Cara Menjaga Password Akun Email Agar Tidak Dicuri

Oleh
Mencegah password email di jebol-Password email kita baik Yahoo, gmail ataupun yang lainnya sangat rentan untuk dicuri oleh orang lain. Pencurian password email, rincian rekening, nomor kartu kredit atau informasi pribadi / penting lainnya sering disebut dengan istilah Phising atau Web Forgery alias web palsu . Untuk menghindari berbagai korban yang berjatuhan, biasanya bila anda menggunakan yahoo, google, penyedia jasa blog/website, atau bahkan web browser anda akan memberitahu bila ada situs-situs yang dicurigai tidak aman. Contohnya seperti tampak pada gambar dibawah ini. Untuk menjaga agar password (sandi) dan alamat email aman dari tangan-tangan jahil ada beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Hati-hati dengan email yang mencurigakan

Serangan phising terbesar umumnya berasal dari email. Oleh karena itu anda harus hati-hati dengan email yang masuk. Yahoo, google dan penyedia web mail yang lainnya biasanya telah mengidentifikasi email-email yang mencurigakan dan diletakkan pada folder SPAM. Meskipun demikian biasanya ada beberapa diantaranya bukan merupakan email spam. Sebaliknya, ada beberapa email spam juga yang bisa saja masuk pada kotak inbox. Oleh karena itu bila ada email yang memberikan hadiah, menawarkan barang dengan harga murah jauh dibawah harga pasar, jodoh atau gambar menarik sebaiknya jangan terlalu cepat percaya.

2. Hati-hati dengan link yang tidak jelas

Ada banyak penyedia jasa yang memperpendek url atau alamat di internet seperty adf.ly, bit.ly, goo.gl dan lain sebagainya. Bila anda menunjuk pada short url tersebut maka selanjutnya anda akan dibawa (redirect) menuju pada alamat website yang lain dan bisa jadi merupakan alamat ke situs penipuan (webforgery/phising). Jadi anda tetap harus berhati=-hati.

3. Hati-hati Mengisikan Data penting termasuk password

Bila anda melewati point 1 dan point 2 di atas, langkah selanjutnya adalah berhati-hari mengisikan data penting. Bila ada website yang meminta data anda baik itu password, email, rekening atau data pribadi lainnya perhatikan dahulu alamat website tersebut. Sebagai contoh,lihat gambar dibawah ini. Sekilas tampilan website tersebut sangat mirip dengan yahoo mail. Tapi bila andaperhatikan lagi, lihat alamat website tersebut bukan di yahoo.com.

4. Ganti Password Email

Bila anda sudah melewati poin 1, 2 dan 3 maka sebentar lagi akun email anda akan jebol. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah secepatnya mengganti password email anda terlebih dahulu sebelum akun email anda dijebol oleh orang yang memiliki website phising tersebut.

5. Gunakan 2 langkah verifikasi

Saat membuat email,biasanya kita diminta mengisikan nomor telepon. Jangan menganggap enteng hal ini karena nomor telepon tersebut bisa kita gunakan sebagai verikasi untuk membuka email. Jadi, meskipun kita memberikan password dan alamat email pada para penipu, akan tetapi para penipu tersebut tetap tidak bisa masuk email kita karena mereka butuh kode verifikasi yang dikirim ke telepon kita. Meskipun demikian, tetaplah mengganti password email secara rutin.
 

Tips Menjaga Password Akun Email Agar Tidak Dicuri

  1. Untuk memperketat keamanan akun email sebaiknya gunakan 2 langkah verifikasi bilay memang tersedia fasilitas tersebut.
  2. Bila anda menemukan web forgery atau website phising sebaiknya laporkan website tersebut pada penyedia jasa blog/website agar segera ditutup sehingga tidak merugikan orang lain.

Terima kasih telah membaca Cara Menjaga Password Akun Email Agar Tidak Dicuri. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.