Cara Merapikan Diagram di Powerpoint 2010

Mengatur diagram di Microsoft Powerpoint 2010 - Diagram digunakan untuk menerangkan proses yang akan dilakukan. Pokok-pokok atau alur proses digambarkan agar mudah dipahami oleh para audiens atau peserta. Akan tetapi jika gambar diagram yang dibuat kurang atau tidak rapih, justru bisa membuat orang lain yang melihat gambar tersebut merasa galau atau kurang nyaman karena merasa ada yang harus diperbaiki :) Biasanya cara yang sering dipakai membuat diagram adalah arah atas-bawah (vertikal), atau kiri – kanan (horizontal). Diagram tersebut biasanya harus simetris agar enak dipandang. Untuk merapikan diagram agar menjadi simetris baik secara horizontal maupun vertikal kita bisa memanfaatkan fasilitas Align yang telah disediakan di microsoft powerpoint. Penggunaan fasilitas ini lebih baik dan lebih cepat daripada dilakukan secara manual, dengan memindahkan satu persatu object / shape. Berikut ini contoh cara merapikan dan membuat simetris diagram vertikal di microsoft powerpoint 2010 :
  • Pertama-tama pilih semua shape yang akan dirapihkan, caranya klik sebuah shape lalu tekan tombol SHIFT terus klik shape berikutnya. Lakukan berulang-ulang hingga semua shape terpilih.
  • Selanjutnya klik ribbon Format, lalu klik tombol Align
  • Pada pilihan yang tersedia klik Align Center untuk membuat semua shape menjadi rata tengah.
  • Agar diagram tidak tercerai berai, buat diagram tersebut menjadi sebuah grup objek, jadi ketika anda memindahkan sebuah shape elemen diagram maka yang lainnya pun akan ikut pindah. Nah cara untuk membuat diagram menjadi grup shape adalah klik kanan pada area salah satu shape kemudian pilih Group lalu klik Group. Diagram tersebut akan menjadi grup dan anda bisa memperbesar, memperkecil, memindahkannya bersama-sama.

  •  

    Tips Merapikan Diagram di Powerpoint 2010

    • Untuk merapikan agar rata tengah secara vertikal, dari menu Align pilih Align Middle .
    • Untuk memisahkan kembali grup diagram caranya klik kanan pada salah satu shape kemudian pilih Grup lalu klik Ungroup .

    No comments:

    Post a Comment