May 2013

Oleh

Cara Membuat Tulisan Ditengah-Tengah Shape Kotak di Ms Word 2010

Saat menggambar sebuah diagram atau bagan sering kita menggunakan object atau shape kotak. Untuk mempercantik tampilan kita perlu membuat agar tulisan yang ada di dalam kotak tersebut berada ditengah-tengah. Untuk melakukan hal tersebut di microsoft word 2010 kita bisa menggunakan fasilitas format yang telah disediakan, seperti contoh berikut ini:

  1. Klik kotak yang berisi tulisan yang akan diatur
  2. Selanjutnya klik tab ribbon Format lalu klik tombol Align text yang ada di bawahnya
  3. Kemudian pada pilihan yang muncul, klik item Middle .
  4. Teks akan menjadi rata tengah secara vertikal
  5. Untuk membuat rata tengah secara horizontal tekan tombol CTRL+C .

 Gambar: Cara membuat teks agar berada ditengah-tengah secara vertikal


 

Tips Cara Membuat Tulisan Ditengah-Tengah Shape Kotak di Microsoft Word 2010

Cara yang sama / mirip bisa anda gunakan untuk teks yang ada pada jenis shape yang lain, baik shape lingkaran (circle), bintang (star) dan lain sebagainya

Cara Print dengan Kertas Kop Berlogo di Ms Word 2010

Biasanya saat membuat surat resmi atau kedinasan instansi kita mencetak pada selembar kertas kosong sehingga selain isi surat kita juga sekaligus mencetak kop atau logo perusahaan. Untuk melakukan hal tersebut telah kita bahas pada artikel cara membuat kop surat di microsoft word. Pada kali ini kita hanya akan membahas bagaimana cara mengeprint isi surat pada kertas yang sudah ada kop atau logo perusahaan.

  1. Untuk mencetak surat dengan tepat pada kertas yang terdapat logo / kop surat maka hal pertama yang anda harus lakukan adalah menghitung jarak atau ruang yang digunakan sebagai kop surat, misalkan 5 cm.
  2. Setelah jarak/ruang kop surat diketahui, langkah selanjutnya adalah merubah margin atas menjadi sesuai dengan yang digunakan untuk kop tadi, caranya :
    • Klik tab Pagelayout , klik tombol Margin lalu pilih Custom margin .
    • Kemudian pada dialog Page setup pada tab Margin ubah margin Top menjadi sesuai dengan ukuran kop tadi (minimal sama), isikan dengan 5 cm . lalu klik tombol OK .
  3.  Gambar: Mengatur setting top margin untuk pencetakan dokumen pada kertas dengan kop surat
  4. Selanjutnya Layout kertas akan diubah oleh microsoft word. Lanjutkan dengan mengetik surat anda lalu cetak dengan menggunakan kertas yang sudah ada kop/logo perusahaan.



 

Tips Cara Print dengan Kertas Kop Berlogo di Microsoft Word 2010

Bila dokumen anda sudah menggunakan logo tetapi harus mencetak dengan kertas yang sudah memiliki logo maka tutup saja logo yang ada di dokumen dengan object/shape kotak tetapi tanpa garis border kotak

Cara Mencetak File PDF seperti Slide Powerpoint(Handouts)

Tidak jarang file presentasi yang kita download dari internet merupakan file slide dari powerpoint yang telah di buat menjadi PDF. Atau di lain kesempatan kita hendak mencetak dokumen PDF yang berisi pointer dan gambar. Dengan menggunakan Adobe Reader kita bisa mencetak dokumen PDF menjadi tampilan handouts seperti yang dilakukan di Microsoft Powerpoint. Berikut ini langkah untuk mencetak halaman di PDF menjadi seperti slide tersebut dengan menggunakan Adobe Reader XI:

  1. Tekan tombol CTRL+P untuk menampilkan dialog Print
  2. Selanjutnya pilih printer yang akan digunakan mencetak, misalkan Printer Brother MFC j625DW .
  3. Lalu klik Multiple untuk mencetak beberapa halaman dalam 1 lembar kertas. Isikan kotak page per sheet dengan jumlah halaman per lembar kertas yang anda inginkan berupa 2, 4, 6, 9 atau 16 halam / lembar kertas. Atau pilih custom untuk mengatur sendiri jumlah halaman yang akan dicetak, misalkan 2 x 4 (8 halaman / lembar kertas).
  4. Setelah pengaturan selesai, klik tombol Print untuk mulai mencetak.


 Gambar: Cara menambahkan teks/tulisan pada file dokumen PDF menggunakan Adobe Reader XI



 

Tips Cara Mencetak File PDF seperti Slide Powerpoint(Handouts)


Kelebihan pencetakan multiple di adobe reader adalah jumlah halaman bisa diatur sesuka kita. Selain itu untuk mempertegas bartas halaman kita juga bisa memberikan tambahan border (bingkai) seperti di microsoft powerpoint dengan memberikan tanda check pada item Print page border .

Cara Mengganti Warna Garis Tabel Ms Word 2010

Topik seputar penggunaan tabel di Microsoft Word 2010 masih menarik untuk dibahas. Setelah diantaranya membahas cara membuat warna asiran pada tabel, kini selanjutnya adalah mengenai cara merubah warna garis tabel. Seperti yang telah diketahui, banyak jalan menuju Rumah. :) kita bisa membuat, memberi, mengganti atau merubah warna pada garis/border tabel dengan berbagai macam cara, diantaranya seperti langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama pilih sel/tabel yang akan diubah warnanya. Misalkan kita akan merubah semua warna garis/bingkai terluar dari kepala (header) tabel dengan warna merah (red).
  2. Selanjutnya klik tab Design lalu klik Pen Color
  3. Dari daftar warna yang disediakan, pilih warna merah (red).
  4.  Gambar: Memilih warna garis / border tabel di Microsoft Word 2010 menjadi merah
  5. Langkah selanjutnya adalah merubah outside border. Klik tombol Borders lalu pilih Outside borders. Bila outside border tabel hilang, maka klik sekali lagi outside border tersebut hingga bingkai menjadi berwarna merah.


 Gambar: Mengganti warna garis / border tabel di Microsoft Word 2010


 

Tips Cara Mengganti Warna Garis Tabel Microsoft Word 2010

Selain mengganti warna anda juga bisa mengganti ketebalan garis maupun jenis style garis / border tabel.

Cara Membuat File PDF Seperti Hasil Print Out

Ada berbagai cara untuk membuat file PDF. Selain bisa membuat file pdf secara online, kita bisa juga menyimpan dokumen excel menjadi file PDF dengan add ins yang disediakan oleh microsoft. Cara lain yang bisa dipakai adalah mencetak dokumen menjadi file PDF. Cara ini sangat berguna bagi anda yang menggunakan microsoft office 2007 atau 2010.
Yang harus anda lakukan adalah menginstall Primo PDF buatan Nitro PDF. Setelah aplikasi tersebut di install, anda bisa membuat file PDF yang sama persis sesuai dengan hasil print dokumen anda. Mencetak dengan primo PDF pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengganti printer yang miliki dengan driver printer PDF buatan Nitro tersebut seperti langkah dibawah ini.

  1. Pada aplikasi microsoft office 2010 baik itu microsoft word, excel ataupun powerpoint, klik menu File lalu pilih Print untuk menampilkan Print and Print Preview , atau tekan shortcut tombol CTRL+P
  2. Lalu pilih halaman yang ingin anda buat menjadi file PDF. Anda bisa memilih sebagian halaman atau seluruh halaman.
  3. Selanjutnya pilih driver printer PrimoPDF
  4. Lalu klik tombol Print untuk mulai pencetakan / membuat file dokumen PDF.
  5.  Gambar: Cara Membuat file PDF seperti mencetak dokumen di microsoft word 2010
  6. Tunggu beberapa saat, akan muncul dialog PrimoPDF by Nitro PDF software. Pada dialog tersebut anda bisa mengatur konfigurasi file PDF yang akan dibuat. Untuk menghasilkan file PDF dengan kualitas cetak yang bagus klik tombol Print lalu lanjutkan dengan klik tombol Create PDF dan simpan file PDF tersebut.

 Gambar: Mengatur setting file PDF di PrimoPDF


 

Tips Cara Membuat File PDF Seperti Print Out

  • Untuk download PrimoPDF bisa anda lakukan di Nitro PDF Software
  • Anda bisa mengatur settig file PDF menjadi Screen untuk ukuran file yang kecil dan kualitas file yang lebih rendah, tetapi cukup untuk tampilan di layar monitor.

Cara Membuat Arsir pada Tabel Ms Word 2010

Pemberian warna pada sel tabel menunjukkan ada sesuatu atau memiliki arti yang khusus. Namun disaat dokumen harus di fotocopy atau pun printer yang tersedia hanya menggunakan tinta hitam dan bukan printer warna, maka cara terbaik adalah menggunakan motif atau garis arsiran tertentu agar teks tetap diketahui telah ditandai. Coba anda bayangkan , warna merah , hijau, biru, dan lain sebagainya di ubah menjadi greyscale (keabu-abuan). Apakah anda dapat membedakan semua itu? Tentu akan sangat membingungkan bagi pembaca yang mendapat berkas dokumen fotocopynya saja. Oleh karena itu sebaiknya pewarnaan digabungkan dengan juga mengarsir tabel.

Untuk mengarsir sel pada tabel microsoft word 2010 anda dapat menggunakan langkah berikut :

  1. Pertama-tama pilih dan sorot (blok) sel yang akan di arsir lalu klik kanan pada sel yang telah disorot tersebut. Kemudian klik item Border and Shading
  2.  Gambar: Cara mengatur border and shading tabel di microsoft word 2010
  3. Selanjutnya pada dialog Border and shading , Pilih tab Shading .
  4. Lalu pada bagian Patterns ubah isi kotak Style sesuai dengan jenis arsiran yang anda inginkan, misalkan menjadi Lt Up Diagonal untuk diarsir miring ke atas
  5.  Gambar: Cara membuat/menambahkan pola arsiran pada sel tabel di microsoft word 2010
  6. Lalu ubah pula warna arsiran tersebut yang ada pada kotak Color , misalkan menjadi warna merah (red ). Setelah itu klik tombol OK .
  7. Sel yang tadi anda sorot kini telah menggunakan arsiran garis berwarna merah yang miring ke atas.


 Gambar: Contoh pola arsiran garis miring ke atas berwarna merah pada tabel di microsoft word 2010



 

Tips Cara Membuat Arsir pada Tabel Microsoft Word 2010

Bila anda harus menandai beberapa jenis sel yang berbeda tujuannya maka gunakan pula pola arsiran dan warna yang berbeda pula.

Cara Menambah Teks/Tulisan pada Dokumen PDF

Saat mendaftar secara online biasanya kita juga disediakan formulir yang harus kita isi dan diserahkan pada panitia saat pendaftaran manual. Yang lebih memberatkan, pengisian formulir terkadang diharuskan memakai huruf cetak atau diketik. Bila kita tidak memiliki mesin ketik tentu kita akan mencoba mencetak secara trial and error pada posisi-posisi dimana kita harus mengisikan data, baik berupa nama, NIM/NPM, alamat, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan Adobe Reader XI, kita tidak perlu repot-repot lagi , atau dengan kata lain, kita tidak perlu susah-susah lagi mencari cara mengedit dokumen PDF. Kita tinggal mengetik atau tambahkan teks/tulisan dimana nama, alamat, nomor id, dan lain sebagainya pada tempat yang seharusnya. Berikut contoh pengisian data dengan cara menambahkan teks/tulisan pada dokumen PDF yang kita miliki:

  1. Seperti biasa, buka terlebih dahulu file dokumen PDF anda, lalu tampilkan halaman tempat isian atau teks akan ditambahkan.
  2. Klik tombol Tools , tunggu sesaat lalu klik tombol Add Text
  3. Selanjutnya klik pada posisi dimana teks akan ditambahkan.
  4. Tunggu hingga muncul kursor teks, lalu ketikkan isian/tulisan yang ingin anda tambahkan, misalnya nama anda, Soekarno Hatta .
  5. Setelah semua isian selesai dimasukkan, dokumen tersebut bisa langsung anda cetak.

 Gambar: Cara menambahkan teks/tulisan pada file dokumen PDF menggunakan Adobe Reader XI



 

Tips Cara Menambah Teks/Tulisan pada Dokumen PDF

  • Selain menambahkan teks/tulisan pada dokumen PDF anda juga bisa mengganti warna, jenis font, ukuran maupun baris spasi (line spacing) dari teks dan tulisan tersebut dengan menggunakan toolbar Add Text .
  • Anda juga bisa menyimpan hasil perubahan dokumen PDF yang telah anda lakukan

Cara Membuat Kolom/Baris Tabel Memiliki Ukuran Sama di Ms Word 2010

Ketika membuat kolom untuk data yang sama kita biasanya membuat ukuran / besar kolom yang sama. Misalkan ketika membutuhkan kolom untuk pencantuman uang masuk dan keluar (debet/kredit) maka ukuran kedua kolom juga akan dibuat sama. Untuk hal itu biasanya kita mengatur ukuran kolom secara manual satu persatu. Semakin banyak kolom tentu akan semakin lama waktu yang dibutuhkan. Untuk mempercepat langkah pengerjaan dan sekaligus mempersingkat waktu kita dapat menggunakan tombol distribute columns seperti langkah berikut :

  1. Pilih kolom-kolom yang ukurannya akan dibagi rata / sama besar
  2. Lalu klik ribbon Layout .
  3. Pada grup Cell Size klik tombol Distribute Columns .
  4. Ukuran kolom-kolom tersebut akan dibuat sama rata/sama besar.
  5. Cara yang mirip juga dapat dilakukan untuk membuat baris yang sama besar/sama tinggi. Pilih baris yang akan dibuat sama lalu klik tombol Distribute Rows .

 Gambar: Cara membuat ukuran kolom/baris tabel menjadi sama rata/besar di microsoft word 2010

 

Tips Cara Membuat Kolom/Baris Memiliki Ukuran yang Sama Di Tabel Microsoft Word

  • Untuk membuat ukuran kolom dan baris yang sama anda harus menyeleksi / sorot baris atau kolom. ukuran yang dibuat sama hanya sel yang disorot saja
  • Jika anda mengalami kesulitan untuk memilih semua sel yang ada pada kolom / baris, maka gunakan saja cara berikut : Sorot sel untuk kolom (atau baris) yang akan dipilih, kemudian klik kanan lalu pilih item Select , selanjutnya klik Column untuk memilih kolom, atau klik Row untuk memilih baris tabel.

 Gambar: Cara membuat ukuran kolom/baris tabel menjadi sama rata/besar di microsoft word 2010

Cara Membuat Kartu Bisnis/Kartu Nama Dengan Ms Word 2010

Kartu bisnis atau kartu nama sering dipergunakan untuk mempromosikan barang, perusahaan ataupun untuk menjalin dan memperbesar network. Dengan menggunakan kartu tersebut calon pelanggan (customer) akan dapat dengan cepat menghubungi kita bila mereka berminat untuk membeli barang atau jasa. Untuk membuat kartu bisnis atau kartu nama di Microsoft Word 2010 kita bisa menggunakan template yang telah disediakan oleh microsoft seperti langkah berikut :

  1. Klik File lalu pilih New. Kemudian pada bagian Office.com Templates klik Business cards .
  2. Lalu klik lagi Print Business Cards dan tunggu sesaat.
  3.  Gambar: Membuat kartu bisnis/kartu nama di microsoft word 2010
  4. Selanjutnya akan ditampilkan berbagai templates siap pakai. Pilih salah satu template tersebut, misalkan Print-to-the-edge-business-cards lalu klik tombol Download .
  5. Microsoft word akan memulai proses download template. Tunggu hingga proses tersebut selesai.
  6.  Gambar: Memilih template yang akan digunakan untuk membuat kartu bisnis/kartu nama di microsoft word 2010
  7. Setelah proses download selesai otomatis akan dibuat sebuah dokumen baru dengan menggunakan template tersebut. Ganti teks untuk isi kartu sesuai dengan kehendak anda atau perusahaan anda.


 Gambar: Contoh kartu bisnis/kartu nama di microsoft word 2010



 

Tips Cara Membuat Kartu Bisnis/Kartu Nama Dengan Microsoft Word 2010

Untuk mempercantik tampilan kartu gunakan kertas yang yang berwarna-warni ataupun kertas khusus yang lebih tebal atau lebih bernuansa seni/elegan.

Cara Membuat Buku dari File PDF

File dokumen dengan format PDF sering kita buka menggunakan aplikasi Adobe Reader. Untuk mempermudah pembacaan dokumen biasanya kita mencetak file PDF tersebut selain agar mudah dibawa kemana-mana juga setidaknya tidak perlu membuka laptop/komputer terlebih dahulu. Dengan menggunakan AdobeReader XI membuat buku dari file PDF akan menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu sedikit klik sana sini seperti langkah berikut :

  1. Buka File PDF yang akan dibuat menjadi buku dengan menggunakan Adobe Reader XI
  2. Selanjutnya tekan tombol CTRL+P
  3. Pada dialog Print pilih printer yang akan anda gunakan untuk mencetak, misalkan EPSON TX121 Series , lalu klik tombol Booklet
  4. Kemudian klik tombol Print untuk memulai pencetakan.

 Gambar: Cara membuat buku dari file PDF menggunakan Adobe Reader XI



 

Tips Cara Membuat Buku dari File PDF

Ukuran kertas dapat dilihat pada area preview dokumen yang ada di sebelah kanan. Untuk memastikan atau merubah ukuran kertas untuk buku yang akan buat, klik tombol Page setup .

Cara Menambahkan Checkbox di Ms Word 2010

Saat membuat formulir kita biasanya menggunakan check box untuk menandakan bahwa item tersebut telah sesuai dengan data ataupun fakta yang ada. Penggunaan checkbox tentu akan mempermudah pekerjaan terutama bila digunakan dalam lembar kontrol/kendali. Sehingga ketika sebuah kondisi atau syarat keadaan telah sesuai kita tinggal klik saja checkbox tersebut. Berikut cara untuk menambahkan checkbox ke dalam formulir ataupun dokumen kerja di microsoft word 2010:

  1. Klik atau pilih lokasi dimana control Checkbox akan ditempatkan
  2. Lalu klik tab ribbon Developer , bila pada aplikasi microsoft word 2010 belum terlihat maka munculkan dengan cara menampilkan ribbon Developer di Microsoft Word
  3. Kemudian pada grup Controls klik tombol Legacy Forms
  4. Pada tampilan control yang ada pilih Checkbox (ActiveX Control). Sebuah Checkbox akan ditambahkan ke dalam dokumen.
  5.  Gambar: Cara Menambah sebuah checkbox (kotak cek) di microsoft word 2010
  6. Selanjutnya klik kanan pada checkbox tersebut lalu pilih item Checkbox Object kemudian klik Edit
  7.  Gambar: Cara mengedit checkbox (kotak cek) di microsoft word 2010
  8. Ganti isi teks dari checkbox dengan teks uraian yang anda inginkan, misalkan Slip gaji (asli) lalu klik di luar area checkbox untuk mengakhiri pengeditan.
  9. Selanjutnya checkbox tersebut dapat anda copy untuk uraian anda yang lain.

 Gambar: Mengganti teks checkbox (kotak cek) di microsoft word 2010


 

Tips Cara Menambahkan Checkbox di Microsoft Word 2010

Bila dokumen yang menggunakan checkbox saat di preview tidak muncul, maka anda harus menghidupkan alias mengaktifkan terlebih dahulu Design mode yang ada di tab ribbon Developer.

Cara Print Bolak Balik(Duplex Printing) di Ms Word 2010

Printer tertentu dapat melakukan Duplex Printing alias memiliki kemampuan untuk mencetak halaman pada kertas secara bolak balik (dua sisi) secara langsung. Hal ini tentunya akan mempermudah kita untuk print dokumen bolak balik, baik untuk menghemat kertas maupun karena sesuai permintaan / aturan. Berikut ini cara umum melakukannya :

  1. Tekan tombol CTRL+P untuk menampilkan jendela Print and aPrint Preview
  2. Lalu pilih printer yang akan anda gunakan untuk mencetak bolak-balik, misalkan printer brother atau canon
  3. Bila konfigurasi printer anda tidak mendukung Duplex printing maka klik Printer properties lalu ubah setting printer agar mendukung Duplex Printing
  4. Selanjutnya ganti Print One Sided dengan Print On Both Sides untuk mencetak bolak balik secara langsung atau Manually Print On Both Sides untuk mencetak bolak balik tetapi dengan konfirmasi (pause terlebih dahulu) untuk membalik kertas dan mencetak pada halaman sebaliknya.
  5. Setelah siap klik tombol Print dan ikuti perintah selanjutnya

 Gambar: Mencetak halaman bolak balik (duplex printing) menggunakan microsoft word 2010



Ketika anda membuka printer properties, pengaturan fasilitas Duplex printing berbeda-beda untuk setiap jenis atau merk printer. Berikut ini cara mengaktifkan Duplex printing pada beberapa printer :

  • Printer Brother MFC-J625 DW : Klik tab Print Profiles lalu pilih Two Sided (Duplex) Print . Kemudian klik tombol OK .
  •  Gambar: Mengatur properties printer Brother MFC-J625 DW untuk print halaman bolak balik (duplex printing)
  • Printer Canon Inkjet MP510 : Klik tab Page Setup lalu berikan tanda check pada item Duplex Printing . Kemudian klik tombol OK .


 Gambar: Mengatur setting printer Canon Inkjet MP510 untuk print halaman bolak balik (duplex printing)



 

Tips Cara Print Bolak Balik(Duplex Printing) di Microsoft Word 2010

Bila printer anda tidak mendukung duplex printing anda masih bisa mencetak halaman bolak balik dengan cara mencetak terlebih dahulu semua halaman ganjil kemudian baru mencetak semua halaman genap.

Cara Menandai Tulisan pada File PDF

Kita sering download dokumen dari internet dengan format file, baik berupa jurnal, laporan, ataupun jenis referensi lainnya. Saat membaca isi file PDF tersebut tidak jarang kita menjumpai hal-hal yang penting yang perlu ditandai agar dilain waktu kita bisa langsung menuju dan memahami penekanan isi dokumen sesuai dengan yang telah ditandai. Padahal kita pun tahu bahwa file PDF tidak mudah untuk diedit seperti microsoft word. Jadi biasanya kita mencetaknya dan menandai secara manual, sehingga kita sering menggunakan penanda seperti stabillo atau mungkin kalau jaman dulu menggunakan kunyit. :)

 Gambar: Contoh teks pada file PDF yang telah ditandai menggunakan Adobe Reader XI


Tapi berhubung sekarang jaman teknologi komputer yang semakin maju, kita bisa menandai langsung teks atau tulisan dalam file PDF dengan menggunakan Adobe Reader XI seperti contoh penggunaan berikut:

  1. Buka file PDF anda terlebih dahulu dan langsung blok bagian mana teks yang akan ditandai (highlight)
  2. Selanjutnya lihat pada bagian Main toolbar, klik tombol Highlight text. Warna latar teks akan berubah menjadi kuning.
  3. Lakukan kembali dengan teks yang lain. Setelah selesai jangan lupa untuk menyimpan file PDF tersebut agar semua teks yang telah ditandai juga ikut disimpan.

 Gambar: Cara menandai teks pada file PDF menggunakan Adobe Reader XI



 

Tips Cara Menandai Tulisan pada File PDF

Saat anda merubah dokumen pertama kali dari file PDF yang asli, biasanya adobe reader akan meminta nama file untuk menyimpan perubahan yang telah anda lakukan. Sebaiknya berikan nama file yang baru (agar file PDF asli tidak tertimpa/digantikan) dan tambahkan kata-kata yang menunjukkan bahwa file tersebut telah ditandai, misalkan xxxxxx (MARK), xxxxxx (TANDAI), xxxxxx (KUNING), dsb.

Cara Mencetak Beberapa Rangkap Salinan di Ms Word 2010

Mencetak dokumen sering kali perlu dalam beberapa rangkap. Selain lebih praktis, juga biasanya lebih mendesak karena tidak semua tempat fotocopy menyediakan fasilitas photo copy warna. Oleh karena itu cara paling mudah adalah dengan mencetak ulang dokumen menggunakan pinter warna. Agar proses lebih mudah kita hanya perlu berikan perintah print 2, 3 rangkap atau lebih. Selanjutnya kita hanya perlu menunggu sambil melakukan pekerjaan lain atau mungkin sambil minum kopi.. :D

Untuk mencetak dokumen dalam bebarapa salinan atau beberapa rangkap ikuti langkah berikut ini :

  1. Klik File lalu klik Print , atau tekan saja tombol CTRL+P
  2. Selanjutnya pilih Collated 123..., 123.. agar hasil print out dokumen sudah berurutan.
  3. Lalu klikPrinter yang akan digunakan mencetak, misalkan Brother MFC J625DW printer
  4. Kemudian isikan jumlah rangkap salinan dokumen yang dicetak, misalkan diisi dengan 3 untuk membuat tiga rangkap/salinan dokumen
  5. Selanjutnya klik tombol Print . Bila yang dicetak banyak, tidak ada salahnya sambil menunggu anda juga menyiapkan minuman hangat untuk menemani anda


 Gambar: Mencetak dokumen beberapa rangkap / salinan menggunakan microsoft word 2010



 

Tips Cara Mencetak Beberapa Rangkap Salinan di Microsoft Word 2010

Sebelum mencetak pastikan terlebih dahulu halaman dokumen yang akan dicetak dan juga lihat pada bagian preview.

Cara Print Dokumen Ms Word 2010

Dokumen atau laporan yang dibuat di Microsoft Word pada umumnya akan dicetak menggunakan printer. Bagi pemula atau orang yang baru belajar microsoft word 2010, tampilan untuk pencetakan dokumen yang berbeda dengan versi sebelumnya dapat menyebabkan kesulitan dalam hal pencetakan dokumen. Oleh karena itu artikel ini akan mencoba memberikan tutorial bagaimana dasar-dasar cara mencetak dokumen di microsoft Word 2010:

  1. Klik menu File lalu pilih Print , atau tekan saja tombol CTRL+P
  2. Selanjutnya pilih Print All Pages untuk mencetak seluruh dokumen atau bila ingin mencetak halaman tertentu saja maka isikan nomor (dan section) halaman yang akan dicetak pada kotak Pages , sebagai contoh isikan 5-9 untuk mencetak halaman 5 hingga 9. Contoh lainnya, isikan 99-1 untuk mencetak halaman 99 hingga halaman 1 (mencetak dari halaman belakang ke depan).
  3. Kemudian Pilih Printer yang akan digunakan mencetak, misalkan HP LaserJet 2300 Series
  4. Lalu isikan jumlah rangkap salinan dokumen yang dicetak, isikan 2 untuk membuat 2 rangkap, 3 untuk mencetak 3 rangkap, dst.
  5. Setelah semua konfigurasi pencetakan telah sesuai langkah selanjutnya mulai pencetakan dengan menekan tombol Print .



 Gambar: Dasar-dasar mengeprint dokumen di microsoft word 2010



Secara lengkap fasilitas pencetakan yang disediakan di microsoft word 2010 yang ditampilkan dalam bentuk tombol dan link yang terdapat pada jendela Print dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Bagian Print , pada bagian ini terdapat :
    • tombol Print untuk memulai pencetakan dokumen,
    • Copies jumlah yang digunakan untuk membuat atau mencetak dokumen dalam beberapa rangkap/salinan.
  2. Bagian Printer , terdapat beberapa item :
    • Nama printer , dapat berupa HP LaserJet 2300 Series , Epson TX121 , Canon inkjet MP510 , PDF writer , atau nama printer lainnya yang terinstall di komputer anda. Klik nama printer tersebut untuk memilih / mengganti dengan printer yang lain.
    • Link Printer Properties untuk menampilkan setting/konfigurasi printer yang telah dipilih
  3. Bagian Settings , terdapat beberapa item :
    • Print All Pages . kotak ini sebenarnya untuk menentukan halaman mana saja akan dicetak. Ketika memilih perintah kotak ini, maka akan tampil beberapa pilihan lainnya, seperti:
      • Print All Pages untuk mengeprint semua halaman pada dokumen aktif.
      • Print Selection untuk mencetak teks atau bagian dokumen tertentu saja yang telah dipilih.
      • Print Current Page untuk mencetak halaman aktif (tempat kursor berada).
      • Print Custom Range untuk mencetak halaman tertentu saja. Pemberian/pemilihan nomor halaman yang akan dicetak secara spesifik diisi pada kotak Pages .
    • Pages , diisi dengan nomor halaman yang akan dicetak. Ketika kotak Pages diisi maka item jenis pencetakan yang ada di atasnya akan otomatis berubah menjadi Print Custom Range .
  4. Print One Sided , kotak ini digunakan untuk mengatur pilihan pencetakan pada kertas apakah satu sisi saja atau dua sisi (bolak balik). Pilihan yang tersedia tergantung dari kemampuan printer untuk melakukan duplex printing:
    • Print One Sided , hanya mencetak satu sisi halaman saja
    • Print On Both Sides (Flip pages on long edge / short edge) untuk mencetak pada dua buah sisi halaman secara langsung (otomatis). Pilihan ini hanya muncul bila printer yang akan digunakan mendukung untuk duplex printing .
    • Manually Print on Both Sides , untuk mengeprint pada dua sisi kertas (bolak balik) secara manual.
  5. Collated , kotak ini untuk mengatur urutan pencetakan dokumen, dan hanya akan berguna bila anda akan mencetak dokumen 2 rangkap atau lebih yang diisi pada kotak Copies di atas. Pilihan yang tersedia :
    • Collated , untuk mencetak dengan urutan 1, 2, dan 3, dst setelah selesai kembali lagi ke 1, 2, 3, dst.
    • Uncollated untuk mencetak halaman 1, 1, 1 (sesuai dengan jumlah rangkap salinan dokumen), setelah itu baru mulai ke halaman 2, 2, 2 sebanyak jumlah rangkap dokumen, dst.
  6. Potrait Orientation , untuk mengatur orientasi atau layout pencetakan. Pilihan :
    • Potrait , untuk mencetak dokumen dengan posisi kertas vertikal
    • Landscape , untuk mencetak dokumen dengan posisi kertas horizontal
  7. Letter (8.5”x 11”) atau A4 (21 cm x 29,7 cm) , kotak ini untuk menentukan jenis ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak. Selain kedua ukuran tersebut pilihan lain yang tersedia diantaranya:
    • Legal (8.5” x 14”)
    • A3 (11.69” x 16.54”)
    • A5 (5.83” x 8.27”)
    • B4 (JIS) (7.17” x 10.12)
    • Envelope #10 (4.12” x 9.5”)
    • F4 (8.5” x 13”) (hanya tersedia pada printer tertentu)
  8. Normal Margin atau Custom Margin , kotak ini berisi pilihan margin yang digunakan dalam dokumen. Selain kedua pilihan tersebut pilihan margin yang tersedia: Last Custom Setting, Narrow, Moderate, Wide, Mirrored, Office 2003 Default .
  9. 1 Pages Per Sheet, kotak ini berisi jumlah halaman yang akan dicetak dalam 1 lembar kertas. Anda juga bisa mencetak 2, 4, 6, 8, atau 16 halaman per lembar kertas atau anda juga bisa “memaksa” mencetak dokumen sesuai dengan target kertas yang ada di printer melalui scaled to paper size .
  10. link Page Setup , untuk mengatur kertas dokumen secara keseluruhan baik ukuran kertas, margin yang digunakan, posisi/orientasi kertas, dan lain sebagainya



 

Tips Cara Print Dokumen Microsoft Word 2010

Sebelum mencetak sebaiknya anda melihat terlebih dahulu pada bagian Preview Area untuk memastikan bahwa hasil cetak dokumen telah sesuai dengan apa yang diharapkan.

Cara Mengatur Kualitas Cetakan Dokumen Ms Word 2010

Saat membuat dokumen akhir atau final, biasanya kulitas cetak akan lebih diperbaiki karena dokumen tersebut akan menjadi “master” yang akan kita copy atau perbanyak. Untuk meningkatkan kualitas hasil cetak dari printer yang kita gunakan bisa melalui microsoft word sendiri dan driver printer yang kita gunakan. Berikut beberapa cara dan tips dalam mengatur dan meningkatkan hasll print out dari dokumen yang dibuat menggunakan microsoft word 2010 :


1. Jangan menggunakan mode DRAFT

Biasanya saat membuat rancangan kita menggunakan mode DRAFT untuk mencetak. Hilangkan mode draft yang ada di Word Options.

2. Gunakan Gambar dengan kualitas yang bagus

Bila dokumen menggunakan gambar atau photo, gunakanlah gambar dan photo yang memiliki kualitas yang bagus atau prima, jangan gambar yang berkualitas rendah dan hanya bagus di layar monitor saja.

3. Tingkatkan setting kualitas printer agar lebih tinggi

Setelah mengatur dokumen dan konfigurasi di microsoft word, langkah selanjutnya adalah mengatur setting di driver printer melalui software yang telah disediakan. Berikut contoh cara pengaturan setting pada beberapa merk printer yang sering kita pakai :

  1. Klik menu file lalu pilih Print, atau tekan tombol CTRL+P
  2. Kemudian pilih printer yang akan anda gunakan lalu klik link Printer Properties
  3.  Gambar: Memilih dan mengatur setting printer (printer properties) sebelum mencetak dokumen microsoft word 2010
  4. Setiap provider printer memiliki tampilan setting untuk mengatur dan meningkatkan kualitas hasil cetak kertas pada printer, seperti berikut:
    • Cara Meningkatkan kualitas cetak printer Brother MFC-J625DW : Pada tab Basic ganti isi Print Quality dengan Photo atau Best (kualitas terbaik)
    •  Gambar: Contoh cara mengatur properties / setting printer brother MFC J625DW agar memiliki kualitas cetak yang lebih baik
    • Cara Meningkatkan kualitas cetak printer Canon Inkjet MP510 : Klik tab Main lalu ganti isi Print Quality dengan Standard atau High (kualitas terbaik)
    •  Gambar: Contoh cara mengatur properties / setting printer Canon Inkjet MP510 untuk kualitas cetak yang lebih baik
    • Cara Meningkatkan kualitas cetak printer Epson TX121 : Klik tab Main lalu pilih Quality Option menjadi Text & Image atau Photo (kualitas yang lebih baik) atau bila perlu menjadi Best Photo (Kualitas terbaik). Selain itu anda juga bisa memberikan tanda check pada item Photo enhance dan Fix Red Eye untuk perbaikan kualitas foto
    •  Gambar: Contoh cara mengatur properties / setting printer Epson TX121 agar mendapatkan kualitas print yang lebih baik
    • Cara Meningkatkan kualitas cetak printer HP LaserJet 2300 series : Klik tab Paper Quality lalu ganti isi Print Quality menjadi FastRes 1200 (kualitas yang lebih baik) atau bila perlu menjadi Pro Res 1200 (Kualitas terbaik)
 Gambar: Contoh cara mengatur properties / setting printer HP LaserJet 2300 series agar menjadi lebih baik



 

Tips Cara Mengatur Kualitas Cetakan Dokumen Microsoft Word 2010

  • Untuk mendapatkan kualitas cetak yang prima gunakan driver printer yang sesuai, jangan hanya cukup dengan driver yang kompatibel
  • Kualitas cetak sangat ditentukan oleh kemampuan/kualitas printer secara fisik.

Cara Menambahkan dan Print Background Halaman Dokumen Ms Word 2010

Untuk memperindah tampilan dokumen di microsoft word dapat kita tambahkan latar belakang (background) baik berupa warna maupun gambar seperti logo atau gambar latar lainnya yang sesuai. Background tersebut dapat kita atur sesuka hati kita, baik untuk ditampilkan maupun untuk dicetak. Artikel tutorial ini akan membahas berapa topik seputar cara membuat, menampilkan, dan mencetak background di microsoft word 2010 :

  1. Menambahkan Warna Background Dokumen Microsoft Word
  2. Menambahkan Gradiasi Warna pada Background Dokumen Microsoft Word
  3. Menambahkan Gambar tekstur pada Background Dokumen Microsoft Word
  4. Menambahkan Pattern pada Background Dokumen Microsoft Word
  5. Menambahkan Gambar Background Dokumen Microsoft Word
  6. Cara menampilkan atau menyembunyikan Background pada Print Layout View
  7. Mencetak warna dan gambar background dokumen Microsoft Word

Menambahkan Background Dokumen Microsoft Word


Untuk menambahkan warna background pada dokumen microsoft word 2010 kita dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di page layout seperti langkah berikut ini:
  1. Klik tab ribbon Page layout lalu pada grup Page Background klik Page Color
  2. Selanjutnya dari daftar warna yang ada pilih salah satu yang akan digunakan sebagai warna latar belakang halaman. Misalkan Blue, Accent 1, Lighter 80%. Anda bisa memilih dari theme colors atau standard colors . Bila warna yang belum sesuai pilih dari More Colors .

 Gambar: Cara menambahkan warna background dokumen microsoft word 2010


Menambahkan Gradiasi Warna pada Background Dokumen Ms Word


Selain warna anda bisa membuat gradiasi warna, serta menambahkan pattern atau gambar latar untuk halaman dokumen anda. Caranya sama seperti langkah sebelumnya, tetapi yang dipilih adalah item Fill Effects .


 Gambar: Contoh warna gradient background dokumen microsoft word 2010


Berikut ini contoh cara untuk membuat gradiasi warna hijau sebagai latar belakang dokumen di microsoft word 2010 seperti yang tampak pada gambar di atas:
  1. Klik ribbon Page Layout lalu klik Page Color kemudian klik item Fill Effects
  2. Pada dialog Fill Effects klik tab Gradient , lalu pilih Two Colors
  3. Selanjutnya pada Color 2 ganti isinya dengan warna yang lain, misalkan warna Hijau (green )
  4.  Gambar: Memilih warna gradiasi background dokumen microsoft word 2010
  5. Lalu pada bagian Shading styles pilih diagonal up, lalu pilih variant yang dikehendaki, misalkan warna dengan warna hijau tebal di tengah.
  6. Setelah semua pilihan sesuai, klik tombol OK . Halaman dokumen akan berubah sesuai dengan pilihan kita.

 Gambar: Memilih style gradiasi warna background dokumen microsoft word 2010


Menambahkan Gambar tekstur pada Background Dokumen Ms Word


Tekstur merupakan gambar berukuran relatif kecil yang diulang-ulang baik ke arah horizontal maupun vertikal. Kalau secara fisiknya dapat dianggap sama seperti ubin/tegel lantai rumah kita. Untuk menggunakan gambar tekstur sebagai background dokumen mirip seperti cara menambahkan warna gradiasi yakni harus terlebih dahulu menampilkan dialog Fill Effects. Kemudian dari dialog tersebut kita buat latar belakang tekstur untuk dokumen seperti contoh berikut ini:

  1. Klik ribbon Page Layout lalu klik Page Color kemudian klik item Fill Effects
  2. Selanjutnya pada dialog Fill Effects klik tab Texture lalu pilih salah satu gambar tekstur yang ingin anda gunakan, misalkan pilih Paper bag , atau bila tidak ada yang sesuai klik tombol Other texture lalu masukkan gambar tekstur milik anda.
  3. Selanjutnya klik tombol OK . Latar belakang dokumen anda akan diganti dengan gambar Paper bag yang diulang-ulang.

 Gambar: Memilih paper bag sebagai tekstur background dokumen microsoft word 2010


Menambahkan Pattern pada Background Dokumen Microsoft Word


Pattern mirip dengan gambar tekstur. Perbedaannya adalag gambar pattern merupakan gambar sederhana bila dibandingkan dengan gambar tekstur. Untuk membuat sebuah patter menjadi dasar / background dokumen di microsoft word anda dapat menggunakan langkah berikut :
  1. Seperti biasa, tampilkan dialog Fill Effects dengan cara Klik ribbon Page Layout lalu klik Page Color kemudian klik item Fill Effects
  2. Selanjutnya pilih tab Pattern lalu pilih salah satu pattern, misalkan Horizontal bricks .Lalu pilih warna pada kotak Foreground (misal warna putih) dan background (misal warna hijau). Setelah itu klik tombol OK .

 Gambar: Memilih pattern bricks (batubata) sebagai background dokumen microsoft word 2010


Menambahkan Gambar Background Dokumen Microsoft Word


Satu lagi cara membuat background dokumen adalah dengan menambahkan gambar. Bila gambar yang anda tambahkan berukuran lebih kecil dari ukuran halaman dokumen maka gambar tersebut akan di “tile” alias dibuat berulang seperti ubin atau mirip dengan cara menggunakan fasilitas Texture .
  1. Tampilkan dahulu dialog Fill Effects : Klik ribbon Page Layout lalu klik Page Color kemudian klik item Fill Effects
  2. Selanjutnya pilih tab Picture lalu klik tombol Select picture dan pilih salah satu gambar yang ingin anda gunakan sebagai latar belakang dokumen microsoft word anda, misalkan koala.jpg .
  3. Setelah itu klik tombol OK untuk menutup dialog.

 Gambar: Memilih gambar koala sebagai background dokumen microsoft word 2010


Cara menampilkan atau menyembunyikan Background pada Print Layout View


Setelah menambahkan background baik berupa warna atau pun gambar ( pattern atau texture), kita bisa mengatur kapan background tersebut harus ditampilkan dan disembunyikan. Kenapa harus disembunyikan? Untuk menghemat memory dan mempercepat proses pengeditan. Untuk mengatur penampilan/penyembunyian background tersebut anda dapat menggunakan langkah berikut :

  1. Klik dahulu menu File lalu pilih item Options .
  2. Selanjutnya pada dialog Word Options pilih tab Advanced
  3. Kemudian pada panel sebelah kanan cari bagian Show Document Content lalu berikan tanda check pada item Show Background Colors and Images in Print Layout View untuk menampilkan warna dan gambar latar belakang pada saat mode tampilan print layout . Sebaliknya untuk menyembunyikan latar belakang maka hilangkan saja tanda check pada item tersebut.
  4. Setelah itu klik tombol OK .

 Gambar: Mengatur penampilan/penyembunyian background dokumen microsoft word 2010


Mencetak warna dan gambar background dokumen Microsoft Word


Setelah memberikan background tentu kita ingin agar gambar atau warna tersebut ikut dicetak. Tetapi terkadang kita juga ingin hasil cetak tanpa menggunakan background karena alasan penghematan tinta ataupun ingin kecepatan lebih saat mengeprint dokumen. Pengaturan kapan background dokumen dicetak dapat kita lakukan di microsoft word 2010 seperti langkah berikut :

  1. Klik menu File lalu pilih item Options .
  2. Selanjutnya klik item Display lalu pada panel bagian kanan cari bagian Printing Options
  3. Berikan tanda check pada item Print Background Colors and Images untuk mencetak warna dan gambar latar belakang dokumen. Sebaliknya, hilangkan tanda check untuk mengabaikan pencetakan latar belakang dokumen.
  4. Terakhir klik tombol OK .

 Gambar: Mengatur pilihan untuk mengeprint background dokumen microsoft word 2010



 

Tips Cara Menambahkan Background Halaman Dokumen Ms Word 2010

Bila background dokumen yang anda pasang menyebabkan performa microsoft word menjadi turun, maka ada baiknya setelah anda mengatur format background lakukan penyembunyian background (latar belakang tidak ditampilkan) saat pengeditan di Print layout view .

Cara Mengeprint Dokumen Ms Word Sesuai Dengan Ukuran Kertas

Mengeprint atau mencetak dokumen microsot merupakan salah satu output yang perlu dilakukan. Salah satu permasalahan yang sering timbul adalah ukuran kertas yang tersedia tidak sesuai dengan ukuran kertas pada dokumen yang kita buat tersebut. Kita bisa saja merubah ukuran kertas di dokumen ms word tersebut menjadi sesuai dengan kertas yang tersedia, akan tetapi cara ini tentu juga akan memakan waktu dan tenaga karena kita harus mengedit atau setidaknya menyesuaikan kembali tampilan atau layout isi dokumen dengan ukuran kertas yang baru. Cara tercepat untuk mengatasinya adalah melakukan “strecth” atau penyesuaian sesuai dengan ukuran kertas yang tersedia. Bila ukuran kertas pada dokumen ms word kita lebih kecil dari ukuran fisik kertas yang tersedia maka otomatis akan dilakukan skala pembesaran otomatis (misalnya dari kertas A4 ke Legal). Demikian juga bila yang terjadi sebaliknya, maka print out akan dipaksa menjadi berukuran lebih kecil dari yang seharusnya (misalnya dari A3 ke letter). Untuk melakukan pencetakan tersebut kita bisa menggunakan fasilitas Scale to Paper Size yang disediakan di microsoft word 2010 sehingga kita bisa melakukan print full page. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut ini.

  1. Contoh situasi: Misalkan kita memiliki dokumen dengan ukuran kertas Legal (8.5 x 14”) tetapi persediaan kertas yang tersedia di kantor hanya tersisa kertas dengan ukuran A4. Disisi lain, bos kita sudah ngebet pengin melihat laporan yang telah kita buat dalam wujud laporan print out. Langsung saja print laporan yang berukuran Legal dalam kertas berukuran A4.
  2. Klik menu File lalu pilih Print , atau tekan tombol keyboard (shortcut) CTRL+P
  3. Selanjutnya klik item Page Per Sheet dari pilihan yang muncul klik item Scale to Paper Size
  4. Kemudian pilih ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak dokumen. Karena kita ingin mencetak pada kertas A4 maka pilih item A4 ( 8.3” x 11.7”)
  5. Langkah berikutnya klik tombol Print untuk memulai pencetakan dokumen.


 Gambar: Mencetak dengan skala pada ukuran kertas tertentu di microsoft word 2010


 

Tips Cara Print Dokumen Microsoft Word Sesuai Dengan Ukuran Kertas

Dengan konsep yang sama, secara teoritis anda bisa mencetak dokumen yang anda miliki pada semua ukuran kertas yang tersedia mulai dari A3, A4, letter, legal, executive, ledger, B5, bahkan hingga ukuran amplop ataupun ukuran kertas yang hanya anda saja yang memilikinya (custom)! :D Bila ukuran kertas tidak ada pada daftar "target" kertas untuk pencetakan maka anda harus membuat sendiri ukuran kertas baru pada printer yang anda gunakan. Meskipun demikian tidak semua (driver) printer menyediakan fasilitas untuk menambahkan ukuran kertas baru (custom paper atau User defined paper).

Cara Print File Ms Word Menjadi 2,4,6,8, Atau 16 Halaman Per Lembar Kertas


Fitur Pencetakan dokumen Microsoft Word sangat beragam. Salah satunya adalah kemampuan untuk mencetak beberapa halaman dokumen ke dalam satu lembar kertas print out. Kemampuan ini menyerupai kemampuan microsoft Powerpoint yang sanggup mencetak beberapa slide dalam satu lembar kertas. Meskipun demikian microsoft word hanya mampu untuk mencetak kumpulan halaman tertentu yakni 2, 4, 6, 8 atau 16 halaman dalam satu buah lembar kertas. Untuk lebih jelasnya pemanfaatan cara tersebut dapat dilihat pada contoh berikut :
  1. Klik menu File lalu pilih Print , atau tekan tombol keyboard (shortcut) CTRL+P
  2. Selanjutnya klik item Page Per Sheet dari pilih jumlah halaman yang ingin anda cetak dalam setiap lembar kertasnya:
    • 1 Page per sheet : untuk mencetak 1 halaman untuk setiap lembar kertasnya
    • 2 Pages per sheet : untuk mencetak 2 halaman per lembar kertasnya
    • 4 Pages per sheet : untuk mencetak 4 halaman per lembar kertasnya
    • 6 Pages per sheet : untuk mencetak 6 halaman per lembar kertasnya
    • 8 Pages per sheet : untuk mencetak 8 halaman per lembar kertasnya
    • 16 Pages per sheet : untuk mencetak 16 halaman per lembar kertasnya
  3. Setelah konfigurasi pencetakan lainnya telah dianggap sesuai, langkah selanjutnya klik tombol Print untuk memulai proses pencetakan.

 Gambar: Mencetak beberapa halaman dokumen dalam satu lembar kertas di microsoft word 2010


 

Tips Cara Print Dokumen Microsoft Word Menjadi 2,4,6,8, Atau 16 Halaman Per Lembar Kertas

  • Semakin banyak halaman dokumen yang dicetak dalam satu buah lembar kertas akan menyebabkan tampilan halaman dokumen akan menjadi semakin lebih kecil dan tulisan akan menjadi semakin lebih susah dibaca. Akan tetapi hal ini akan sangat menguntungkan bila anda hanya membutuhkan tampilan sekilas (thumbnails) dari halaman saja.
  • Bila hasil pencetakan belum sesuai dengan keinginan anda, silahkan anda mencoba mengatur atau bereksperimen dengan printer properties.

Cara Mengatasi Hasil Print Yang Tidak Sesuai di Ms Word

Pencetakan di Microsoft Word tidak selamanya berjalan mulus sesuai dengan rencana. Kita sering mendapati hasil pencetakan dokumen microsoft word yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Padahal kita telah benar-benar yakin bahwa apa yang telah kita kerjakan telah kita lakukan dengan baik dan benar. Berikut ini ada beberapa masalah yang sering terjadi apabila hasil print out dokumen tidak selancar dan sebenar dengan apa yang kita harapkan dan bagaimana kiat dan trik untuk mengatasinya.


 Gambar: Mencetak dokumen di microsoft word 2010


1. Kesalahan Pengetikan.

Ada isitlah jaman dahulu yang terkenal, GIGO. Garbage in, garbage out. Gold in, gold out. Jika ketikan anda salah, tentunya hasil yang anda harapkan tidak akan sesuai dengan harapan anda. Oleh karena itu sebelum mencetak dokumen resmi, pastikan dokumen anda telah dilakukan pengecekan pengejaan dan tata bahasa (spelling dan grammar). Untuk mudahnya tekan saja tombol F7 untuk memulai pengecekan ejaan dan tata bahasa.

2. Hasil Print out yang Terpotong

Kesalahan yang juga sering terjadi adalah hasil cetak yang muncul di kertas ternyata terpotong atau tidak muncul semuanya. Kesalahan seperti ini bisa disebabkan oleh adanya ketidaksesuaian antara ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak dengan ukuran kertas yang tercantum dan digunakan di setting printer anda. Mungkin anda hendak mencetak menggunakan kertas F4 atau Legal, tetapi setting printer anda menggunakan ukuran kertas yang lebih kecil misalkan A4 atau letter. Cara mengatasi problem seperti ini adalah menyesuaikan ukuran kertas pada setting printer agar sesuai dengan kertas yang akan anda gunakan untuk mencetak, dan bahkan bila perlu anda bisa menambahkan atau membuat sendiri ukuran kertas baru yang benar-benar sesuai dengan kertas yang akan anda gunakan.

3. Hasil Cetak yang lebih kecil

Kesalahan seperti ini mirip dengan kesalahan sebelumnya, yakni setting printer menggunakan ukuran kertas yang lebih kecil. Perbedaannya adalah pada hasil print out yang terpotong ukuran pencetakan masih normal atau aktual (100%) dengan ukuran sebenarnya, sedangkan pada hasil print out yang lebih kecil dikarenakan adanya strecthing atau skala yang kurang dari 100%. Untuk mengatasinya adalah merubah ukuran kertas pada settting printer agar sesuai dengan kertas yang akan digunakan untuk mencetak.

4. Garis Tabel tidak lurus

Terkadang hasil cetak dari printer menampilkan garis atau border tabel yang rada bengkok atau miring padahal anda yakin 100% bahwa garis tersebut sebenarnya lurus baik horizontal maupun vertikal. Ketidak sesuaian seperti ini dapat terjadi karena anda menggunakan kualitas cetak yang rendah. Untuk mengatasinya, pada dokumen microsoft word anda jangan menggunakan kualitas draft . Bila hasil cetaknya masih sama, maka coba naikkan kualitas cetak dari printer. Bila sebelumnya berada pada kualitas economy atau draft maka tingkatkan menjadi kualitas normal atau best, atau mungkin kualitas photo. Kemungkinan lainnya adalah anda tidak menggunakan driver printer yang sesuai atau tepat. Mungkin anda hanya menggunakan driver printer yang kompatibel saja, alias printer dapat digunakan tetapi kualitasnya tidak sebagus bila menggunakan driver printer aslinya.

5. Tulisan bergurat

Bila tulisan pada lembar print out bergurat hal ini menandakan ada yang salah dengan cartridge printer anda. Mungkin ada bagian dari printhead yang tersumbat karena adanya tinta yang kering. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan cleaning ink head yang biasanya disediakan oleh driver printer. Bila hasil masih sama coba tingkatkan kualitas cetak printer seperti pada point bahasan sebelumnya. Bila masih bandel juga, coba panggil teknisi khusus untuk melakukan evaluasi sebelum anda mengganti cartridge printer / printhead tersebut.

6. Pencetakan Warna dan Gambar Background Dokumen

Saat anda membuat dokumen dengan menggunakan warna latar belakang atau gambar background terkadang hasil print ount yang anda peroleh tidak sama dengan tampilan saat preview ataupun saat pengeditan. Mungkin saat pengeditan anda tidak melihat ada gambar background, tetapi kok saat dicetak gambar background tersebut muncul. Atau sebaliknya, mungkin saat pengeditan anda menambahkan gambar background, tetapi saat pencetakan gambar tersebut justru tidak ada. Untuk mengatasi hal tersebut ada dua hal dalam dialog Word Options yang harus anda setting, yakni mengatur penayangan gambar/background pada saat editing(Show Background colors and images in Print Layout View yang ada pada tab Advanced ), dan pencetakan gambar/background ke kertas print out (print background colors and images yang ada di tab Display ).


7. Sebagian Gambar Hilang

Kita biasa menggunakan gambar dengan berbagai warna baik itu dalam bentuk chart maupun diagram dalam dokumen dan laporan. Akan tetapi saat dokumen dicetak baru diketahui ada beberapa bagian gambar yang hilang atau warnanya tidak sesuai dengan tampilan atau preview. Ketidaksesuaian ini dapat disebabkan ada tinta printer yang telah habis ataupun print head yang tersumbat karena ada tinta yang kering. Untuk mengatasinya coba dengan cara clean ink head printer tersebut atau bila tinta hitam masih tampak bagus maka coba print ulang dengan menggunakan greyscale (abu-abu) saja. Bila masih bermasalah, bawa printer ke tempat servis printer saja ;)




 

Tips Cara Mengatasi Hasil Print Yang Tidak Sesuai di Microsoft Word

Masih banyak permasalahan pencetakan di microsoft word yang belum sempat dibahas di atas. Bila permasalahan terkait dengan printer yang anda gunakan dan masih belum bisa tertangani ada baiknya mempertimbangkan untuk servis printer oleh tenaga ahli/montir.

Cara Mengatur Jarak Antara Teks Dengan Border Tabel Ms Word 2010

Jarak teks dengan border tabel dapat berpengaruh signifikan pada ukuran tabel, baik panjang maupun lebar tabel. Dengan memperkecil jarak antara teks dengan border tabel (membuat teks lebih rapat) maka sebuah sel relatif dapat di isi dengan tulisan yang relatif lebih banyak daripada sel yang memiliki jarak teks dengan border tabel yang lebih renggang (jauh).
Untuk mengatur jarak antara teks dengan border tabel kita bisa memanfaatkan fasilitas table properties yang disediakan di Microsoft word 2010, seperti langkah berikut:

  1. Klik kanan pada area tabel yang akan di atur jarak teks atau tulisannya lalu pada popup menu yang muncul klik item Table Properties .
  2.  Gambar: Cara memunculkan table properties di microsoft word 2010
  3. Selanjutnya pada dialog table properties pada tab Table klik tombol Options
  4.  Gambar: Menampilkan opsi untuk pengaturan jarak teks pada tabel
  5. Pada dialog Table Options isikan jarak yang anda inginkan Isikan pada kotak :
    • Top untuk jarak teks dengan border atas
    • Bottom untuk jarak teks dengan border bawah
    • Left untuk jarak teks dengan border kiri
    • Right untuk jarak teks dengan border kanan.
    • Misalkan isikan 0.02” untuk mengatur jarak teks dengan border kiri dan kanan
    • Kemudian klik tombol OK
  6.  Gambar: Mengatur jarak teks pada tabel microsoft word 2010
  7. Klik tombol OK sekali lagi untuk menutup dialog Table properties . Selanjutnya jarak teks dengan border pada tabel tersebut akan diubah sesuai dengan nilai yang anda masukkan.


 

Tips Cara Mengatur Jarak Antara Teks Dengan Border Tabel Microsoft Word 2010

Meskipun anda bisa mengatur jarak teks dengan border sesuka anda tetapi sebaiknya diatur agar teks tidak terlalu rapat atau bahkan menempel pada garis border karena tampilan akan terlihat kurang bagus.

Cara Print Ukuran Kertas F4/Legal di Ms Word

Pencetakan atau mengeprint ke kertas F4/Folio/legal merupakan masalah yang paling sering ditemui. Kita sering diharuskan mencetak pada ukuran kertas tersebut tetapi yang paling menjengkelkan adalah ukuran kertas tersebut tidak tersedia di printer. Alhasil, kita harus menggunakan trik alias cara akal-akalan agar dokumen kita bisa dicetak dengan ukuran kertas yang diharapkan.
Secara umum lebar kertas pada umumnya sama, perbedaan hanya pada panjang kertas saja. Untuk kertas F4 panjang kertas 13 inci, sedangkan pada Legal 14 inci. Bila anda masih bingung bagaimana anda mengetahui ukuran kertas yang akan anda gunakan maka lihat saja pada pembungkus kertas tersebut. Biasanya selain tertulis A4, F4, Folio, Legal, dsb dibawahnya ada tulisan dimensi kertas, baik dalam satuan mm ataupun inci.
SEcara umum ada dua langkah yang diperlukan untuk mencetak pada kertas F4 atau Legal. Pertama, anda perlu membuat dokumen dalam ukuran kertas tersebut lalu langkah berikutnya adalah menyesuaikan setting printer dengan dokumen. Berikut tahapan yang perlu dilakukan.


Cara Membuat Dokumen dengan Ukuran Kertas F4 atau Legal.

Bila dokumen anda telah menggunakan ukuran kertas tersebut maka lanjutkan saja ke tahapan berikutnya. Bila belum maka buat terlebih dahulu dokumen dengan ukuran kertas F4 atau legal dengan cara berikut :

  1. Munculkan dialog page setup dengan cara
    • klik tab ribbon Page Layout lalu klik kotak kecil yang ada di bagian kanan grup Page Setup , atau
    • tekan tombol keyboard ALT+P SP
  2. Pada dialog page setup pilih tab Paper
  3. Lalu pada bagian Paper size pilih ukuran kertas Legal (8,5x14 in), atau pilih F4 (8,5x13 in). Bila ukuran kertas yang anda inginkan tidak ada maka ketik saja pada kotak width dengan 8.5” , sedangkan pada kotak Height isikan 14” untuk kertas Legal atau isikan 13” untuk kertas F4.
  4. Kemudian klik tombol OK . Ukuran kertas akan dirubah dan isi dokumen akan disesuaikan (repaginating).


 Gambar: cara merubah ukuran kertas di microsoft word


Cara Mencetak ke kertas F4/Legal

Setelah membuat dokumen dengan ukuran kertas F4/Folio kini kita akan mencetak dokumen tersebut pada printer. Hal ini penting karena bila anda salah mensetting printer maka hasil yang ditampilkan bisa menjadi tidak sesuai baik apakah hasilnya menjadi kecil ataupun dokumen yang tercetak akan menjadi terpotong. Gunakan langkah berikut untuk menge-print dokumen tersebut (pada Microsoft word 2010).
  1. Klik menu File lalu pilih Print , atau tekan tombol CTRL+P
  2. Selanjutnya klik link Printer Properties
  3.  Gambar: Menampilkan dialog printer properties
  4. Pada Dialog Printer Properties (misal pada printer Brother MFC J625DW ) cari kotak paper size lalu ubah ukuran kertas menjadi Legal , atau bila anda ingin ke kertas F4 tapi tidak ada dalam daftar maka pilih item User Defined atau Custom Paper (tergantung pada jenis printer yang anda gunakan)
  5.  Gambar: Memilih ukuran kertas buatan sendiri (custom)
  6. Pada dialog User Defined Size isikan ukuran kertas sesuai dengan satuan yang anda ketahui. Misalkan untuk kertas F4 ( 8,5” x 13” ) maka pilih satuan inch lalu isikan kotak width dengan 8.5 dan isikan juga kotak height dengan 13 . Lalu klik tombol OK .
  7.  Gambar: Membuat ukuran kertas sendiri (misal ukuran kertas F4; 8,5 inci x 13 inci)
  8. Selanjutnya anda klik tombol OK lagi untuk menutup dialog Printer Settings .
  9. Kemudian klik tombol Print untuk memulai pencetakan dokumen.


 

Tips Cara Print ke Kertas F4/Legal di Microsoft Word

Bila anda tidak ingin membuat ukuran kertas baru untuk F4, anda bisa menggunakan ukuran kertas Legal tetapi dengan memberikan tambahan jarak margin bawah sebanyak 1 inci. Jadi bila anda biasa menggunakan margin bawah 1 inci pada kertas F4, maka untuk kertas legal ukuran margin bawahnya buat menjadi 2 inci. Selanjutnya pilih juga ukuran kertas Legal pada printer settings sebelum pencetakan dimulai.
Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.