / format file PDF. Biasanya untuk mempermudah kita membaca dokumen tersebut kita terlebih dahulu mencetaknya / print pada kertas agar mudah di baca dan juga gampang dibawa kemana-mana.
Untuk mencetak referensi, jurnal atau makalah yang kita miliki tentu perlu melihat situasi dan kebutuhannya. Bila dokumen PDF tersebut tidak terlalu penting atau hanya kita butuhkan sementara waktu (misalkan hanya untuk mengerjakan tugas atau hanya sampai ujian) tentunya kita harus menghemat kertas, apalagi bagi mahasiswa yang sedang kos, uang sesedikit apapun bisa menjadi sangat berarti :D
Untuk penghematan kita bisa mencetak dokumen / file PDF dengan cara membuat beberapa halaman diletakkan dalam satu lembar kertas. Baik itu 2 halaman perlembar, 4 halaman perlembar, atau mungkin 8 halaman perlembar, dan lain sebagainya. Untuk melakukan kesemuanya itu telah disediakan oleh Adobe Reader. Berikut contoh untuk membuat print out 4 halaman dalam satu lembar kertas.

  1. Pertama-tama buka dokumen / file PDF yang akan dicetak
  2. Kemudian tekan tombol CTRL+P
  3. Pada dialog Print pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak, misal printer Epson TX 121 Series
  4. Kemudian pilih halaman yang akan dicetak, misal pilih All untuk mencetak semua halaman
  5. Lalu klik tombol Mutiple
  6. Kemudian pada bagian Page Per Sheet pilih 4 , atau isikan sesuai keinginan anda
  7. Selanjutnya klik tombol Print
  8. Proses pencetakan akan segera dimulai, setiap lembar kertas akan terdapat 4 halaman atau sesuai dengan pilihan anda


 Gambar: Mencetak beberapa halaman file PDF dalam satu lembar kertas



 

Tips Cara Mencetak Beberapa Halaman File PDF Dalam 1 Kertas

Dengan cara yang serupa anda bisa membuat 6, 8, 9 atau banyak halaman lainnya dalam satu lembar kertas. Yang harus diperhatikan, semakin banyak anda mencetak dalam satu lembar kertas maka ukuran huruf hasil cetakan akan semakin kecil dan akan semakin susah dibaca. Oleh karena itu, buatlah hasil print out yang masih terbaca oleh anda tanpa harus memaksakan mata anda.
Untuk aplikasi microsoft word anda dapat melakukan dengan cara Mencetak/print beberapa halaman dalam satu lembar kertas

Rumus Menghitung Luas Segitiga

Segitiga merupakan sebuah bentuk yang dibentuk oleh tiga buah sisi yang berupa garis lurus dan tiga buah sudut. Segitiga sering juga dikelompokkan berdasarkan sudut yang ada pada segitiga yakni segitiga sama sisi, segitiga samakaki, dan segitiga sembarang.
Segitiga samasisi adalah segitiga yang panjang ketiga sisinya sama, sehingga membentuk tiga buah sudut yang sama pula. Segitiga samakaki adalah segitiga yang panjang dua sisinya sama, sehingga akan membentuk dua buah sudut yang sama pula. Sedangkan yang terakhir segitiga sembarang adalah semua bentuk segitiga yang bisa kita gambar, dimana panjang setiap sisinya bisa sama atau juga bisa berbeda. Pada gambar berikut ini merupakan contoh segitiga samakaki, samasisi dan sembarang.

 Gambar: beberapa tipe / jenis segitiga berupa segitiga  sama kaki, segitiga samasisi dan segitiga sembarang


Untuk menghitung luas segitiga baik itu sama kaki, sama sisi maupun sembarang semuanya bisa didapat dengan cara menghitung setengah alas dikali tinggi. Karena pada intinya segitiga merupakan bentuk yang menyerupai setengah persegi panjang. Sebagai ilustrasi lihat persegi panjang abcd dibawah ini.


 Gambar: Dasar perhitungan luas segitiga


Pada persegi panjang tersebut terdapat sebuah segitiga acd (diarsir) yang membelah persegi panjang menjadi dua bagian. Oleh karena itu untuk menghitung luas segitiga acd kita perlu menghitung luas persegi panjang kemudian dibagi dua. Dengan demikian rumus untuk menghitung luas segitiga adalah :

 Gambar: Rumus menghitung luas segitiga


Contoh Soal 1:
Hitung luas segitiga yang panjang alasnya 6 cm dan tingginya 7 cm?
Jawab: Luas segitiga = 1/2 x 6 cm x 7 cm = 21 cm2

Contoh soal 2:
hitung panjang segitiga yang ada pada gambar berikut ini :

 Gambar: Contoh soal menghitung luas segitiga

Jawab:
Untuk menghitung segitiga abc tersebut kita harus mengetahui tinggi sisi cd terlebih dahulu. Karena sisi bd dan bc diketahui kita bisa menghitung tinggi sisi cd dengan rumus pythagoras.


bc2 = bd2 + cd2
52 = 42 + cd2
25 = 16 + cd2
cd2 = 25 – 16 = 9
cd = 3 cm

Kemudian baru kita hitung luas segitiga tersebut :
Panjang alas = ad + bd = 1,5 + 4 = 5,5 cm
Tinggi = cd = 3 cm
Luas segitiga = 1/2 x panjang alas x tinggi
= 1/2 x 5,5 cm x 3 cm = 8,25 cm 2

Untuk menghitung Luas segitiga menggunakan microsoft excel kita bisa langsung mengalikan dengan menggunakan rumus excel berikut :
=1/2*5.5*3
Atau bila menggunakan referensi sel bisa dilakukan seperti contoh excel berikut:

 Gambar: Contoh menghitung luas segitiga menggunakan microsoft excel


 

Tips Cara (Rumus) Menghitung Luas Segitiga

Bila ada salah satu sudut segitiga yang membentuk sudut siku-siku (90) maka anda bisa langsung menghitung luas segitiga dengan rumus luas segitiga tanpa harus mencari tinggi segitiga seperti yang ada di contoh soal 2. Kedua sisi yang membentuk sudut siku-siku tersebut dapat menjadi alas dan tinggi dari segitiga.

Cara Print Sebagian Halaman di Ms Word 2010

Tidak diragukan lagi Microsoft word 2010 merupakan aplikasi pembuat dokumen yang handal. Fasilitas yang diberikan tidak hanya untuk mengolah dokumen saja tetapi juga untuk pencetakan (print) dokumen ke printer. Dengan menggunakan microsoft word kita bisa memilih dan menentukan bagaimana sebuah dokumen akan dicetak. Apakah akan dibuat menjadi buku, atau dibuat satu lembar berisi dua halaman, atau mungkin juga hanya ingin mencetak sebagian dokumen yang telah dipilih. Pada artikel kali ini kita akan membahas pencetakan dokumen yang terakhir disebutkan tersebut.

Pencetakan hanya sebagian dokumen atau sebagian halaman terkadang diperlukan karena kita memang butuh hanya bagian-bagian tertentu saja. Selain untuk menghemat kertas, sebenarnya pencetakan tersebut juga ditujukan untuk menyembunyikan kerahasiaan bagian dokumen yang lain dan tentu juga agar pembaca lebih fokus membaca hanya bagian yang dicetak. Untuk mencetak sebagian dokumen atau mungkin juga sebagian halaman saja kita bisa melakukannya di microsoft word 2010 dengan langkah berikut

  1. Pertama-tama pilih teks atau bagian yang akan di cetak.
  2. Selanjutnya klik menu File yang ada di kiri atas aplikasi Microsoft Word 2010
  3.  Gambar: Memilih bagian dokumen yang akan di print
  4. Selanjutnya dari menu File tersebut pilih Print
  5. Lalu pada bagian Settings klik pilihan area pencetakan. Bila masih Print All Pages atau yang lainnya ubah menjadi Print Selection
  6. Lalu Klik tombol Print
  7. Microsoft Word akan mulai mengirim data untuk mencetak dokumen ke Printer


 Gambar: Mencetak sebagian dokumen (selection) dari Microsoft Word 2010

 

Tips Cara Print Sebagian Halaman di Microsoft Word 2010

Sebelum menekan tombol Print, pastikan dahulu semua properties termasuk printer yang akan digunakan mencetak telah sesuai / benar.

Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama di Ms Excel

Kita sering menggunakan fungsi IF() di microsoft excel untuk memilih sebuah nilai berdasarkan kondisi yang ada pada sel referensi. Kondisi tersebut tidak jarang merupakan pembandingan dua buah kata atau teks. Secara default microsoft excel akan membandingkan dua buah kata tanpa membedakan huruf kecil dan besar (kapital). Microsoft excel akan menganggap kata “satu” sama dengan kata “SATU”, “SAtu", “SatU”, SaTu”, dan seterusnya. Hal ini bisa kita lihat pada contoh penggunaan fungsi IF() berikut :
=IF(“satu”=”saTU”, “SAMA”, “BERBEDA”)
Fungsi IF() di atas akan menghasilkan nilai SAMA seperti yang terlihat pada tampilan microsoft excel berikut :


 Gambar: Contoh penggunaan fungsi if untuk membandingkan dua buah teks atau kata


Akan tetapi bagaimana bila huruf yang dgunakan sama tapi tak serupa? :D sebagai contoh misalkan ada orang yang bernama “Mia” dan ada istilah yang sering gunakan “MIA”, yang merupakan singkatan dari Missing In Action (hilang saat bertugas). Tentu Mia tidak ingin dianggap menjadi MIA. Nah, untuk membedakan kedua kata tersebut kita bisa menggunakan fungsi EXACT(). Fungsi EXACT() akan membandingkan dua buah kata atau teks dimana setiap huruf harus benar-benar sama, baik kapital maupun bukan. Dengan kata lain, huruf “M” akan dianggap berbeda dengan huruf “m”. Jadi kata Mia akan berbeda dengan MIA. Mia hanya akan sama bila kata yang dibandingkan ditulis Mia juga.

Berikut ini merupakan penggunaan fungsi EXACT() pada rumus yang terdapat pada contoh sebelumnya :
=IF(EXACT(A1,B1),"SAMA","BERBEDA")


 Gambar: Contoh penggunaan fungsi EXACT() di dalam if untuk membandingkan dua buah teks atau kata

Pada contoh di atas hanya satu kondisi yang sama, yakni Mia sama dengan Mia (baris ketiga).

 

Tips Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama di Microsoft Excel

Bila ada anda telah menggunakan fungsi EXACT() tetapi hasilnya masih bernilai FALSE padahal anda sudah yakin kedua kata tersebut sama-sama (Misalkan Mia pada contoh di atas), maka pastikan tidak ada spasi pada kata tersebut baik sebelum maupun setelah kata yang dibandingkan karena "Mia" akan dianggap berbeda dengan "Mia " (ada spasi di akhir kata). Untuk menghilangkan spasi anda bisa menggunakan fungsi TRIM().
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.