Cara Mengatasi Chikungunya

Oleh
Obat chikungunya – Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh alphavirus dari keluarga togaviradae. Virus tersebut ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes albopictus, aedes-aegypti dan Culex fatigan. Istilah chikungunya sendiri berasal dari bahasa shawilli (afrika) yang artinya terseok-seok. Kasus ini pertama kali ditemukan di Tanzania, afrika timur, pada tahun 1952. Di Indonesia pertama kali ditemukan di Samarinda tahun 1973 dan mejadi wabah pada tahun 1980-an. Masa inkubasi penyakit ini 2-5 hari serta pada beberapa kasus terjadi gejala klinis berupa nyeri sendi dan pegal bisa sampai satu bulan.

Gejala Chikungunya

Penyakit chikungunya berlangsung selama tiga sampai tujuh hari ditandai dengan gejala :
  • Demam Tinggi , diatas suhu normal sampai kisaran 40o celcius
  • Persendian dan otot nyeri , terutama pada tangan dan kaki serta tidak bisa berjalan seolah-olah lumpuh sekitar dua hari
  • Kulit kemerahan di sekujur tubuh
  • Sakit kepala , pusing, kadang-kadang disertai mual dan muntah
Meskipun penyakit chikungunya dan demam berdarah disebabkan oleh nyamuk, akan tetapi ada perbedaan antara kedua penyakit tersebut. Pada penyakit chikungunya tidak ada pendarahan yang hebat, tidak terjadi shock (renjatan), dan chikungunya tidak menyebabkan kematian kecuali kalau ada komplikasi dengan ketabrak kereta api. Meskipun chikungunya dapat sembuh dengan sendirinya (self limitting disease) akan tetapi bagi penderita dengan daya tahan tubuh yang lemah bisa mengalami sakit berkelanjutan.

Pengobatan/Pertolongan Chikungunya

Chikungunya belum memiliki obat atau vaksin yang khusus untuk menyembuhkan penderita dari penyakit tersebut. Cara memberikan obat / mengobati penyakit chikungunya yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama bagi penderita penyakit tersebut adalah dengan :
  • Memberikan penderita minum yang banyak dan makanan yang bergizi. Hal ini penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh penderita
  • Kompres dengan air es . Karena chikungunya menyebabkan demam dan panas tinggi maka anda perlu menurunkan suhu tubuh penderita dengan kompres memakai air.
  • Memberi obat penurun panas dan obat nyeri . Agar suhu panas badan penderita menurun anda juga perlu memberikan obat penurun panas dan obat nyeri. Obat yang bisa digunakan diantaranya adalah parasetamol.
  • Bawa penderita ke pelayanan kesehatan terdekat (dokter, puskesmas, rumah sakit, balai pengobatan)

Cara Mencegah Chikungunya

Karena chikungunya disebabkan oleh nyamuk maka cara pencegahannya sama dengan cara pencegahan untuk Demam Berdarah Dengue (DBD), yaitu dengan Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur)
  • Menguras , kuras penampungan / bak / drup air setiap satu minggu sekali, mengganti air minum burung, pot bunga, membersihkan air tergenang di genting, talang air, dan lain-lain.
  • Menutup , tutup tempat penampungan air, pangkal/buku pagar bambu yang terbuka, dan lain-lain
  • Mengubur , kuburkan kaleng bekas dan benda-benda lainnya yang tidak berguna yang dapat berpotensi menampung air hujan dan menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
  • Abatesasi , beli bubuk abate di apotik dan taburkan bubuk abate ke dalam penampungan air yang sulit dikuras untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang dilakukan 2-3 bulan sekali. Takaran / dosis penggunaan abate yaitu untuk 100 liter air cukup dengan 10 gram atau satu sendokmakan peres (yang diratakan di atasnya).
  • Penyemprotan (fogging) , lakukan penyemprotan terutama pada daerah/area yang dicurigai tempat bersembunyi nyamuk. Penyemprotan hanya membunuh nyamuk dewasa saja.
  • Memelihara ikan kecil , tempatkan dan pelihara ikan-ikan kecil di kolam taman atau tempat penampungan air sebagai pemakan (predator) jentik-jentik nyamuk.

 

Tips Mengatasi dan mengobati Chikungunya

Chikungunya dapat menyerang siapa saja, orang dewasa, remaja maupun anak-anak balita. Oleh karena itu biasakanlah melakukan pemberantasan sarang nyamuk karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatasi Chikungunya. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.